Boladunia

Mengenal Bishan Stadium, Venue untuk Piala AFF 2020

Bishan Stadium jadi salah satu venue untuk Piala AFF 2020 di Singapura.

Rauhanda Riyantama

Potret Bishan Stadium. (Twitter/@juventusfcen)
Potret Bishan Stadium. (Twitter/@juventusfcen)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan memulai perjalanan mereka di Piala AFF 2020 pada 5 Desember mendatang. Tergabung di Grup B, skuat Merah Putih akan bertemu Kamboja, Malaysia, Vietnam, dan Laos dan akan berlaga di Bishan Stadium.

Omong-omong soal venue yang akan ditempati Timnas Indonesia berlaga yakni Bishan Stadium terletak di Singapura. Untuk edisi Piala AFF kali ini, panitia pelaksana membuat regulasi home tournament.

Pandemi COVID-19 yang belum reda membuat AFF menempatkan seluruh peserta Piala AFF di satu lokasi. Alhasil, Singapura terpilih untuk menjadi tuan rumah untuk Grup A dan B.

Terlepas dari kondisi ini, Timnas Indonesia dan kontestan lainnya tak hanya berlaga di Binshan saja. Sebab, stadion lainnya yakni National Stadium, juga akan digunakan.

Nah, untuk mengenal venue Binshan, Bolatimes sudah merangkum profil stadion yang akan digunakan oleh anak-anak asuh Shin Tae-yong berlaga. Silakan disimak:

Profil Bishan Stadium

Bishan Stadium terletak di tengah negara Singapura yang dibuka sejak tahun 1998. Bishan Stadium bisa dibilang stadion kecil karena kapasitas tempat duduknya hanya sekitar 6000 penonton.

Meski demikian, Stadion Bishan telah memenuhi standar internasional dan sudah teruji sejak tahun 2004. Hal tersebut terbukti dari pemakaian Bishan Stadium yang pernah digunakan untuk agenda FIFA seperti Liga Champions Asia dan laga internasional AFC.

Salah satu pertandingan pada 2006, Bishan Stadium pernah menjadi salah satu venue Piala Asia U-17. Selain itu, Bishan Stadium juga pernah menjadi tempat latihan klub raksasa Italia, Inter Milan (2017) dan Juventus pada tahun 2019.

Bicara soal laga Inter Milan dan Juventus, ketika itu wakil Italia ini mengikuti tur pramusim International Champions Cup (ICC) Zona Asia di Singapura. Pada tahun 1998-2019, Bishan Stadium menjadi kandang klub Singapura, Home United FC.

Namun, saat ini Binshan dijadikan kandang dari Lion City Sailors FC. Melansir situs myactivesg.com, Bishan Stadium juga memiliki fasilitas lintasan atletik seperti lari, lompat jauh, dan lompat tinggi.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini