Boladunia

Mino Raiola hingga Jorge Mendes, 4 Agen Pemain Paling Mahal Saat Ini

Ada agen Cristiano Ronaldo hingga Paul Pogba

Irwan Febri Rialdi

Agen Matthijs De Ligt, Mino Raiola. (JOSEP LAGO / AFP)
Agen Matthijs De Ligt, Mino Raiola. (JOSEP LAGO / AFP)

Bolatimes.com - Kehadiran agen pemain menjadi hal yang tak terpisahkan di sepak bola modern. Pekerjaan ini pun disebut sebagai salah satu profesi atau bisnis yang menguntungkan.

Secara umum tugas dari seorang agen adalah menjadi jembatan penghubung bagi para pemain ketika akan pindah atau mengurusi masalah kontrak dengan klub.

Kehadiran agen menjadi penting agar sang pemain bisa mendapatkan kesepakatan terbaik. Di era sekarang, agen pun bisa menjadi sumber berita atau rumor seorang pemain.

Dari banyaknya agen pemain di seluruh dunia, ada beberapa agen yang dianggap paling tenar karena merupakan agen dari para pemain top dunia. Siapa saja mereka?

1. Mino Raiola

Daftar agen paling mahal saat ini yang pertama adalah Mino Raiola. Sosok keturunan Belanda-Italia itu merupakan agen dari banyak pemain bintang seperti Zlatan Ibrahimovic, Romelu Lukaku, hingga Paul Pogba.

Diperkirakan nilai kontrak dari para pemain di bawah naungan Raiola itu mencapai 621 juta poundsterling atau setara Rp 12 triliun.

2. Volker Struth

Tidak seperti Raiola yang kliennya tersebar di berbagai belahan negara, Struth merupakan agen pemain yang cenderung mendominasi di pasar Liga Jerman dan pemain asal Jerman.

Beberapa pemain yang ada di bawah naungannya seperti Toni Kroos, Dayot Upamecano, dan Niklas Sule. Ketiga pemain di atas saja nilai kontraknya sudah mencapai 307 juta poundsterling.

3. Jonathan Barnett

Agen termahal di dunia saat ini berikutnya adalah Barnett yang merupakan agen dari Jack Grealish hingga Gareth Bale. Baru-baru ini Barnett bahkan mencatatkan rekor transfer di Inggris usai Grealish pindah dari Aston Villa ke Manchester City.

Beberapa pemain Inggris lain yang juga jadi klien Barnett adalah Jordan Pickford, Luke Shaw, hingga Ben Chilwell. Di luar Inggris, pemain-pemain macam Saul Niguez hingga Eduardo Camavinga juga jadi klien Barnett.

4. Jorge Mendes

Sebagai salah satu aktor penting dalam berdirinya agensi sepak bola GestiFute, sepak terjang Jorge Mendes sebagai agen pemain tak perlu diragukan lagi.

Beberapa pemain kelas dunia jadi kliennya seperti Ruben Dias, Bernardo Silva, Joao Cancelo, hingga Fabinho.

Tentu saja satu klien spesial Mendes selanjutnya adalah Cristiano Ronaldo. Musim ini dia membantu CR7 kembali ke Manchester United.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini