Profil Timnas Australia U-23: Daftar Pemain, Pelatih, hingga Prestasi

Australia merupakan raksasa Asia. Di ajang Piala Asia U-23, pretasi terbaik mereka adalah melangkah ke semifinal

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:34 WIB
Timnas Australia U-23 di Piala Asia U-23 2019. (Dok. Socceroos)

Timnas Australia U-23 di Piala Asia U-23 2019. (Dok. Socceroos)

Bolatimes.com - Timnas Australia U-23 menjadi satu-satunya lawan yang tersisa bagi timnas Indonesia U-23 pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Hal ini karena dua kontestan lain yang tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, China dan Brunei Darussalam, memutuskan untuk mengundurkan diri.

Bisa dibilang, Australia U-23 bakal menjadi lawan yang tangguh untuk timnas Indonesia U-23. Sebab, ada sederet pemain lawan yang terhitung berkualitas.

Baca Juga: Tak Ikut ke Tajikistan, Ini Alasan Rachmat Irianto Pulang ke Indonesia

Skuad Australia U-23 memang banyak diperkuat pemain-pemain yang berkompetisi di liga domestik. Namun, banyak pula yang saat ini berkarier di luar negeri.

Beberapa nama pemain muda Australia itu juga berstatus sebagai pemain klub Liga Inggris, di antaranya yakni Jay Rich-Baghueloue (Crystal Palace), Harry Souttar (Stoke City), Riley McGree (Birmingham City), dan Caleb Watts (Southampton).

Selain nama-nama itu, masih ada beberapa nama yang kini tengah berkarier di Jepang, Belanda, hingga Jerman.

Baca Juga: Bangkitkan Pemain yang Tenggelam, Shin Tae-yong Bangga Antar Timnas Menang

Prestasi Timnas Australia U-23

Pada ajang Piala Asia U-23, Australia memang menjadi salah satu kontestan yang tampil reguler. Artinya, mereka sudah sering lolos ke putaran final.

Setidaknya, Australia sudah empat kali tercatat sebagai peserta ajang Piala Asia U-23. Pertama kali, mereka tampil pada kejuaraan ini pada edisi 2013 yang saat itu digelar di Oman.

Baca Juga: Kalahkan Austria, Denmark Jadi Tim Kedua yang Lolos ke Piala Dunia 2022

Hasilnya, Australia sukses melaju hingga babak perempat final. Mereka sukses lolos dari Grup C sebagai jawara. Namun, tumbang pada babak delapan besar dari Arab Saudi.

Sementara pada dua edisi selanjutnya, yakni pada 2016 dan 2018, kiprah Australia tak begitu impresif. Sebab, langkah mereka terhenti pada babak penyisihan grup.

Prestasi terbaik Australia pada Piala Asia U-23 tercipta pada edisi 2020. Dalam kejuaraan yang berlangsung di Thailand itu, mereka sukses melaju hingga semifinal.

Baca Juga: Hattrick Ronaldo Antar Portugal Menang, Begini Respons Orang Terdekat

Sayangnya, Australia dijegal Korea Selatan yang kemudian menjadi kampiun. Adapun pada perebutan tempat ketiga, Australia sukses menang tipis 1-0 atas Uzbekistan.

Staf Pelatih: Gary van Egmond

Timnas Australia U-23 saat ini berada di bawah asuhan Gary van Egmond. Sebelumnya, van Egmond berstatus sebagai pelatih timnas Australia U-20.

Dia kemudian naik jabatan setelah pelatih sebelumnya, Graham Arnold, memutuskan undur diri pascahasil buruk yang diraih Young Socceross pada Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, Van Egmond juga membantu pelatih Graham Arnold untuk memberikan rekomendasi terkait nama pemain timnas Australia U-23.

Selain Gary van Egmond yang berstatus sebagai caretaker, tiga asisten pelatih yang membantunya ialah Tony Vidmar, Kenny Lowe, dan Rene Meulensteen.

Sebagai informasi, nama yang disebut terakhir merupakan mantan asisten Sir Alex Ferguson saat mengasuh Manchester United.

Daftar Pemain Timnas Australia U-23:

Kiper

Tom Glover (Melbourne City FC)

Daniel Margush (Western Sydney Wanderers)

Jordan Holmes (Brisbane Roar)

Bek

Thomas Deng (Urawa Red Diamonds)

Joshua Laws (Wellington Phoenix)

Tass Mourdoukoutas (Western Sydney Wanderers)

Dylan Ryan (FC Den Bosch)

Connor O’Toole (Sidney FC)

Alex Gersbach (Grenoble Foot 38)

Gabriel Cleur (Virtus Entella)

Jay Rich-Baghuelou (Crystal Palace)

Harry Souttar (Stoke City)

Gelandang

Riley McGree (Birmingham City)

Caleb Watts (Southampton)

Conor Metcalfe (Melbourne City FC)

Keanu Baccus (Western Sydney Wanderers)

Aiden O’Neill (Melbourne City FC)

Zachary Duncan (Aarhus GF)

Daniel Bouman (Central Coast Mariners)

Denis Genreau (FC Toulouse)

Ramy Najjarine (Western Sydney Wanderers)

Penyerang

Reno Piscopo (Wellington Phoenix)

Ben Folami (Melbourne Victory)

Jacob Italiano (Borussia Mönchengladbach II)

Nick D’Agostino (Melbourne Victory)

Trent Buhagiar (Sydney FC)

Alhassan Toure (Adelaide United)

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak