Boladunia

Cerita Unik Alex Ferguson yang Selalu Kunyah Permen Karet saat MU Berlaga

Ferguson dilaporkan bisa menghabiskan tiga bungkus permen karet saat mandampingin Manchester United tanding.

Rauhanda Riyantama

Sir Alex Ferguson (Paul Ellis/AFP)
Sir Alex Ferguson (Paul Ellis/AFP)

Bolatimes.com - Manchester United dan Sir Alex Ferguson seperti dua hal yang tak bisa dipisahkan. Pertama, lantaran pria asal Skotlandia ini adalah pelatih tersukses sepanjang sejarah klub.

Sejumlah trofi entah sudah berapa kali masuk kabin Iblis Merah. Paling diingat adalah 13 trofi Premier League selama 26 tahun menjabat.

Hal yang tak bisa dipisahkan kedua adalah soal permen karet. Ya, Ferguson terkenal sebagai pelatih yang selalu makan permen karet du setiap pertandingan Manchester United.

Buat yang mengidolakan Manchester United, jelas sering menengok Sir Alex mengunyah permen karet sepanjang pertandingan Iblis Merah. Dan tahukah Anda, kebiasaan itu ternyata punya ceritanya.

Kebiasaan Fergie, demikian Sir Alex disapa, mengunyah permen karet, sudah dilakukannya sejak melatih Manchester United kali pertama. Tepatnya, saat Setan Merah menjamu Oxford United pada 1986.

Ketika itu, fisioterapi MU, Jim McGrehor, yang juga asisten Fergie, kerap mendapati sang pelatih batuk. Dan ketika itu McGregor menawari obat batuk namun ditolak.

McGregor tak patah arang. Agar meminimalisir batuk, ia menyarankan Fergie untuk mengunyah permen karet. Dan sejak saat itu, Fergie kemudian terus mengunyah permen karet di laga-laga MU.

Menurut laporan SportBible, selama 26 tahun mendampingi MU, diperkirakan sudah menghabiskan tiga ribu bungkus permen karet.

Di masa-masa akhir karier kelepatihannya, Fergie bahkan masih menjalankan kebiasaannya. Dan pada akhirnya, pada pertandingan pemungkas MU dilatih Fergie, permen karetnya didapatkan oleh seorang fan.

Permen karet itu kemudian dilelang di eBay dan terkumpul 390 pound. Hasil uangnya didonasikan untuk badan amal MU.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini