Boladunia

Borong 2 Gol Lawan Gibraltar, Depay Lewati Rekor Legenda Timnas Belanda

Depay cetak dua gol saat Belanda lumat Gibraltar 2-0.

Rauhanda Riyantama

Memphis Depay cetak gol saat Belanda mengalahkan Gibraltar 6-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. (JOHN THYS / AFP)
Memphis Depay cetak gol saat Belanda mengalahkan Gibraltar 6-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. (JOHN THYS / AFP)

Bolatimes.com - Memphis Depay sukses mencetak dua gol saat Belanda mengalahkan Gibraltar 6-0 dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Selasa (12/10/2021) dini hari WIB.

Berkat dua gol tersebut, Depay menjadi pesepak bola Belanda pertama dalam sejarah yang mencetak 14 gol dalam satu tahun kalender.

Menurut laporan Opta, Selasa (12/10/2021), jumlah itu melampaui rekor yang sebelumnya dicatatkan Patrick Kluivert yang mengemas 12 gol untuk Belanda dalam satu tahun kalender.

Dalam pertandingan di Stadion de Kuip itu, Memphis Depay memang tampil luar biasa. Dia menjadi inisiator gol pembuka Belanda yang dicetak Virgil van Dijk pada menit ke-9.

Depay kemudian mencatatkan namanya sendiri untuk gol kedua dan ketiga Belanda pada menit ke-21 dan 45+3, sebelum mencatatkan assist pada gol keenam yang dicetak Donyell Malen empat menit jelang waktu normal berakhir.

Memphis Depay sejatinya punya peluang untuk mencetak hattrick dalam laga ini. Namun hadiah penalti pada menit ke-19 gagal dia konversi menjadi gol.

Torehan dua gol dan dua assist menjadi bukti on fire-nya Memphis Depay tahun ini. Sepanjang kualifikasi Piala Dunia, dia telah mengemas sembilan gol dan delapan assist hanya dari delapan pertandingan.

Jika ditarik lebih jauh, performa Memphis Depay pada 2021 ini memang begitu gemilang. Jika total gol dan assistnya digabungkan, dia hampir sejajar dengan nama-nama beken seperti Robert Lewandowski dan Lionel Messi.

Total gol dan assist Memphis Depay tahun ini mencapai 48. Dia hanya kalah dari Lewandowski (58), Lionel Messi (52), dan Erling Haaland (51).

(Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini