Boladunia

7 Klub Sepak Bola yang Punya Kaitan Erat dengan Militer

7 klub ini sebagian besar pemainnya merupakan anggota militer.

Rauhanda Riyantama

Potret pemain CSKA Moskwa. (Instagram/pfc_cska)
Potret pemain CSKA Moskwa. (Instagram/pfc_cska)

Bolatimes.com - Militer dan sepak bola nyatanya bisa berelaborasi. Sebab, sejak dahulu, sudah ada para pasukan tempur yang bermain bola dalam kompetisi resmi.

Di Indonesia, kita mengenal Bhayangkara FC. Klub yang dijuluki The Guardian ini mayoritas dihuni oleh para personel kepolisian RI.

Di bawah ini, ada sejumlah klub yang juga berasal dari militer. Berikut Bolatimes rangkum dari berbagai sumber.

1. CSKA Moskwa

Pada 1911, CSKA Moskwa lahir dan dihuni oleh para komunis yang berjaya di Uni Soviet. Berisikan para tentara, klub ini masuk dalam jajaran tersukses di negara mereka setelah Perang Dunia II.

Namun, usia kejayaan komunis Soviet runtuh, klub ini sempat menjadi perebutan antara Kementerian Pertahanan Nasional Rusia dengan Tentara Nasional Rusia.

2. Army United

Army merupakan klub asal Thailand. Mereka berkompetisi di level kedua sepak bola Negeri Gajah Putih.

Adapun, Army United berisikan para pemain yang mayoritas berprofesi sebagai Angkatan Darat (AD) dan Kepolisian. Nah, soal keikutsertaan mereka di sepak bola, karena mereka militer, para pemain hanya bisa berlatih di akhir pekan. 

3. Navy United

Navy United juga berasal dari Thailand. Untuk klub ini, mayoritas pemainnya berasal dari Angkatan Laut (AL).

Yang membedakan Navy dan Army soal keikutsertaan mereka di sepak bola Thailand. Navy, bermain di Thai League alias bermain di level tertinggi sepak bola Thailand kendati hanya menghuni papan bawah.

4. Warriors FC

Warriors berasal dari Singapura. Mayoritas pemain mereka adalah para angkatan militer.

Klub ini sudah berdiri sejak 1975. Tujuan klub ini didirikan adalah menampung hobi para angkatan militer Singapura untuk bermain sepak bola.

Warriors terbilang berprestasi di Singapura. Pasalnya, sudah sembilan kali menjuarai mereka Liga Singapura dan empat kali mengikuti kompetisi AFC Cup.

4. CSKA Sofia

Bulgaria punya CSKA Sofia yang berasal dari militer. Mereka adalah salah satu klub tersukses di negara mereka jika bicara soal sepak bola.

Tercatata, CSKA Sofia sudah memenangi  31 trofi Liga Bulgaria. Mereka juga sudah 2 kali menembus semifinal Liga Champions.

5. Dynamo Dresden

Dresden berasal dari Jerman. Mereka berisikan para kepolisian yang sudah didirikan sejak Perang Dunia I.

Hanya, usai Perang Dunia II sempat terjadi polemik di tubuh tim. Salah satunya memiliki banyak kesulitan yang diakibatkan oleh pejabat tinggi kepolisian setempat. 

Klub ini sejatinya memiliki reputasi yang baik, salah satunya sempat berhadapan dengan klub-klub populer Eropa di Liga Champions. Kini, Dynamo Dresden bermain di Divisi 2 Liga Jerman.

6. Philippine Army GTI

Pada 1960, Tentara Nasional Filipina mendirikan klub sepak bola. Mulanya, GTI dibentuk untuk mempromosikan olahraga dan kebugaran fisik oleh pihak tentara Filipina. 

Namun, GTI bertransformasi menjadi klub sepak bola profesional. Terkini, GTI bermain di Divisi 2 Liga Filipina.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini