Boladunia

Profil Rene Meulensteen, Asisten Sir Alex Ferguson di Staf Australia U-23

Di tim kepelatihan Timnas Australia U-23 ada mantan asisten kepercayaan Sir Alex Ferguson

Irwan Febri Rialdi

Rene Meulensteen bersama Sir Alex Ferguson di Manchester United. (Paul Ellis/AFP)
Rene Meulensteen bersama Sir Alex Ferguson di Manchester United. (Paul Ellis/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi timnas Australia U-23 yang saat ini dilatih oleh mantan asisten Sir Alex Ferguson di Manchester United.

Sosok yang dimaksud ialah Rene Meulensteen. Saat ini, pelatih berusia 57 tahun itu menjadi asisten pelatih timnas Australia U-23.

Duel antara Indonesia dan Australia bakal tersaji pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Kedua tim sama-sama tergabung di Grup G.

Namun, dua kontestan lain di grup ini, yakni China dan Brunei Darussalam, telah memutuskan untuk mengundurkan diri.

Dengan demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong bakal berjumpa dengan Australia sebagai satu-satunya lawan untuk melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2022.

Menjelang pertandingan tersebut, timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi racikan strategi dari asisten pelatih yang pernah membantu Sir Alex Ferguson, yakni Rene Meulensteen.

Profil Rene Meulensteen

Rene Meulensteen merupakan salah satu otak di balik kesuksesan Manchester United selama berada di bawah arahan Sir Alex Ferguson.

Lelaki kelahiran Beugen, Belanda, 25 Maret 1964 itu menjadi tangan kanan Sir Alex Ferguson untuk menangani tim utama Manchester United.

Karier Rene Meulensteen di tim Setan Merah sebetulnya sudah bermula sejak tahun 2001. Saat itu, dia mengawali kiprahnya sebagai pelatih akademi.

Rene bekerja di akademi MU selama kurang lebih lima tahun. Sementara pada tahun 2005, dia diangkat untuk menjadi pelatih kepala tim cadangan MU (reserves).

Sebetulnya, Rene sempat bekerja sebagai pelatih kepala klub asal Denmark, Brondby, selama satu musim, yakni pada 2006/2007.

Namun, Sir Alex Ferguson memintanya untuk kembali ke Old Trafford untuk menjabat sebagai pelatih teknis tim utama Manchester United.

Posisi itu diduduki Rene selama semusim, yakni mulai 18 Januari 2007 hingga 18 Agustus 2008. Kemudian, ia diangkat sebagai asisten manajer Sir Alex Ferguson.

Pekerjaan ini berlangsung cukup lama, yakni mulai tahun 2008 hingga Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun dari jabatannya pada 2013.

Selama menjabat sebagai pelatih di skuad utama, Rene Meulensteen berjasa besar membantu Sir Alex Ferguson meraih sejumlah gelar juara.

Di kompetisi Liga Inggris, setidaknya ada tiga gelar yang sukses diamankan, yakni pada edisi 2008/2009, 2010/2011, dan terakhir 2012/2013.

Sementara itu, MU juga sukses meraih tiga trofi Community Shield pada 2008, 2010, dan 2011. Lalu, ada dua Piala Liga yang sukses diraih, yakni pada musim 2008/2009 dan 2009/2010.

Salah satu pencapaian besar Rene Meulensteen bersama Sir Alex Ferguson ialah meraih gelar juara Liga Champions pada edisi 2007/2008 serta Piala Dunia Antarklub pada 2008.

Setelah Fergie pensiun, Rene juga ikut angkat kaki dari Old Trafford. Kariernya kemudian berlanjut di klub FC Anzhi Makhachkala klub asal Rusia yang saat itu dilatih oleh Guus Hiddink.

Setelah itu, ia meninggalkan Rusia dan kembali melatih di Inggris. Rene sempat membantu Martin Jol di Fulham sebagai asisten pelatih.

Namun, tiga pekan kemudian, Jol didepak oleh Fulham dan Rene ditunjuk untuk menggantikan posisi tersebut.

Sementara itu, karier Rene di skuad timnas Australia sudah dimulai sejak tahun 2018. Saat itu, dia dikontrak sebagai asisten pelatih. Pekerjaan itu masih dijalaninya sampai saat ini. 

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini