4 Kiper Timnas Inggris yang Kondang Lakukan Blunder, Ada David Seaman

Timnas Inggris kerap memiliki kiper yang gemar blunder

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 19 Oktober 2021 | 04:00 WIB
Kiper timnas Inggris David Seaman melakukan sesi latihan. AFP FOTO/WILLIAM BARAT

Kiper timnas Inggris David Seaman melakukan sesi latihan. AFP FOTO/WILLIAM BARAT

Bolatimes.com - Sebelum munculnya Jordan Pickford, timnas Inggris seolah-olah mengalami kesulitan untuk mendapatkan sosok penjaga gawang yang berkualitas.

Inggris memang menjadi salah satu negara yang sering melahirkan pemain-pemain hebat, baik di posisi bek, gelandang, maupun penyerang.

Namun, untuk sektor penjaga gawang, Inggris harus bersabar. Sebab, sepanjang sejarahnya, The Three Lions justru diperkuat kiper yang sering melakukan blunder fatal.

Baca Juga: Jonatan Christie Digandrungi Banyak Fan, Begini Reaksi Sang Kekasih

Blunder-blunder yang dilakukan kiper ini seringkali merugikan timnas Inggris di berbagai ajang. Tak jarang, mereka sering kalah akibat kesalahan si penjaga gawang.

Berikut Bolatimes.com menyajikan nama-nama kiper timnas Inggris yang terkenal sering melakukan blunder.

1. David James

Baca Juga: Media China Sebut Indonesia Tunjukkan Performa Apik di Final Thomas Cup

David James menjadi salah satu penjaga gawang timnas Inggris yang dikenal karena sering melakukan blunder fatal.

Salah satu yang paling diingat ialah ketika Inggris sempat unggul 2-0 atas Austria sebelum tim lawan memperkecil gap satu gol melalui tendangan bebas Roland Kollman.

David James saat itu memang tak sepenuhnya bersalah atas hal tersebut. Akan tetapi, aksinya justru menjadi pemberitaan di media.

Baca Juga: Sebut Fajar/Rian Tak Begitu Dikenal Publik, Menpora Disorot Netizen

Hanya berselang satu menit setelah gol pertama itu, gelandang timnas Austria, Andres Ivanschitz, melakukan sepakan spekulasi dari jarak jauh.

Meskipun sebetulnya sepakan itu mudah diantisipasi, tetapi James justru gagal membendung bola sehingga masuk ke gawang. 

2. David Seaman

Baca Juga: China Suarez, Artis Argentina yang Dituduh Jadi Selingkuhan Mauro Icardi

David Seaman juga terkenal sebagai salah satu kiper timnas Inggris yang pernah melakukan blunder fatal di bawah mistar gawang.

Saat itu, David Seaman menghancurkan hati suporter inggris pada ajang Kualifikasi Euro 2004 ketika melawan Makedonia.

Dia tak mampu mengantisipasi tendangan pojok dari Artim Sakiri. Penempatan posisi yang buruk ini membuat sepakan pojok itu justru masuk ke gawang.

Sebelumnya, Seaman juga sempat melakukan blunder fatal lainnya pada babak semifinal Piala Dunia 2002.

Ketika itu, dia gagal mengantisipasi tendangan bebas Ronaldinho pada menit ke-50. ini sekaligus menjadi penentu kemenangan Brasil yang sukses unggul 2-1 pada akhir laga.

3. Robert Green

Salah satu momen blunder fatal yang dilakukan Robert Green terjadi pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2010 saat melawan Amerika Serikat.

Ketika itu, sebetulnya timnas Inggris sudah berhasil unggul sejak menit keempat lewat aksi Steven Gerrard.

Namun, start positif The Three Lions seolah-olah tak berguna gara-gara Robert Green melakukan kesalahan fatal ketika mengantisipasi tendangan spekulasi Clint Dempsey.

Bola yang sebetulnya mudah diantisipasi justru lepas dari tangan Green dan meluncur ke gawang timnas Inggris.

4. Paul Robinson

Penjaga gawang yang terakhir, dan barangkali yang paling terkenal dalam melakukan blunder, ialah Paul Robinson.

Saat itu, Paul Robinson yang berstatus sebagai kiper andalan Tottenham Hotspur juga mendapatkan kepercayaan untuk mengawal gawang timnas Inggris.

Namun, hanya karena satu kesalahan fatal, seluruh kiprah impresif yang pernah dilakukan Robinson menjadi buyar.

Saat itu, Gary Neville sukses merebut bola dari penyerang Kroasia, lalu mengopernya kepada Robinson.

Namun, Robinson yang tengah mengambil ancang-ancang untuk menyepak bola justru gagal melakukannya.

Sepakannya tak mengenai bola sehingga operan Neville justru meluncur ke gawang timnas Inggris.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak