Boladunia

Yosuhiko Okudera, Pemain dari Liga Amatir Jepang yang Direkrut Klub Jerman

Yosuhiko Okudera pemain Jepang pertama yang berkarier di Jerman.

Rauhanda Riyantama

Yasuhiko Okudera saat bermain di FC Koln. (Twitter/@thesefootytimes)
Yasuhiko Okudera saat bermain di FC Koln. (Twitter/@thesefootytimes)

Bolatimes.com - Ada sosok pemain asal Jepang yang bermain di Bundesliga. Namanya mungkin asing yakni Yasuhiko Okudera. Tapi tahukah, dialah orang dari Negeri Matahari Terbit pertama yang bermain di Liga Jerman secara profesional.

Kisah ini terjadi pada 5 Oktober 1977. Ketika itu, Jepang belum berkompetisi resmi layaknya saat ini. Sistem yang mereka gunakan adalah kompetisi amatir, sebab J League terbentuk pada 1992.

Okudera mulanya bermain sepak bola di klub Furukawa Electric. Nama Electric sendiri adalah sebuah perusahaan tempat Okudera bekerja.

Kendati belum memiliki kompetisi resmi yang dikelola secara profesional, namun Timnas Jepang sudah terbentuk. Ketika itu, pada 1977, mereka mengadakan tur ke Jerman Barat.

Pertemuan Timnas Jepang vs Jerman Barat memantik perhatian pelatih FC Koln yang ketika itu dinahkodai oleh Hennes Weisweiler. Alhasil, tawaran datang kepada Okudera untuk bermain di FC Koln.

Okudera tak lantas menerima pinangan tim tersebut begitu saja. Ia sempat ragu karena tak ada sosok pemain Jepang yang berkarie di Jerman.

Yasuhiko Okudera saat bermain di FC Koln. (Twitter/@philharrison192)
Yasuhiko Okudera saat bermain di FC Koln. (Twitter/@philharrison192)

Terlebih, usianya sudah 25 tahun. Okudera sempat bimbang karena harus meninggalkan perusahaan tempat dia bekerja dan keluarganya juga tampak ragu-ragu melepasnya pergi.

Akhirnya keluarga Okuhera mendapat garansi. Alhasil, dia terbang ke Jerman untuk bergabung dengan FC Koln.

Penampilan Okuhera seketika menggeliat. Sebab, di musim perdana saja, dia sukses mengantar Koln juara Bundesliga dan DFB Pokal. Tercatat, Okuhera mentas sebanyak 24 kali dengan torehan 6 gol.

Lanjut ke musim berikutnya, performa Okuhera mengendur. Namun, dirinya sukses mengantarkan Koln ke Liga Champions sebelum disingkitkan Nottingham Forrest.

Usai di Koln, Okuhera masih menetap di Jerman. Beberapa klub sempat ia singgahi yakni Herta BSC dan Weder Bremen.

Dari dua klub itu, Okudera tak pernah lagi meraih gelar juara. Paling banter runner-up saat berbaju Bremen dan sepanjang kariernya di sana Okudera mencatatkan 313 penampilan dengan 41 gol.

Setelah malang melintang di Jerman, Okudera pulang ke Jepang. Dia tak ke mana-mana karena Furukawa Electric kembali menggunakan jasanya.

Pada 1988, Okudera menyatakan pensiun dari lapangan hijau. Sebelum itu, dia pernah mempersembahkan gelar Liga Champions Asia untuk perusahaan tempat ia bekerja.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini