Profil Timnas Vietnam, Rival Berat Indonesia di Piala AFF 2020

Vietnam adalah juara bertahan Piala AFF.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 10 November 2021 | 14:37 WIB
Striker Timnas Vietnam U-22, Ha Duc Chinh (nomor 9). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Striker Timnas Vietnam U-22, Ha Duc Chinh (nomor 9). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Bolatimes.com - Timnas Vietnam menjadi salah satu peserta yang dipastikan ikut Piala AFF 2020. Vietnam pun diprediksi menjadi salah satu lawan berat Timnas Indonesia di ajang sepak bola se-Asia Tenggara ini.

Pada drawing yang dilakukan pada September lalu, Indonesia satu grup dengan Vietnam di Grup B. Selain mereka ada pula Kamboja, Laos, dan Malaysia.

Vietnam sendiri akan melakoni laga pembuka pada 6 Desember melawan Laos. Sementara pertemuan dengan Indonesia dijadwalkan berlangsung pada 12 Desember.

Baca Juga: Profil Timnas Kamboja, Lawan yang Bakal Menyulitkan Indonesia di Piala AFF

Dalam sejarah perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF, Vietnam sering kali menjadi batu sandungan dan lawan berat. Terlebih dalam beberapa tahun terakhir performa Vietnam sedang menanjak.

Hal ini bisa terlihat dengan berhasilnya Vietnam menembus 100 besar rangking FIFA dan sederet prestasi lainnya. Berikut ulasan ringkas profil Timnas Vietnam di Piala AFF 2020.

Sejarah Timnas Vietnam di Piala AFF

Baca Juga: Indonesia Badminton Festival di Bali Pakai Sistem Bubble, Begini Aturannya

Perjalanan Timnas Vietnam di sepak bola Asia Tenggara bisa dikatakan gemilang. Sejak Piala AFF bergulir pada 1996, en Star Warriors secara konsisten mampu lolos ke babak semifinal.

Dalam 12 edisi Piala AFF yang telah diselenggarakan, Timnas Vietnam hanya gagal menembus babak semifinal sebanyak 2 kali saja.

Meski demikian, gelar juara Piala AFF yang dimiliki Timnas Vietnam baru 2 gelar (2008 dan 2018) saja dan masih kalah dengan Timnas Thailand yang telah mengoleksi 5 gelar.

Baca Juga: Jordi Amat Ngebet Bela Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Beri Lampu Hijau

Profil Timnas Vietnam

Dikutip dari media Vietnam, Tuoi Tre, Timnas Vietnam bakal mengkombinasikan pemain muda dan senior di Piala AFF 2020. Ada 8 pemain U-23 yang dibawa ke Piala AFF dan lima di antaranya sudah memiliki caps bersama skuad senior.

Pengalaman para pemain muda Vietnam sendiri tak bisa dianggap remeh. Mereka baru saja membawa Vietnam lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan pada Juni 2022.

Baca Juga: Raffi Ahmad Bertemu Pria Diduga Pacar Anya Geraldine: Ini yang Dicari-cari

Mereka ialah Nguyen Van Toan (kiper), Bui Hoang Viet Anh (gelandang), Nguyen Thanh Binh (gelandang), Le Van Xuan (bek) Ly Cong Hoang Anh (gelandang), Nham Manh Dung, Le Van Do (gelandang) dan Tran Van Dat (penyerang).

Penampilan apik Vietnam dalam beberapa tahun terakhir tidak terlepas dari peran pelatih mereka, Park Hang-seo. Pelatih asal Korea Selatan tersebut mampu membawa perubahan signifikan buat sepak bola Vietnam.

Park Hang-seo menjadi pelatih Vietnam pada September 2017. Tak cuma timnas senior, dia juga menukangi Timnas U-23 yang tampil di Kejuaraan Asia 2018, Asian Games 2018, dan SEA Games 2019.

Sebagai pelatih, dia memang kenyang dengan pengalaman. Park Hang-seo pernah menjadi asisten Guus Hiddink di Timnas Korea pada 2001.

Sempat melatih Timnas Korea U-23, Park Hang-seo melanglang buana melatih tim-tim asal Korea. Atas dasar pengalaman dan prestasi, Park Hang-seo pun ditunjuk menjadi pelatih Timnas Vietnam.

Berikut daftar pemain Timnas Vietnam untuk Piala AFF 2020.

Kiper: Bui Tan Truong, Nguyen Van Toan, Dang Van Lam.

Bek: Bui Hoang Viet Anh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Nguyen Thanh Binh, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Vu Van Thanh, Tran Van Kien.

Gelandang: Luong Xuan Truong, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Trong Hoang, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Pham Duc Huy, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc.

Penyerang: Nguyen Van Toan, Pham Tuan Hai, Ha Duc Chinh, Nguyen Tien Linh.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak