Boladunia

Jelang Derbi Manchester, Siapa Tim yang Paling Sering Menang?

Berikut rekor pertemuan Manchester United melawan Manchester City.

Rauhanda Riyantama

Derbi Manchester antara Manchester City dengan Manchester United di pekan ke-12 Liga Primer pada 11 November 2018 (Oli Scarff/AFP)
Derbi Manchester antara Manchester City dengan Manchester United di pekan ke-12 Liga Primer pada 11 November 2018 (Oli Scarff/AFP)

Bolatimes.com - Pekan ke-11 Liga Inggris akan menghadirkan pertandingan sarat gengsi saat dua tim sekota yakni Manchester United vs Manchester City di Old Trafford, Sabtu (06/11/21).

Duel panas penuh bertajuk Derbi Manchester itu akan mewarnai laga Liga Inggris sebelum memasuki jeda internasional yang akan berlangsung sejak 8 hingga 16 November 2021.

Sebagaimana diketahui, kedua tim punya rivalitas panas sejak keduanya berdiri. Bahkan, rivalitas itu kian memanas setelah Man City diakuisisi dan menjadi tim konglomerat sehingga meruntuhkan dominasi Man United.

Di saat Man United melempem di satu dekade terakhir, Man City justru menuai kesuksesan di kancah domestik dengan meraih beragam gelar.

Prestasi yang diraih Man City pun kian membuat rivalitas kedua tim meruncing. Masing-masing pendukung bahkan saling merendahkan satu sama lain yang kian menambah panas gelaran ini.

Laga di pekan ke-11 nanti, Man United bisa saja bertanding dalam keadaan tengah goyah. Pasalnya, Setan Merah tengah inkonsisten dalam urusan permainan.

Senada dengan sang tetangga, Man City pun tengah dalam inkonsistensi di kancah liga. Di laga terakhirnya saja, The Citizens tumbang di kandang melawan Crystal Palace.

Meski begitu, Man City diunggulkan saat bertandang ke Old Trafford nanti. Hal ini tak lepas dari padunya skuad Pep Guardiola ketimbang Man United.

Namun Man United wajib bangga. Selain karena Ole Gunnar Solskjaer punya catatan 4 kemenangan dari 8 pertemuan dengan Guardiola, Setan Merah  juga dibayangi rekor menawan atas Man City.

Manchester City vs Manchester United. (Dok. Sportkeeda).
Manchester City vs Manchester United. (Dok. Sportkeeda).

Sejarah Berpihak ke Man United

Sejak kedua klub berdiri, yakni Man United di tahun 1878 dan Man City di tahun 1880, kedua tim telah berhadapan sebanyak 164 kali di berbagai ajang.

Dalam 164 pertemuan itu, Man United menang sebanyak 64 kali. Sedangkan Man City meraih 49 kemenangan dan 48 laga lainnya berakhir imbang.

Kemenangan terakhir Man United atas Man City bahkan terjadi beberapa bulan lalu, yakni pada Maret 2021 dengan skor 2-0 saat bertandang ke Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League 2020/21.

Secara spesifik, Man United unggul atas Man City di berbagai hal, termasuk saat bermain di Old Trafford maupun Etihad Stadium (atau Maine Road markas The Citizen sebelumnya).

Dari 164 laga itu, Man United telah menjamu Man City di Old Trafford sebanyak 81 kali dengan catatan 31 kemenangan, 24 kali imbang dan 26 kekalahan.

Sedangkan saat bermain di Etihad Stadium (atau Maine Road), Man United tetap superior atas ‘adiknya’ itu dengan catatan 33 kemenangan, 24 kali imbang dan 23 kekalahan saja dari 80 laga.

Di pentas Premier League, baik Man United dan Man City telah bertemu sebanyak 152 kali saat artikel ini dibuat. Lagi-lagi Setan Merah unggul dengan meraih 59 kemenangan, 48 kali imbang, dan 45 kekalahan dari The Citizen.

Dengan kata lain, bila melihat rekor Solskjaer vs Guardiola dan sejarah, Man United yang tengah terseok-seok bisa saja lebih unggul ketimbang Man City di pekan ke-11 Premier League 2021/22, Sabtu (06/11/21).

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini