Boladunia

5 Stadion Sepak Bola yang Memiliki Lebih dari Satu Nama

Unik banget, 5 stadion ini punya dua nama berbeda.

Rauhanda Riyantama

Potret Stadion San Siro. (MIGUEL MEDINA / AFP)
Potret Stadion San Siro. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Bolatimes.com - Selain logo dan jersey, stadion juga bisa menjadi ikon bagi sebuah klub sepak bola. Kehadiran stadion sebagai markas seolah menjadi homebase dan kebanggan bagi para suporter.

Selain itu, stadion juga merupakan salah satu aspek pemasukan untuk klub. Dari penjualan tiket atau event lain yang berlangsung di stadion tersebut.

Seiring berjalannya waktu, stadion yang dimiliki oleh sebuah tim bisa berubah nama. Beberapa hal yang memengaruhinya seperti hadirnya sponsor yang mengakuisisi stadion atau klub tersebut.

Di jagat sepak bola, ada beberapa stadion yang memiliki sebutan lebih dari satu nama. Berikut ulasan ringkasnya.

1. San Siro

Stadion pertama yang memiliki lebih dari sebutan adalah kandang dari dua klub Italia, AC Milan dan Inter Milan.

Saat pertama kali digunakan pada 1926, arena ini masih bernama San Siro dan digunakan hanya oleh AC Milan. Namun, Milan menjual kepemilikan stadion ke Pemerintahan Kota Milan.

Inter lantas menyewa Stadion San Siro sejak musim 1947/48 dan sejak saat itu menjadi kandang dari dua klub Milan ini. Kemudian pada 1980, Stadion San Siro diganti namanya menjadi Stadion Giuseppe Meazza.

Pergantian nama ini sebagai penghormatan untuk Giuseppe Meazza yang merupakan legenda Italia, Inter, dan Milan. Sejak saat itu fans Inter menyebut stadion ini sebagai Stadion Giuseppe Meazza, sedangkan pendukung AC Milan masih menyebutnya Stadion San Siro.

2. Boleyn Ground

Boleyn Ground pertama kali dibuka pada 1904 memiliki nama lain Uptown Park. Stadion ini kemudian digunakan oleh West Ham sejak pertama kali dibuka.

Namun, West Ham pindah ke London Stadium atau Olympic Stadium pada pertengahan 2017. Laga terakhir The Hammers di Boleyn Ground terjadi saat mengalahkan Manchester United laga Premier League 2016.

3. Highbury

Stadion ini menjadi begitu ikonik dan lekat dengan Arsenal. Highbury pertama kali dibuka pada September 1913 dan sejak saat itu selalu digunakan sebagai kandang Arsenal hingga 2006.

Selain bernama Highbury, stadion ini dulunya juga dikenal dengan nama Arsenal Stadium. Adapun, stadion ini sudah dirobohkan dan menjadi komplek apartemen. Setelah dihancurkan, Arsenal kemudian pindah ke Emirates Stadium sejak 2006 hingga sekarang.

4. Westfalenstadion

Saat ini kandang Borussia Dortmund memang dikenal dengan sebutan Signal Iduna Park. Namun sebetulnya stadion ini dulunya bukan bernama itu.

Ketika pertama kali dibuka pada April 1974, markas Dortmund ini bernama Westfalenstadion. Namun, pada 2005 nama stadion ini diubah menjadi Signal Iduna Park karena alasan sponsor.

5. Celtic Park

Pertama kali dibuka pada 1892, Celtic Park merupakan markas dari klub asal Skotlandia, Celtic. Stadion ini memiliki kapasitas hingga 60.411 tempat duduk.

Nyatanya para suporter Celtic sendiri punya sebutan lain untuk markas tim kebanggan mereka, yaitu Parkhead atau Paradise. Parkhead sendiri merupakan nama daerah di mana Celtic Park berdiri.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini