Boladunia

Mengenal Sukru Gulesin, Pencetak Gol Terbanyak dari Sepak Pojok

Sukru Gulesin adalah seorang striker dari Turki yang bersinar di medi0 1950-an.

Rauhanda Riyantama

Potret Sukru Gulesin. (Twitter/@kahve_rengi1903)
Potret Sukru Gulesin. (Twitter/@kahve_rengi1903)

Bolatimes.com - Pernah dengar nama Sukru Gulesin. Mungkin namanya menggaung di dunia sepak bola, tapi dia pemegang salah satu rekor di sepak bola.

Apa itu? Pada medio 1950, bomber asal Turki ini mencatatkan gol terbanyak dari situasi sepak pojok secara langsung.

Tak main-main. Selama berkarier, dirinya sudah mencetak 32 gol. Dan atas pencapaiannya, eks pemain Lazio ini sudah mencatatkan namanya di Guinness Book of Records sebagai top-skorer sepak pojok di dunia.

Profil Sukru Gulesin

Gulesin merupakan penyerang Turki yang lahir pada 14 September 1922 di Istanbul. Ia sendiri telah meninggal pada 10 Juli 1977 atau saat usianya 54 tahun.

Sebagai striker, Gulesin punya tubuh tinggi menjulang. Mengutip laporan sejumlah sumber, ia memiliki postur setinggi 200 cm atau 2 meter.

Meski demikian, ia terbilang cepat dan jago dalam melepaskan tembakan dari situasi bola mati. Dan oleh kelihaiannya itu, ia kerap ditunjuk menjadi eksekutor bola mati, seperti penalti, tendangan bebas, maupun sepak pojok.

Karier profesional Gulesin sendiri dimulai pada 1940 dengan bergabung Besiktas hingga 1944. Setelahnya ia berpindah ke klub Turki lainnya, Ankaragucu pada 1944-1995 dan kembali pulang ke Besiktas hingga 1950.

Pada 1950, Gulesin memutuskan meninggalkan Turki dan mendarat ke Italia di mana ia bergabung Palermo di mana ia hanya bermain di klub tersebut selama satu tahun.

Setelahnya ia mendarat di Lazio dan bermain selama satu tahun, sebelum kembali ke Palermo hingga 1953 dan menutup karier di Galatasaray pada 1955.

Di tim nasional, Gulesin membela Turki sebanyak 11 pertandingan resmi di mana ia berhasil mencetak 4 gol dalam jumlah penampilan itu.

Tercatat, Gulesin berkarier selama 15 tahun. Torehannya pun terbilang fantastis yakni 226 gol baik bersama klub dan tim nasional Turki.

Toni Kroos The Next Guselin?

Di sepak bola modern seperti sekarang, amat jarang pemain yang bisa mencetak gol dari situasi sepak pojok. Ada, sih, beberapa seperti sepakan gelandang Real Madrid, Toni Kroos.

Ketika itu, Real Madrid bertemu Valencia di final Piala Super Spanyol 2020. Di laga yang berlangsung di Stadion King Abdullah, Jeddah, Arab Saudi itu, pemain asal Jerman ini melepaskan tembakan sepak pojok yang langsung berbuah gol.

Kroos melepaskan tembakan langsung dari tendangan sudut setelah melihat kiper Valencia, Domenech, dalam posisi yang salah. Alhasil, eks gelandang Bayern Muenchen itu melepaskan tembakan melengkung mengarah ke gawang dengan kaki kanannya.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini