Boladunia

Profil Timnas Australia U-23: Daftar Pemain, Pelatih, hingga Prestasi

Australia merupakan raksasa Asia. Di ajang Piala Asia U-23, pretasi terbaik mereka adalah melangkah ke semifinal

Irwan Febri Rialdi

Timnas Australia U-23 di Piala Asia U-23 2019. (Dok. Socceroos)
Timnas Australia U-23 di Piala Asia U-23 2019. (Dok. Socceroos)

Bolatimes.com - Timnas Australia U-23 menjadi satu-satunya lawan yang tersisa bagi timnas Indonesia U-23 pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Hal ini karena dua kontestan lain yang tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, China dan Brunei Darussalam, memutuskan untuk mengundurkan diri.

Bisa dibilang, Australia U-23 bakal menjadi lawan yang tangguh untuk timnas Indonesia U-23. Sebab, ada sederet pemain lawan yang terhitung berkualitas.

Skuad Australia U-23 memang banyak diperkuat pemain-pemain yang berkompetisi di liga domestik. Namun, banyak pula yang saat ini berkarier di luar negeri.

Beberapa nama pemain muda Australia itu juga berstatus sebagai pemain klub Liga Inggris, di antaranya yakni Jay Rich-Baghueloue (Crystal Palace), Harry Souttar (Stoke City), Riley McGree (Birmingham City), dan Caleb Watts (Southampton).

Selain nama-nama itu, masih ada beberapa nama yang kini tengah berkarier di Jepang, Belanda, hingga Jerman.

Prestasi Timnas Australia U-23

Pada ajang Piala Asia U-23, Australia memang menjadi salah satu kontestan yang tampil reguler. Artinya, mereka sudah sering lolos ke putaran final.

Setidaknya, Australia sudah empat kali tercatat sebagai peserta ajang Piala Asia U-23. Pertama kali, mereka tampil pada kejuaraan ini pada edisi 2013 yang saat itu digelar di Oman.

Hasilnya, Australia sukses melaju hingga babak perempat final. Mereka sukses lolos dari Grup C sebagai jawara. Namun, tumbang pada babak delapan besar dari Arab Saudi.

Sementara pada dua edisi selanjutnya, yakni pada 2016 dan 2018, kiprah Australia tak begitu impresif. Sebab, langkah mereka terhenti pada babak penyisihan grup.

Prestasi terbaik Australia pada Piala Asia U-23 tercipta pada edisi 2020. Dalam kejuaraan yang berlangsung di Thailand itu, mereka sukses melaju hingga semifinal.

Sayangnya, Australia dijegal Korea Selatan yang kemudian menjadi kampiun. Adapun pada perebutan tempat ketiga, Australia sukses menang tipis 1-0 atas Uzbekistan.

Staf Pelatih: Gary van Egmond

Timnas Australia U-23 saat ini berada di bawah asuhan Gary van Egmond. Sebelumnya, van Egmond berstatus sebagai pelatih timnas Australia U-20.

Dia kemudian naik jabatan setelah pelatih sebelumnya, Graham Arnold, memutuskan undur diri pascahasil buruk yang diraih Young Socceross pada Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, Van Egmond juga membantu pelatih Graham Arnold untuk memberikan rekomendasi terkait nama pemain timnas Australia U-23.

Selain Gary van Egmond yang berstatus sebagai caretaker, tiga asisten pelatih yang membantunya ialah Tony Vidmar, Kenny Lowe, dan Rene Meulensteen.

Sebagai informasi, nama yang disebut terakhir merupakan mantan asisten Sir Alex Ferguson saat mengasuh Manchester United.

Daftar Pemain Timnas Australia U-23:

Kiper

Tom Glover (Melbourne City FC)

Daniel Margush (Western Sydney Wanderers)

Jordan Holmes (Brisbane Roar)

Bek

Thomas Deng (Urawa Red Diamonds)

Joshua Laws (Wellington Phoenix)

Tass Mourdoukoutas (Western Sydney Wanderers)

Dylan Ryan (FC Den Bosch)

Connor O’Toole (Sidney FC)

Alex Gersbach (Grenoble Foot 38)

Gabriel Cleur (Virtus Entella)

Jay Rich-Baghuelou (Crystal Palace)

Harry Souttar (Stoke City)

Gelandang

Riley McGree (Birmingham City)

Caleb Watts (Southampton)

Conor Metcalfe (Melbourne City FC)

Keanu Baccus (Western Sydney Wanderers)

Aiden O’Neill (Melbourne City FC)

Zachary Duncan (Aarhus GF)

Daniel Bouman (Central Coast Mariners)

Denis Genreau (FC Toulouse)

Ramy Najjarine (Western Sydney Wanderers)

Penyerang

Reno Piscopo (Wellington Phoenix)

Ben Folami (Melbourne Victory)

Jacob Italiano (Borussia Mönchengladbach II)

Nick D’Agostino (Melbourne Victory)

Trent Buhagiar (Sydney FC)

Alhassan Toure (Adelaide United)

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini