Boladunia

Bantai San Marino 10-0, Inggris Melaju ke Piala Dunia 2022

Timnas Inggris menyusul negara lain ke Piala Dunia 2022.

Husna Rahmayunita

Selebrasi bek Timnas Inggris, Luke Shaw usai cetak gol cepat lawan Italia di final Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)
Selebrasi bek Timnas Inggris, Luke Shaw usai cetak gol cepat lawan Italia di final Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Inggris menang telak atas San Marino pada Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Inggris pecundangi San Marino dengan skor 10-0, Selasa (16/11/2021) dini hari WIB.

Atas hasil tersebut, otomatis Three Lions --julukan Timnas Inggris-- lolos ke Piala Dunia 2022, menyusul sejumlah negara lain.

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate sebelumnya menyebut Inggris akan bermain serius dan tidak akan menganggap remeh San Marino meski secara ranking FIFA terpaut jauh.

Taktik itu membuahkan hasil. Pada laga di Stadion San Marina, Inggris tampil dominan. Harry Maguire menjadi pembuka kemenangan Inggris usai mencetak gol pada menit keenam.

Filippo Fabbri lalu mencetak gol bunuh diri pada menit ke-15 kala berusaha menghalau tembakan Bukayo Saka, yang sebetulnya akan melenceng bila tak diganggu pergerakan bek San Marino itu.

Tak butuh waktu lama, kapten Inggris Harry Kane kemudian memperlebar keunggulan tim tamu jadi 6-0 lewat empat gol yang dia bukukan hanya dalam kurun waktu 15 menit.

Keunggulan Inggris bertambah lagi pada menit ke-58 saat Emile Smith-Rowe mencetak gol pertamanya dalam level senior dengan memanfaatkan umpan tumit Tammy Abraham.

San Marino kian tertinggal setelah Tyrone Mings, Abraham dan Saka kemudian bergantian menjebol gawang. Skor 10-0 bertahan hingga akhir laga. Inggris pun finis di puncak Grup I berbekal koleksi 26 poin.

Sementara pada pertandingan Grup I lainnya, Polandia yang finis posisi kedua dengan 20 poin harus melewati babak play-off, meskipun dalam laga pemungkas mereka kalah 1-2 saat menjamu Hongaria di Warsawa.

Polandia baru akan mengetahui lawan mereka dalam semifinal fase playoff pada 26 November mendatang untuk pertandingan yang dijadwalkan berlangsung Maret tahun depan, demikian dikutip dari laman UEFA via Antara.

Berita Terkait

Berita Terkini