Boladunia

Lika-liku John Cofie, Eks Pemain MU yang Pensiun Muda dan Kini Jadi Guru

Sempat angkat trofi bareng Paul Pogba, ia kini mengabdi sebagai guru

Irwan Febri Rialdi

Paul Pogba, Sam Johnstone, John Cofie, dan Jesse Lingard saat menjadi juara FA Youth Cup 2011. (Foto: Manchester Evening News)
Paul Pogba, Sam Johnstone, John Cofie, dan Jesse Lingard saat menjadi juara FA Youth Cup 2011. (Foto: Manchester Evening News)

Bolatimes.com - Mancheter United pernah memiliki sosok pemain bertalenta hebat bernama John Cofie. Namun, kariernya justru berakhir di usia 27 tahun dan kini banting setir menjadi guru.

Tak berlebihan kiranya jika menyebut John Cofie sebagai salah satu pemain muda Manchester United yang bertalenta, di samping Paul Pogba dan Ravel Morrison yang satu angkatan dengannya.

Saat itu, Cofie direkrut oleh akademi Manchester United pada tahun 2007. Usianya masih terhitung sangat muda, yakni 14 tahun.

Namun, kemampuan John Cofie saat itu memang sangat jauh di atas rata-rata pemain lainnya seusianya.

Ketika itu, John Cofie resmi bergabung dengan Manchester United pada November 2007 dan mulai bergabung dengan akademi pada Juli 2009.

Setahun setelah itu, pemain kelahiran Ghana ini sukses mencuri hati manajer Setan Merah saat itu, Sir Alex Ferguson.

Ferguson pun terpikat sehingga memberikan kontrak sebesar satu juta pounds untuk pemain yang baru berusia 14 tahun tersebut.

Kontrak itu mengukuhkan Cofie sebagai pesepak bola muda pertama yang mendapatkan kontrak jutaan poundsterling.

Sayangnya, sejak mendapatkan kontrak tersebut, ia justru gagal mencatatkan satu pun penampilan bersama tim Setan Merah.

Setelah sempat menjalani sejumlah masa peminjaman bersama berbagai klub seperti Royal Antwerp, Sheffield United, hingga Notts County, Cofie akhirnya meninggalkan Manchester United pada tahun 2013.

Setelah bergabung dengan sejumlah klub seperti Bransley, Molde, hingga Crawley Town, Cofie tetap saja gagal membangkitkan kegemilangannya di atas lapangan.

Akhir Perjalanan John Cofie

Setelah meninggalkan MU dan menjadi pengembara, Cofie sempat singgah di sejumlah negara, mulai dari Norwegia, Wales, hingga Irlandia Utara.

Sayangnya, tak satu pun klubnya saat itu yang bisa membuatnya kembali bersinar seperti ketika masih muda.

Bahkan, Cofie sempat singgah untuk bermain bersama Global, klub yang berkompetisi di Liga Filipina pada tahun 2020.

Lagi-lagi, mantan penyerang timnas Inggris U-17 ini masih belum bisa mengembalikan performa terbaiknya.

Akhirnya, pada tahun 2020 saat usianya menginjak 27 tahun, Cofie memutuskan untuk gantung sepatu alias mengakhiri kariernya dari dunia sepak bola.

Gantung Sepatu, Banting Setir Jadi Guru

Setelah memutuskan untuk mengakhiri kariernya di dunia sepak bola profesional, John Cofie kabarnya bekerja di sebuah sekolah di daerah Lancashire, sebuah kota kecil di Inggris.

Cofie menjadi guru olahraga dan mengajar anak-anak dalam program sepak bola yang dia rancang sendiri.

Selain itu, sebagai sampingan, Cofie juga bergabung dengan pelatih sepak bola lamanya, yakni Jacksen, di Moorland School.

Dia bertugas untuk membantu melatih anak-anak muda yang memiliki cita-cita untuk menjadi pesepak bola profesional di masa depan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini