Boladunia

Ukuran Lapangan Futsal Sesuai Standar FIFA

FIFA membagi ukuran lapangan futsal ke dalam dua kategori.

Rauhanda Riyantama

Timnas futsal Indonesia takluk dari Thailand di final Piala AFF Futsal 2019 yang dihelat di Vietnam, Minggu (27/10/2019). [@affpresse / Twitter]
Timnas futsal Indonesia takluk dari Thailand di final Piala AFF Futsal 2019 yang dihelat di Vietnam, Minggu (27/10/2019). [@affpresse / Twitter]

Bolatimes.com - Olahraga futsal telah mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir. Terlebih, FIFA sebagai federasi sepak bola dunia juga memiliki Laws of the Games olahraga tersebut.

Futsal awalnya dimainkan sebagai olahraga rekreasi untuk mengisi waktu luang. Selain itu, futsal hadir sebagai jawaban dari minimnya sarana lapangan sepak bola yang memadai.

Seiring perkembangan zaman, futsal menjadi olahraga prestasi. Hal ini selaras dengan semakin banyaknya orang-orang yang mulai menggeluti olahraga ini.

Seperti yang sudah disebutkan, futsal juga berada di bawah naungan FIFA sebagai federasi dunia. Dalam Laws of the Games, FIFA mengatur beberapa hal di dalam permainan futsal.

Salah satu di antaranya yang diatur dalam Laws of the Games adalah ukuran lapangan futsal yang sesuai dengan standar. FIFA membagi ukuran lapangan ini ke dalam dua kategori.

Ukuran Lapangan

Pertama, untuk ukuran lapangan pertandingan kategori non-internasional atau turnamen domestik dan sebagainya, panjang lapangan bisa disesuaikan antara 25 meter hingga 42 meter. Sementara untuk ukuran lebar lapangan antara 16 meter sampai 25 meter.

Dengan ukuran lapangan ini, dipergunakan untuk pertandingan futsal skala nasional seperti kompetisi domestik, turnamen kelompok umur, atau kejuaraan pelajar.

Untuk material dasar lapangan bisa disesuaikan mulai dari menggunakan rumput sintetis, polypropylene. Bisa juga, lapangan memakai yang berbahan vinyl, yang sering disebut dengan rubber yaitu terbuat dari bahan yang mirip dengan karet, sehingga permukaannya lebih empuk dan halus.

Kedua, ukuran lapangan untuk pertandingan-pertandingan level internasional yang mengacu pada Laws of the Games FIFA adalah panjang lapangan diperbolehkan antara 38 meter hingga 42 meter.

Sementara untuk lebar lapangan tidak boleh kurang atau lebih dari 20 sampai 25 meter. Material lapangan yang digunakan juga biasanya berbahan vinyl.

Ukuran Tiang Gawang

Laws of the Games FIFA juga mengatur ukuran tiang gawang yang digunakan dalam futsal. Namun, berbeda dengan luas lapangan, ukuran tiang gawang skala nasional atau internasional tidak berbeda.

Gawang yang digunakan harus memiliki tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Lingkaran tengah lapangan juga harus memiliki jari-jari tak lebih dari 3 meter.

Untuk area penalti harus membentuk garis seperempat lingkaran yang memiliki jari-jari 6 meter.

Untuk titik penalti dalam lapangan futsal memiliki dua titik di masing-masing zona yakni titik terdekat dengan gawang dan titik terjauh dari gawang.

Titik penalti pertama berjarak 6 meter dari tengah-tengah antara kedua tiang gawang. Sedangkan, titik penalti kedua berjarak 10 meter dari tengah-tengah antara kedua tiang gawang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini