Boladunia

Profil Kapten Australia U-23, Pemain Kelahiran Kenya Bek Andalan Urawa Red

Kenalin Thomas Deng. Kapten Timnas Australia U-23 calon lawan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022

Irwan Febri Rialdi

Kapten Timnas Australia, Thomas Deng. (Dok. Socceroos)
Kapten Timnas Australia, Thomas Deng. (Dok. Socceroos)

Bolatimes.com - Australia dipastikan menjadi lawan tunggal yang dihadapi Timnas U-23 Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Hal ini menyusul mundurnya dua kontestan lain di Grup G, Brunei Darussalam dan China, dari ajang ini. Dengan begini, Grup G hanya menyisakan Indonesia dan Australia.

Adapun, partai Grup G kualifikasi Piala Asia U-23 2022 antara Indonesia U-23 vs Australia akan berlangsung di Republican Central Stadium, Dushanbe, 27 Oktober 2021.

Australia sendiri bisa menjadi ancaman serius buat Timnas U-23. Tim berjuluk Olyroos itu diperkuat pemain-pemain yang tampil di kompetisi Eropa dan Asia.

Salah satu pemain yang patut diwaspadai adalah sang kapten Australia U-23, Thomas Deng. Saat ini dia tercatat sebagai pemain di klub J-League Jepang, Urawa Red Diamonds.

Profil Kapten Australia U-23

Deng merupakan sosok kelahiran Kenya pada 20 Maret 1997. Setelah terjadi konflik di negaranya, Deng pindah ke Adelaide, Australia, bersama keluarganya.

Di Australia, dia menemukan kehidupan baru dan lebih mudah menjangkau akses bermain sepak bola. Dia kemudian bergabung dengan beberapa akademi.

Pada usia 16 tahun, Deng memulai debutnya sebagai pesepak bola senior bersama Western Eagles FC.

Setelah satu musim di sana, dia direkrut oleh klub yang lebih besar yang berbasis di Melbourne, Green Gully SC. Karena penampilan impresifnya, perjalanan karier Thomas Deng berlanjut ke klub lebih besar.

Pemain yang biasa berposisi sebagai bek tengah itu direkrut oleh Melbourne Victory untuk masuk ke tim junior mereka.

Karena talenta yang menonjol, Deng promosi ke tim utama Melbourne Victory dan menjalani debutnya pada di tim senior pada 2015 pada ajang FFA Cup Australia.

Di tahun yang sama, Deng menjalani debut di A-League bersama Melbourne. Bakat Deng tercium hingga Eropa hingga akhirnya dipinjam Jong PSV selama satu musim pada Juni 2016.

Namun, Deng tak banyak mendapat kesempatan di sana karena cuma tampil 5 kali. Di musim selanjutnya, dia kembali ke Melbourn Victory.

Setelah lima tahun di Melbourne Victory dengan memberikan satu gelar A-League, Thomas Deng memperluas kariernya dengan bergabung bersama Urawa Red Diamond pada Januari 2020.

Sejak bergabung dengan Urawa Red, Deng banyak mendapat kesempatan dengan tampil 25 kali di semua ajang.

Adapun, karier Thomas Deng di tim nasional dimulai saat dia masuk ke skuat Australia untuk Piala Asia U-23 2016.

Dia kemudian menjalani debut di tim nasional senior Australia pada laga persahabatan melawan Kuwait pada Oktober 2018.

Deng juga berandil besar membawa Australia U-23 menempati posisi ketiga pada Piala Asia U-23 2020 di Thailand.

Di ajang Olimpiade Tokyo 2020, Thomas Deng lantas dipercaya menjadi kapten. Dia mencetak satu gol dalam kemenangan 2-0 Australia atas Argentina. Namun sayangnya Thomas Deng gagal membawa Australia lolos dari fase grup.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini