Bersinar di Liga 1, 5 Pemain yang Bisa Jadi Tenaga Tambahan di Piala AFF

Berikut 5 pemain yang bisa jadi skuat tambahan untuk Shin Tae-yong di Piala AFF 2020

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 03 November 2021 | 14:00 WIB
Pemain PSM Makassar, Ilham Udin Armaiyn. (Instagram/ilham20armaiyn)

Pemain PSM Makassar, Ilham Udin Armaiyn. (Instagram/ilham20armaiyn)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia tengah menyongsong Piala AFF 2020. Agenda tersebut akan dilakukan pada 5 Desember hingga 1 Januari 2021 mendatang.

Sejumlah pekerjaan rumah tengah menanti Shin Tae-yong. Jelang agenda yang tinggal hitungan pekan, pelatih Timnas Garuda itu kudu merampungkan komposisi pemain.

Beberapa di antaranya sudah mentas di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2022. Hanya, nama-nama yang disertakan didominasi oleh pemain muda dan belum daftar final.

Baca Juga: Pakai Outfit Hitam, Gaya Tante Ernie Pose Bareng Deddy Corbuzier Curi Fokus

Selagi bersiap, Bolatimes merangkum beberapa nama pemain yang mungkin jadi amunisi tambahan buat Shin di Timnas Indonesia. Berikut ulasannya:

1. Firza Andika

Pemain Timnas Indonesia U-19 Firza Andika melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Sabtu (13/10). Timnas Indonesia U19 menang 3-2. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pemain Timnas Indonesia U-19 Firza Andika melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Sabtu (13/10). Timnas Indonesia U19 menang 3-2. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sudah lama pemain Persikabo 1973 ini tak masuk ke dalam skuat Timnas Indonesia. Namanya mulai pudar seiring kedatangan Shin sebagai pelatih.

Baca Juga: FIFA Matchday: Indonesia Tantang Afghanistan dan Myanmar

Padahal, Firza cukup kenyang pengalaman di pos bek kiri Timnas Indonesia kelompok umur. Prestasinya juga sudah diukir di sejumlah event semisal Piala AFF dan Piala Asia.

Hanya, keberadaan Pratama Arhan yang kini jadi andalan Shin, membuat Firzha ditepikan. Kini, pemain asal Medan ini tengah unjuk gigi bersama klubnya. Satu gol sudah diciptakannya di pentas Liga 1 kendati berposisi sebagai bek kiri dan nilai plus lainnya dia selalu menjadi pemain inti di 10 laga Persikabo.

2. Irsyad Maulana

Baca Juga: Hesti Purwadinata Renang di Sungai, Netizen Dibikin Ngeri

Irsyad Maulana, Dedi Gusmawan (mantan Semen Padang) serta bek asing asal Lebanon, Hussein El Dor pada perkenalan pemain di Makassar, Jumat,(10/1).ANTARA/HO/Abd Kadir
Irsyad Maulana, Dedi Gusmawan (mantan Semen Padang) serta bek asing asal Lebanon, Hussein El Dor pada perkenalan pemain di Makassar, Jumat,(10/1).ANTARA/HO/Abd Kadir

Nama selanjutnya yang mungkin bisa jadi pilihan Shin adalah Irsyad Maulana. Pemain sayap milik Persita Tangerang ini cukup reguler tampil di Liga 1.

Atribut Irsyad sebagai pemain sayap juga terbilang komplet. Terlebih, untuk membantu penyerangan, eks pemain Semen Padang ini mulai rutin menyarangkan gol.

Hingga pekan ke-10 Liga 1 bergulir, Irsyad sudah mencetak tiga gol. Salah satu golnya bahkan menjadi yang terbaik di pekan ketiga Liga 1.

Baca Juga: Daftar Liga di Asia Tenggara yang Sudah Pakai VAR, Indonesia Menyusul?

3. Ilham Udin Armaiyn

Menyusul rekan setimnya di Timnas Indonesia, Evan Dimas. Kini Ilham Udin Armaiyn bergabung Selangor FA
Menyusul rekan setimnya di Timnas Indonesia, Evan Dimas. Kini Ilham Udin Armaiyn bergabung Selangor FA

Nama Ilham Udin sempat menjadi bintang saat dirinya memperkuat Timnas U-19. Selain itu, dirinya juga pernah mentas di luar negeri bersama Selangor di Liga Malaysia.

Memang, Ilham sempat merasakan masa-masa tersulit sebagai pemain. Usai dari Selangor, kariernya di Bhayangkara dan Barito Putera tidak terlalu mengilap.

Terkini, usai dipinang PSM Makassar, Ilham kembali menemukan sentuhan permainannya. Bahkan, pencetak gol kemenangan Timnas U-19 di Piala AFF U-19 2013 ini sudah menyumbang tiga gol.

4. Ilija Spasojevic

Pemain Bali United, Ilija Spasojevic (dok baliutd)
Pemain Bali United, Ilija Spasojevic (dok baliutd)

Timnas Indonesia nampaknya butuh penyerang murni. Hal itu terlihat lantaran belum adanya juru gedor yang rutin mencatatkan namanya di papan skor.

Baru-baru ini Shin memanggil Dedik Setiawan dan Kushedya Yudho. Lalu, ada Hanis Saghara yang diduetkan dengan Bagus Kahfi.

Agar pekerjaan Shin dimudahkan, tak ada salahnya ia memanggil Spasojevic. Penyerang Bali United itu sudah mencetak tujuh gol dari 10 laga Serdadu Tridatu.

5. Ricky Kayame

Ricky Kayame. (Dok. LIB)
Ricky Kayame. (Dok. LIB)

Kendati belum berhasil membawa Persipura berbicara di Liga 1 musim ini, sorotan agaknya boleh diberikan pada Kayame. Sebab, tiga gol dari 10 laga yang dijalaninya bersama Mutiara Hitam jadi bukti.

Kayame yang berposisi sebagai pemain sayap cukup mumpuni. Selain bisa mencetak gol, kecepatan untuk merangsek ke kotak penalti lawan bisa jadi faktor untuk dibawa.

Kontributor: Kusuma Alan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak