Boladunia

Profil Jacob Italiano, Gelandang Liga Jerman yang Jebol Gawang Timnas U-23

Jacob Italiano bermain untuk klub Bundesliga, Borussia Mnchengladbach.

Irwan Febri Rialdi

Jacob Italiano (nomor 10) menjadi salah satu pencetak gol Australia ke gawang Indonesia. (Instagram/socceroos)
Jacob Italiano (nomor 10) menjadi salah satu pencetak gol Australia ke gawang Indonesia. (Instagram/socceroos)

Bolatimes.com - Jacob Italiano menjadi salah satu pemain Australia U-23 yang mencuri perhatian ketika tampil melawan timnas Indonesia U-23.

Pada laga leg pertama babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang berlangsung di Central Republican Stadium, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) itu, Jacob Italiano turut menyumbang satu gol.

Sepakan keras yang dilesakkan Jacob Italiano dari luar kotak penalti itu sukses menggetarkan jala gawang timnas Indonesia U-23.

Melalui sepakan indahnya itu pula, Australia U-23 mengunci kemenangan dengan skor akhir 3-2 atas timnas Indonesia U-23.

Kemampuan Jacob Italiano di atas lapangan memang mencolok. Beberapa kali aksi-aksinya merepotkan barisan pertahanan skuad Garuda Muda.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Jacob Italiano, pemain sayap Australia U-23 yang mencetak gol indah ke gawang timnas Indonesia U-23.

Profil Jacob Italiano

Jacob Italiano. (Dok. AFC)
Jacob Italiano. (Dok. AFC)

Jacob Italiano menjadi salah satu pemain yang tampil impresif ketika Australia U-23 bertanding melawan timnas Indonesia U-23.

Pemain kelahiran Perth, Australia, pada 30 Juli 2001 ini merupakan pesepak bola muda berbakat yang sudah moncer sejak belia.

Jauh sebelum memperkuat timnas Australia U-23, pemain yang masih berusia 20 tahun ini sudah sering bermain untuk tim nasional di berbagai kelompok usia.

Kiprah awalnya di timnas berawal bersama timnas Australia U-16. Saat itu, ia menjadi andalan ketika Australia menjuarai ajang Piala AFF U-16 2016.

Saat usianya masih 15 tahun, Jacob menjadi salah satu andalan untuk mencetak gol. Ketika itu, dia mencatatkan tiga gol untuk timnya sepanjang gelaran Piala AFF U-16 2016.

Semenjak saat itu, dia selalu mendapat panggilan di berbagai tim nasional kelompok usia muda, mulai dari U-17, U-20, hingga saat ini U-23.

Sebelumnya, ia juga sempat mengantarkan Australia U-20 meraih peringkat ketiga pada Piala Asia U-23 2022.

Di level klub, Jacob Italiano menimba ilmu sepak bola bersama Inglewood United dan Football West National Training Center (FW NTC).

Kemudian, dia sempat bergabung dengan FFA Centre of Excellence, sebuah pengembangan pesepak bola muda yang dimiliki oleh Federasi Sepakbola Australia (FFA) yang bekerja sama dengan Australian Institute of Sports.

Pada 1 Juli 2017, Jacob Italiano resmi mendapatkan klub pertamanya ketika dikontrak oleh Perth Glory U-21. Tak butuh waktu lama bagi Jacob untuk promosi ke tim utama.

Sebab, tiga bulan berselang, dia dipromosikan ke tim utama Perth Glory. Debutnya bersama Perth Glory pun tak menunggu lama.

Sebab, saat berusia 16 tahun 3 bulan, Jacob Italiano sudah berhasil mencatatkan penampilan pertamanya di kompetisi kasta tertinggi Australia, A-League.

Saat itu, debutnya tercipta ketika Perth Glory sukses mengalahkan Melbourne Victory dengan skor akhir 2-0.

Lalu, potensinya tercium oleh salah satu klub dari Jerman, yakni Borussia Mönchengladbach.

Pada 1 Januari 2018, Jacob direkrut oleh Borussia Mönchengladbach. Meski sempat dipinjamkan kembali untuk bermain bersama Perth Glory, saat ini dia sudah kembali memperkuat klub asal Jerman tersebut.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini