Boladunia

Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Latihan Kucing-kucingan dalam Sepak Bola

Berikut manfaat penting latihan kucing-kucingan dalam sepak bola.

Rauhanda Riyantama

Antonio Conte saat memimpin latihan Tottenham Hotspur. (Dok. Tottenham)
Antonio Conte saat memimpin latihan Tottenham Hotspur. (Dok. Tottenham)

Bolatimes.com - Banyak metode dalam latihan sepak bola yang bisa dipakai untuk meningkatkan permainan. Salah satunya adalah metode rondo atau biasa disebut kucing-kucingan.

Rondo atau kucing-kucingan ini merupakan metode latihan dasar yang wajib ada di sepak bola, baik di level amatir ataupun profesional.

Salah satu legenda sepak bola dunia, Johan Cruyff, menyebut metode latihan rondo ini berisikan seluruh aspek dalam permainan sepak bola kecuali shooting atau menembak.

Dengan kata lain, rondo atau kucing-kucingan akan meningkatkan level permainan seorang pemain jika dilakukan dengan intens.

Maka jangan heran bila saat ini, para pelatih dengan nama besar di dunia masih mempraktekkan permainan Rondo sebagai menu latihan anak asuhnya.

Dalam metode latihan ini, tak ada ketentuan khusus. Cukup hanya ada tiga pemain dan sebuah bola, maka para pemain bisa melakukan kucing-kucingan dengan ketentuan baik menggunakan satu sentuhan atau dua sentuhan.

Lantas, apa yang jadi alasan mengapa pemain wajib memasukkan rondo dalam menu latihannya dan manfaat yang diberikan dari metode latihan ini?

Suasan latihan Real Madrid menjelang laga melawan Atletico Madrid (Javier Soriano/AFP)
Suasan latihan Real Madrid menjelang laga melawan Atletico Madrid (Javier Soriano/AFP)

1. Melatih Teknik Dasar

Rondo atau kucing-kucingan memang terlihat sederhana. Namun, metode latihan ini bisa meningkatkan teknik dasar pemain seperti passing atau operan dan juga kontrol.

Saat memainkannya, pemain dituntut memiliki operan yang pas dan juga kontrol bola yang cermat agar bola tak bisa direbut oleh lawan yang menjadi ‘kucing-nya’.

2. Pengambilan Keputusan atau Decision Making

Dalam sepak bola, pemain terutama yang bertindak sebagai gelandang dan penyerang, wajib memiliki pengambilan keputusan yang tepat atau Decision Making saat mengoper bola ke rekannya.

Hal ini pun bisa didapatkan di Rondo di mana pemain harus cermat dalam membaca situasi saat bola dikejar oleh lawan. Sehingga pemain harus bisa melepaskan bola ke pemain yang tepat tanpa bisa dikejar lawan.

3. Pressing atau Menekan

Tak hanya bagi pemain saja, Rondo juga melatih lawan atau ‘kucing’ yang mengejar bola. Hal ini berkaitan dengan cara pemain melakukan tekanan.

Pemain yang jadi kucing, akan mendapatkan latihan cara melakukan Pressing yang tepat dan juga cara membaca alur bola dari kaki ke kaki.

Selain itu, bagi pemain yang memainkan Rondo bisa berlatih cara menghindari tekanan atau Pressing dari lawan saat menyentuh bola.

4. Membangun Chemistry dan Kerja Sama Tim

Efek terpenting dalam permainan Rondo adalah membangkitkan Chemistry antar pemain serta kerja sama tim saat memegang bola.

Pemain yang memegang bola akan dituntut untuk membangun komunikasi dengan rekannya. Bagi  yang tak memegang bola, pemain akan dituntut untuk memberikan reaksi ke mana bola harus diberikan.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini