Boladunia

Negara yang Lolos Piala Dunia 2022 dari Zona Eropa, Portugal Terancam Gagal

Portugal harus melalui babak playoff untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo kecewa dikalahkan Serbia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 si Stadion da Luz, Lisbon, Senin (15/11/2021). (AFP/Patricia De Melo Moreira)
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo kecewa dikalahkan Serbia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 si Stadion da Luz, Lisbon, Senin (15/11/2021). (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Bolatimes.com - Babak grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa telah berakhir pada Rabu (17/11/21). Berakhirnya babak grup ini pun juga memastikan tiket bagi 10 negara yang akan langsung lolos ke putaran final.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung kurang lebih satu tahun lagi. Setidaknya akan ada 32 negara, termasuk tuan rumah, yang akan berpartisipasi.

31 negara yang akan berpartisipasi ini pun ditentukan lewat babak kualifikasi, baik itu untuk zona Asia, Eropa, CONMEBOL, CONCACAF, Afrika dan Oceania.

Untuk kawasan Eropa atau UEFA, beberapa negara sudah memastikan lolos seiring berakhirnya  kualifikasi di fase grup.

Para juara grup dari grup A hingga grup J, telah memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022. Uniknya, di daftar ini terdapat beberapa nama negara kejutan.

Negara kejutan ini pun merupakan negara yang tak dijagokan akan lolos langsung karena berada dalam satu grup dengan negara langganan Piala Dunia.

Selain menentukan juara grup yang lolos otomatis ke putaran final, berakhirnya Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa juga menentukan beberapa negara yang harus menjalani babak Playoff.

Setidaknya 12 negara harus mengikuti babak Playoff. Negara-negara yang mengikuti babak Play Off ini merupakan 10 negara yang finis di grupnya sebagai Runner Up dan dua negara terbaik di ajang UEFA Nations League.

Nantinya, ke-12 negara ini kembali harus berdarah-darah dan bertanding untuk memperebutkan tiga tiket saja untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Istilan berdarah-darah pun bukan isapan jempol belaka. Sebab, 12 negara yang masuk Playoff ini sebagian besar dihuni langganan Piala Dunia seperti Italia, Portugal, Swedia dan Republik Ceko.

Lantas, negara Eropa mana saja yang telah lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 dan negara mana saja yang harus menjalani Play Off?

Negara Eropa yang Lolos ke Piala Dunia 2022:

1. Jerman
2. Denmark
3. Prancis
4. Belgia
5. Inggris
6. Belanda
7. Spanyol
8. Kroasia
9. Serbia
10. Swiss

Negara Eropa yang Harus Menjalani Play Off ke Piala Dunia 2022:

1. Portugal
2. Italia
3. Swedia
4. Ukraina
5. Wales
6. Turki
7. Skotlandia
8. Rusia
9. Polandia
10. Makedonia Utara
11. Austria (UEFA Nations League)
12. Republik Ceko (UEFA Nations League)

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini