Boladunia

8 Rekor Fantastis Mo Salah sejak Gabung Liverpool, Nomor 2 Sulit Dipecahkan

Berikut deretan pencapaian fantastis Mohamed Salah di Liverpool.

Rauhanda Riyantama

Penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Manchester United pada laga Liga Inggris di Old Trafford, Senin (25/10/2021) dini hari WIB. [OLI SCARFF / AFP]
Penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Manchester United pada laga Liga Inggris di Old Trafford, Senin (25/10/2021) dini hari WIB. [OLI SCARFF / AFP]

Bolatimes.com - Jika menyebut siapa pemain yang paling vital bagi Liverpool saat ini, tentu semua sepakat menyebut nama Mohamed Salah. Penyerang asal Mesir ini menjadi tumpuan The Reds dalam urusan menjebol gawang

Mo Salah dikenal akan keganasannya di muka gawang. Ratusan gol telah ia cetak untuk Liverpool sejak pertama kali bergabung pada musim panas 2017 silam dari AS Roma.

Penyerang berusia 29 tahun ini datang dengan mahar 42 juta euro kala itu. Di musim perdananya saja, Mo Salah telah memberi sumbangsih besar dengan membawa Liverpool ke final Liga Champions 2017/18.

Sayang di partai puncak Mo Salah harus cedera akibat berduel dengan Sergio Ramos sehingga Liverpool pun tumbang dari Real Madrid dengan skor 1-3.

Namun Mo Salah dan Liverpool berhasil membalas kekalahan itu setahun berselang setelah menjuarai Liga Champions 2018/19 dengan mengalahkan Tottenham Hotspur di puncak.

Sejak saat itu, rentetan gelar pun terus mampir ke Liverpool seperti Premier League, UEFA Super Cup hingga Piala Dunia Antarklub. Semua gelar ini tak lepas dari sumbangsih Mo Salah.

Tak hanya gelar, penampilan apik Mo Salah juga menciptakan atau memecahkan sederet rekor fantastis selama berseragam Liverpool.

Lantas, apa saja rekor tersebut?

1. Gol Terbanyak di Premier League

Aksi penyerang Liverpool, Mohamed Salah saat lawan Manchester City. (PAUL ELLIS / AFP)
Aksi penyerang Liverpool, Mohamed Salah saat lawan Manchester City. (PAUL ELLIS / AFP)

Di musim 2017/18 atau musim perdananya bersama Liverpool, Mo Salah mampu mencetak 32 gol dalam satu musim Premier League. Jumlah ini menjadi yang terbanyak dalam era Premier League yang berisikan 20 tim atau 38 laga.

Adapun rekor gol terbanyak di satu musim Premier League yakni 34 gol yang dicetak Alan Shearer dan Andy Cole. Namun, jumlah itu dicetak dari 42 pertandingan bukan 38 pertandingan seperti saat ini.

2. Pemain Pertama yang Cetak 20 Gol atau Lebih dalam 3 Musim

Liverpool sering dihuni oleh penyerang hebat. Namun hanya Mo Salah saja penyerang The Reds yang bisa mencetak 20 gol atau lebih secara konsisten selama tiga musim liga.

3. Pemain Afrika Pertama yang Cetak 30 Gol dalam 1 Musim Premier League

Keberhasilan Mo Salah mencetak 32 gol di musim 2017/18 juga membuatnya mencetak rekor sebagai pemain Afrika pertama yang mencetak 30 gol dalam satu musim.

4. Gol Terbanyak dalam 100 Laga Premier League

Mohamed Salah dan istrinya Magi Salah. (Paul ELLIS / AFP)
Mohamed Salah dan istrinya Magi Salah. (Paul ELLIS / AFP)

Pada Maret 202, Mo Salah memainkan laga ke-100 nya di Premier League. Di laga tersebut, ia mencetak gol ke-70 nya di ajang ini. Torehan itu hanya kalah dari Alan Shearer yang mencetak 79 gol dalam 100 laga Premier League.

5. Pencetak Gol Terbanyak Liverpool di Liga Champions

Sebelum Mo Salah datang, pencetak gol terbanyak Liverpool di Liga Champions dipegang oleh Steven Gerard dengan 30 gol. Namun posisi itu berhasil digeser eks penyerang FC Basel itu berkat 31 gol yang ia cetak dalam 48 pertandingan bersama The Reds.

6. Pemain Liverpool Tercepat yang Cetak 100 Gol di Premier League

Mohamed Salah di laga Liverpool vs AC Milan. (Paul ELLIS / AFP)
Mohamed Salah di laga Liverpool vs AC Milan. (Paul ELLIS / AFP)

Mo Salah mencetak gol ke-100 nya bersama Liverpool di Premier League saat menghadapi Brentford. Ia mencetak 100 gol tersebut di laga ke-151 nya bersama The Reds.

7. Pemain Pertama yang Cetak Hattrick di Old Trafford

Mo Salah juga berhasil menorehkan tinta emas sebagai pemain pertama di Premier League yang mencetak Hattrick atau tri gol ke gawang Manchester United di Old Trafford.

8. Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Premier League

Berkat Hattrick-nya ke gawang Manchester United, Mo Salah menggeser posisi Didier Drogba sebagai pemain Afrika dengan gol terbanyak di Premier League. Penyerang asal Mesir ini telah mencetak 107 gol dari 167 laga.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini