Boladunia

2 Pemain Dipanggil Timnas, Jacksen F Tiago Ajukan Permintaan Khusus ke PSSI

Dua pemain Persipura Jayapura, Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek, dibawa ke Thailand untuk menghadapi Taiwan

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago (Dok: pssi.org)
Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago (Dok: pssi.org)

Bolatimes.com - Dua pemain Persipura Jayapura, Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek, terpilih untuk membela Timnas Indonesia yang akan melawan Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Terkait pemanggilan tersebut, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago berharap adanya dispensasi dari PSSI. Sebab, Mutiara Hitam --julukan Persipura-- masih akan bertanding melawan Madura United pada pekan keenam Liga 1 2021/2022, 3 Oktober mendatang.

Rombongan Timnas Indonesia dijadwalkan bertolak ke Thailand di hari yang sama. Adapun pertandingan tim Merah Putih kontra Taiwan berlangsung pada 7 dan 11 Oktober 2021.

Pelatih Persipura, Jackson F Tiago memimpin latihan tertutup tim di Jayapura. [ANTARA/HO/Humas Persipura]
Pelatih Persipura, Jackson F Tiago memimpin latihan tertutup tim di Jayapura. [ANTARA/HO/Humas Persipura]

"Semoga dua pemain kami bisa bermain pada pekan keenam, dan setelah itu mereka dapat berangkat ke Thailand bersama Timnas Indonesia," kata Jacksen F Tiago dalam jumpa pers virtual, Rabu (29/9/2021).

"Kami perlu komunikasikan dengan PSSI. Kalau diberikan izin, dua pemain itu bisa bermain dengan kami, setelah itu mereka kembali ke Timnas Indonesia," jelasnya.

Terlepas dari kebutuhan tim Persipura saat ini, Jacksen mengaku bangga Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek dapat mewakili Persipura di Timnas Indonesia.

Akan tetapi, Jacksen memikirkan dampak dari kepergian dua pemainnya itu. Sebab, ada beberapa pemain yang kini tak bisa membela Persipura karena dibekap cedera.

"Saya sebagai pelatih dan orang asing pasti sangat bersyukur. Kami mendapatkan kehormatan pemain kami dapat terpilih ke Timnas Indonesia," terangnya.

"Namun, pasti ada pengaruh untuk kami setelah mereka dipanggil ke Timnas Indonesia. Sebab, ada beberapa pemain terutama pemain asing yang masih belum bisa main," pungkas mantan pelatih barito Putera itu.

Adapun penampilan Persipura di Liga 1 2021/2022 juga belum bagus. Dari lima partai yang sudah dijalani, mereka baru mendapatkan satu kemenangan.

Sisanya berakhir dengan tiga kekalahan dan satu hasil imbang. Kini, tim kebanggaan masyarakat Papua itu berada di posisi 14 klasemen sementara Liga 1 2021.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini