Boladunia

Profil Timnas Vietnam, Rival Berat Indonesia di Piala AFF 2020

Vietnam adalah juara bertahan Piala AFF.

Rauhanda Riyantama

Striker Timnas Vietnam U-22, Ha Duc Chinh (nomor 9). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Striker Timnas Vietnam U-22, Ha Duc Chinh (nomor 9). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Bolatimes.com - Timnas Vietnam menjadi salah satu peserta yang dipastikan ikut Piala AFF 2020. Vietnam pun diprediksi menjadi salah satu lawan berat Timnas Indonesia di ajang sepak bola se-Asia Tenggara ini.

Pada drawing yang dilakukan pada September lalu, Indonesia satu grup dengan Vietnam di Grup B. Selain mereka ada pula Kamboja, Laos, dan Malaysia.

Vietnam sendiri akan melakoni laga pembuka pada 6 Desember melawan Laos. Sementara pertemuan dengan Indonesia dijadwalkan berlangsung pada 12 Desember.

Dalam sejarah perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF, Vietnam sering kali menjadi batu sandungan dan lawan berat. Terlebih dalam beberapa tahun terakhir performa Vietnam sedang menanjak.

Hal ini bisa terlihat dengan berhasilnya Vietnam menembus 100 besar rangking FIFA dan sederet prestasi lainnya. Berikut ulasan ringkas profil Timnas Vietnam di Piala AFF 2020.

Sejarah Timnas Vietnam di Piala AFF

Perjalanan Timnas Vietnam di sepak bola Asia Tenggara bisa dikatakan gemilang. Sejak Piala AFF bergulir pada 1996, Golden Star Warriors secara konsisten mampu lolos ke babak semifinal.

Dalam 12 edisi Piala AFF yang telah diselenggarakan, Timnas Vietnam hanya gagal menembus babak semifinal sebanyak 2 kali saja.

Meski demikian, gelar juara Piala AFF yang dimiliki Timnas Vietnam baru 2 gelar (2008 dan 2018) saja dan masih kalah dengan Timnas Thailand yang telah mengoleksi 5 gelar.

Profil Timnas Vietnam

Dikutip dari media Vietnam, Tuoi Tre, Timnas Vietnam bakal mengkombinasikan pemain muda dan senior di Piala AFF 2020. Ada 8 pemain U-23 yang dibawa ke Piala AFF dan lima di antaranya sudah memiliki caps bersama skuad senior.

Pengalaman para pemain muda Vietnam sendiri tak bisa dianggap remeh. Mereka baru saja membawa Vietnam lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan pada Juni 2022.

Mereka ialah Nguyen Van Toan (kiper), Bui Hoang Viet Anh (gelandang), Nguyen Thanh Binh (gelandang), Le Van Xuan (bek) Ly Cong Hoang Anh (gelandang), Nham Manh Dung, Le Van Do (gelandang) dan Tran Van Dat (penyerang).

Penampilan apik Vietnam dalam beberapa tahun terakhir tidak terlepas dari peran pelatih mereka, Park Hang-seo. Pelatih asal Korea Selatan tersebut mampu membawa perubahan signifikan buat sepak bola Vietnam.

Park Hang-seo menjadi pelatih Vietnam pada September 2017. Tak cuma timnas senior, dia juga menukangi Timnas U-23 yang tampil di Kejuaraan Asia 2018, Asian Games 2018, dan SEA Games 2019.

Sebagai pelatih, dia memang kenyang dengan pengalaman. Park Hang-seo pernah menjadi asisten Guus Hiddink di Timnas Korea pada 2001.

Sempat melatih Timnas Korea U-23, Park Hang-seo melanglang buana melatih tim-tim asal Korea. Atas dasar pengalaman dan prestasi, Park Hang-seo pun ditunjuk menjadi pelatih Timnas Vietnam.

Berikut daftar pemain Timnas Vietnam untuk Piala AFF 2020.

Kiper: Bui Tan Truong, Nguyen Van Toan, Dang Van Lam.

Bek: Bui Hoang Viet Anh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Nguyen Thanh Binh, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Vu Van Thanh, Tran Van Kien.

Gelandang: Luong Xuan Truong, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Trong Hoang, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Pham Duc Huy, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc.

Penyerang: Nguyen Van Toan, Pham Tuan Hai, Ha Duc Chinh, Nguyen Tien Linh.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini