Boladunia

Prihatin Tragedi Jerman dan Turki, Ilkay Guendogan Tergerak Lakukan Ini

Ilkay Guendogan berjanji melakukan aksi mulia untuk tanah kelahirannya, Jerman dan Turki setelah dilanda bencana alam pada pertengahan 2021 lalu.

Irwan Febri Rialdi

gundogan/instagram
gundogan/instagram

Bolatimes.com - Gelandang Manchester City, Ilkay Guendogan, tergerak lakukan amal setelah prihatin dengan tragedi bencana yang terjadi di Jerman dan Turki.

Ilkay Guendogan berjanji melakukan aksi mulia untuk tanah kelahirannya, Jerman dan Turki setelah dilanda bencana alam pada pertengahan 2021 lalu.

Prihatin dengan bencana alam yang terjadi di Jerman dan Turki, Ilkay Guendogan berjanji akan menanam sebanyak 5 ribu pohon.

Dilansir dari laman resmi Manchester City, Jerman diterjang banjir parah pada Juli lalu, disertai luapan sungai akibat curah hujan ekstrem.

Sementara Turki tengah terkena dampak dari kebakaran hutan yang membuat suhu di negara tersebut melonjak, Guendogan pun memilih menanam pohon.

Aksi amal ini juga tak lepas dari Guendogan yang memiliki keluarga di Turki dan Jerman sehingga ia tergerak melakukan hal tersebut.

"Banyak berita mengenai banjir di Jerman dan kebakaran di Turki, saya sangat prihatin dengan kedua tragedi bencana alam ini," ucap Guendogan.

"Bagi saya yang memiliki keluarga dan teman di kedua negara tersebut, sangat sulit untuk percaya.

"Karena kedua peristiwa ini sangat bertolak belakang dan ekstrim, tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan iklim menyebabkan ini terjadi," imbuhnya.

Alasan menanam pohon dipilih Guendogan karena menurutnya hal itu sangat penting untuk dilakukan dan bermanfaat, tak hanya bagi manusia tetapi juga iklim dunia.

"Kita harus sadar, semua harus berada di tempat yang sama. Selama pandemi Covid-19 sangat mungkin untuk membuat keputusan politik yang cepat," ujar Guendogan.

"Akan tetapi, seringkali begitu rumit untuk bisa mendapatkan perlindungan dari iklim. Bahkan saat di sekolah dasar.

"Kita belajar betapa pentingnya pohon bagi manusia dan iklim, saya ingin berperan meskipun kecil dengan kampanye ini untuk menarik banyak perhatian.

"Utamanya pada masalah ini, serta turut menyumbangkan dukungan keuangan." imbuhnya.

Selain itu Guendogan juga menggalang dana melalui penjualan dua tiket VIP laga Borussia Dortmund melawan FC Koln dalam lanjutan Bundesliga akhir Oktober nanti.

Guendogan juga bakal melelang sepasang sepatu sepak bola Adidas Copa yang sudah dibubuhi tanda tangannya di laga tersebut.

Tentu Guendogan tak sendiri, dalam hal ini ia bekerja sama dengan United Charity, sebuah lembaga lelang terbesar di Eropa.

Menurut laporan The Sun, total perkiraan nilai lelang gabungan itu bisa mencapai 8 ribu poundsterling atau sekitar Rp154 juta.

Tak sampai disitu, Man City juga meluncurkan paket spesial yang harganya diperkirakan bakal menjadi paling mahal yakni mencapai 25 ribu pounds atau sekitar Rp48 juta.

Hadiah menarik bakal didapat pemenang lelang, yakni tiket spesial laga Man City melawan West Ham United, dengan dua jersey dan sepatu Adidas Copa.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini