Boladunia

Mengenal Derby Copenhagen, Salah Satu Paling Ganas dalam Sejarah Sepak Bola

Duel FC Copenhagen vs Brondby IF disebut sebagai Derby Copenhagen.

Rauhanda Riyantama

Potret brutalnya Derby Copenhagen antara FC Copenhagen vs Brondby IF. (Twitter/@fotos_ultras)
Potret brutalnya Derby Copenhagen antara FC Copenhagen vs Brondby IF. (Twitter/@fotos_ultras)

Bolatimes.com - Jika mendengar tajuk derbi dalam sepak bola Eropa, lazimnya akan menyebut Derby Manchester, Old Firm Derby, atau El Clasico. Tapi, tahukah bahwa ada derby yang juga memantik perhatian, yakni Derby Copenhagen yang tersaji di Liga Denmark.

Derby Copenhagen mempertemukan dua kesebelasan paling berpengaruh di Denmark yaitu FC Copenhagen vs Brondby IF.

Semuanya bermula pada 1992. Ketika itu FC Copenhagen baru saja terbentuk tapi mampu menumbangkan kejayaan Brondby yang sudah lebih dulu terbentuk.

Tim yang bermarkas di Stadion Parken, Copenhagen, itu, secara mengejutkan langsung menjadi juara Liga Denmark. Dan mereka juga sekaligus memberikan alarm buat Brondby.

Sejatinya rivalitas terbesar sepak bola Denmark ini murni karena rasa ingin saling berebut gelar juara. Brondby yang sudah beberapa kali naik podium merasa tersaingi oleh hadirnya Copenhagen.

Ada beberapa potongan cerita soal laga FC Copenhagen vs Brondby IF. Salah satunya sebelum kedua tim bertemu, sepekan sebelumnya tak ada pendukung kedua kesebelasan yang menggunakan jersey klub favorit mereka.

Sebab, jika itu sampai terjadi, sudah pasti terjadi pengeroyokan. Oleh karenanya, satu minggu sebelum derby dimulai, polisi sudah berjaga ketat di area stadion.

Cerita lain yang disuguhkan dalam derby ini adalah dari segi penonton. Mereka yang berdiri di tribun kerap pamer kreativitas mulai dari koreo dan atraksi yang kadang lebih memantik perhatian ketimbang laga derby itu sendiri.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini