Boladunia

Mengenal Singapore National Stadium, Venue untuk Piala AFF 2020

Singapore National Stadium jadi satu dari dua venue untuk Piala AFF 2020.

Rauhanda Riyantama

Singapore National Stadium. (SPORTSHUB PTE LTD / AFP)
Singapore National Stadium. (SPORTSHUB PTE LTD / AFP)

Bolatimes.com - Singapura akan menjadi tuan rumah guna gelaran Piala AFF 2020 pada Desember hingga Januari 2022 mendatang. Salah satu stadion yang akan digunakan adalah Singapore National Stadium.

Setidaknya ada dua stadion yang akan digunakan oleh Singapura saat menjadi tuan rumah Piala AFF 2020 nanti. Setelah Singapoe National Stadium, ada stadion lainnya bernama Bishan Stadium.

Nantinya, dua venue ini akan digunakan guna menjalani babak grup Piala AFF 2020. Singapore National Stadium akan menjalani partai di grup A yang berisikan tuan rumah, Singapura dan sederet kontestan lainnya.

Sedangkan timnas Indonesia yang tergabung di grup B, akan menjalani fase grup di Bishan Stadium bersama Vietnam, Malaysia, Laos dan Kamboja.

Baik Singapore National Stadium dan Bishan Stadium punya kapasitas berbeda, Singapore National Stadium memiliki 55 ribu kursi penonton, sedangkan Bishan Stadium hanya sekitar 6.254 kursi saja.

Meski punya kapasitas berbeda, nyatanya kualitas rumput yang akan digunakan di atas lapangan kedua stadion ini pada ajang Piala AFF 2020 sama.

Singapore National Stadium menggunakan rumput asli berjenis Zeon Zoysia. Bishan Stadium pun telah melakukan perbaikan rumput dan menggunakan jenis rumput yang sama.

Tentu dari kedua stadion tersebut, perhatian akan diberikan lebih ke Singapore National Stadium yang punya kesan mewah berkat kapasitas dan fasilitasnya.

Untuk itu, ada baiknya mengenal lebih jauh soal Singapore National Stadium atau Stadion Nasional Singapura ini.

Venue Pramusim Tim Besar Eropa

Singapore National Stadium berdiri sejak tahun 2014 lalu. Stadion ini berdiri di dalam kompleks Singapore Sports Hub di daerah Kallang.

Dengan kapasitas 55 ribu penonton, Singapore National Stadium menjadi stadion terbesar di Singapura. Bisa dikatakan, stadion ini menjadi pusat olahraga negeri Singa.

Sebagai stadion terbesar dan pusat olahraga Singapura, stadion ini tak hanya digunakan sebagai venue sepak bola saja, melainkan olahraga lainnya seperti atletik, rugby, dan kriket.

Jika tengah menggelar sepak bola atau rugby, tribun akan dimajukan sehingga lintasan atletik takkan terlihat dan jarak penonton dengan lapangan akan terasa dekat.

Sebaliknya, jika tengah digunakan untuk ajang atletik, tribun pun akan dimundurkan agar lintasan atletik dapat digunakan dan terlihat.

Stadion terbesar di Singapura ini terbilang canggih. Pasalnya atas stadion ini menggunakan material EFTE yang mampu menahan sinar panas matahari untuk tetap membuat penonton nyaman. Atap yang digunakan pun bisa dibuka dan ditutup yang membutuhkan waktu sekitar 25 menit saja.

Berkat fasilitas ini, Singapore National Stadium pun dipercaya menjadi tuan rumah laga internasional sekelas International Championship Cup atau ICC.

Ajang ICC ini merupakan ajang pramusim yang melibatkan tim-tim besar Eropa. Setidaknya tiga kali sudah stadion terbesar di Singapura ini menjadi lokasi penyelenggaraan.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini