Boladunia

Timor Leste Otomatis Lolos ke Piala AFF 2020 usai Brunei Mundur

Sebelumnya, Brunei dan Timor Lesta dijadwalkan bertanding di babak play-off.

Rauhanda Riyantama

Timor Leste, Piala AFF 2018 (AFF)
Timor Leste, Piala AFF 2018 (AFF)

Bolatimes.com - Timor Lesta otomatis lolos ke Piala AFF 2020. Kepastian itu didapat setelah Brunei Darussalam yang seharusnya jadi lawan di babak play-off memutuskan mundur.

Brunei Darussalam mundur dari Piala AFF dengan alasan pandemi Covid-19. Mereka harusnya dijadwalkan menghadapi Timor Lesta dalam babak play-off untuk perebutan satu slot ke fase grup Piala AFF pada 1 Desember mendatang.

Dengan demikian, Timor Leste akan menempati Grup A yang sebelumnya sudah diisi Thailand, Myanmar, Filipina, dan Singapura.

Sementara Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos dan Kamboja. Kejuaraan ini bakal bergulir 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 di Singapura.

Presiden AFF, Khiev Sameth memaklumi keputusan Brunei Darussalam mengundurkan diri dari turnamen. Ia menyebut situasi dan penanggulangan pandemi di tiap negara berbeda satu sama lain.

"Kami sedih menerima berita itu, tetapi sepenuhnya memahami, dan berempati dengan FABD (federasi Brunei Darussalam) atas kesulitan mereka. Kami menyadari kawasan ASEAN telah terpukul keras oleh pandemi, dan semua berusaha untuk mengatasi tantangan dengan berbagai cara,” kata Sameth dikutip dari laman resmi AFF.

"Meski kami akan kehilangan aksi Brunei pada tahun ini, kami tahu mereka akan kembali lebih kuat dari sebelumnya, dan menantikan partisipasi mereka di masa mendatang," terangnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia sudah mulai melakukan persiapan untuk Piala AFF. Sebanyak 26 telah dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta dan Turki.

Selain training camp, tim asuhan Shin Tae-yong juga akan menggelar dua laga uji coba menghadapi Afghanistan (16 November) dan Myanmar (25 November). Kedua laga berlangsung di Turki.

(Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini