Boladunia

Tak Disangka, 10 Pemain Ini Ternyata Pernah Masuk Nominasi Ballon d'Or

Para pecinta sepak bola mungkin ada yang asing dengan nama-nama yang masuk nominasi berikut

Irwan Febri Rialdi

Legenda sepak bola Ghana, Asamoah Gyan. (Dok. Ghanasoccer.net).
Legenda sepak bola Ghana, Asamoah Gyan. (Dok. Ghanasoccer.net).

Bolatimes.com - Nominasi Ballon d’Or biasanya diisi oleh nama-nama besar yang malang melintang di sepak bola. Namun, ada beberapa pemain yang gaungnya jarang diperbincangkan tetapi bisa masuk dalam nominasi.

Daftar nominasi Ballon d’Or sendiri biasanya terdiri dari 30 pemain. Deretan nominasi ini dipilih oleh Majalah France Football selaku penggagas penghargaan ini.

Biasanya, ke-30 pemain ini dipilih berdasarkan performanya di level klub maupun tim nasional dalam satu tahun kalender, bukan satu musim pada umumnya.

Nantinya, dari 30 pemain ini akan dipilih beberapa pemain untuk menempati posisi tiga teratas yang akan memperebutkan bola emas atau Ballon d’Or.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemain yang masuk nominasi Ballon d’Or tak selamanya pemain yang punya nama besar. Ada beberapa pemain yang jarang terekspos, tiba-tiba masuk dalam daftar nominasi tersebut.

Kira-kira, siapa saja pemain tersebut?

1. Tomas Rosicky

Kebanyakan penikmat sepak bola mengenal Tomas Rosicky selama berseragam Arsenal. Namun, ketenarannya ternyata telah lebih dulu diakui sejak membela Borussia Dortmund. Buktinya, ia masuk nominasi Ballon d’Or 2002 yang kemudian dimenangkan Ronaldo Nazario.

2. Seol Ki-hyeon

Selain Tomas Rosicky, pemain asal Korea Selatan bernama Seol Ki-hyeon juga masuk dalam nominasi Ballon d’Or 2002. Namanya masuk daftar ini karena penampilan ciamiknya di Piala Dunia 2002 sehingga membawa Korea Selatan ke semifinal.

3. El Hadji Diouf

Masih dari Ballon d’Or 2002, ada nama El Hadji Diouf yang masuk daftar nominasi karena sumbangsihnya yang membawa Senegal ke perempat final Piala Dunia 2002.

4. Tim Cahill

Pada Piala Dunia 2006, dunia dikejutkan dengan performa Tim Cahill yang mampu mencetak gol di turnamen tersebut melebihi para penyerang legendaris lainnya. Hal itu membuatnya masuk daftar nominasi Ballon d’Or 2006 yang kemudian dimenangkan Fabio Cannavaro.

5. Yuri Zhirkov

Pada perebutan Ballon d’Or 2008 silam, ada nama Yuri Zhirkov yang masuk daftar nominasi. Hal ini lantaran ia mampu membawa Rusia ke semifinal di Euro 2008. Selanjutnya, ia pun dipinang Chelsea pada 2009.

6. Asamoah Gyan

Piala Dunia 2010 dianggap sebagai salah satu Piala Dunia terbaik. Selain terbaik, edisi tersebut juga melahirkan kejutan bernama Asamoah Gyan yang tampil brilian. Karenanya, ia masuk daftar nominasi Ballon d’Or 2010.

7. Mario Balotelli

Pemain yang dikenal bengal ini pernah mendapat pengakuan pada 2012 di mana ia masuk daftar peraih Ballon d’Or.  Masuknya namanya tersebut karena perannya yang tampil apik dan mampu membawa Manchester City juara Premier League.

8. Rui Patricio

Keberhasilan Portugal menjuarai Euro 2016 membuat beberapa pemainnya masuk nominasi Ballon d’Or 2016, salah satunya adalah Rui Patricio yang tampil gemilang di bawah mistar pada ajang tersebut.

9. Dimitri Payet

Meski gagal membawa Prancis menjuarai Euro 2016, Dimitri Payet tetap disebut salah satu penampil terbaik. Alhasil namanya pun lantas masuk dalam nominasi Ballon d’Or 2016.

10. Donny van de Beek

Pemain yang kini jadi pesakitan di Manchester United ini pernah masuk nominasi Ballon d’Or 2019 karena penampilannya yang mampu membawa Ajax Amsterdam melaju jauh hingga babak semifinal Liga Champions 2018/19.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini