Boladunia

7 Pemain Asia yang Pernah Cetak Hattrick di Kompetisi Eropa

Berikut tujuh pemain asal Asia yang pernah bikin hattrick di kompetisi Eropa.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-Min usai mencetak gol ke gawang Red Star Belgrade di Liga Champions. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)
Selebrasi pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-Min usai mencetak gol ke gawang Red Star Belgrade di Liga Champions. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Bolatimes.com - Eksistensi pemain Asia di sepak bola Eropa kini sudah semakin sering terlihat. Bahkan banyak di antara mereka yang memperkuat tim-tim papan atas Benua Biru.

Kesempatan bisa bermain di Eropa menunjukkan bahwa pemain-pemain asal Asia ini punya potensi dan bakat yang lebih menonjol daripada pemain-pemain lain.

Sejumlah pemain Asia juga sudah membuktikan diri dengan meraih sejumlah pencapaian, misalnya dalam hal mencetak gol.

Beberapa pemain Asia ternyata pernah menunjukkan ketajamannya di Eropa dengan mencetak hattrick. Lantas, siapa saja pemain Asia yang pernah mencetak trigol di kompetisi sepak bola Eropa? Berikut ulasannya.

1. Son Heung-min

Dianggap sebagai pemain Asia paling menonjol saat ini, Son membuktikan dirinya bisa sangat tajam di lini depan lewat kontribusi golnya. Sebelum bergabung dengan Tottenham Hotspur, Son tercatat pernah mencetak hattrick bersama Bayer Leverkusen.

Tak cuma sekali, Son mencetak dua kali hattrick di Bundesliga bersama Leverkusen pada musim 2013/14 dan 2014/15. Setelah pindah ke Spurs, Son semakin tajam.

Pemain asal Korea Selatan itu bahkan pernah mencetak 4 gol di pentas Premier League saat Spurs melumat Southampton 5-2.

2. Shinji Kagawa

Sebelum Son, Kagawa merupakan pemain Asia pertama yang sukses mencetak hattrick di Premier League. Momen ini terjadi saat Mmnchester United mengalahkan Norwich City di musim 2012/13.

Man United menang 4-0. Di akhir musim, The Red Devils juga keluar sebagai juara Liga Inggris dan Kagawa menjadi pemain Jepang pertama yang bisa meraih trofi itu.

3. Koo Ja Cheol

Koo Ja Cheol pernah menjadi pemain Asia yang punya karier cemerlang di Eropa, khususnya Bundesliga. Saat berseragam Augsburg, dia pun sukses mencetak hattrick.

Tiga gol dia sarangkan ke gawang Bayer Leverkusen di musim 2015/16. Sayangnya, laga tersebut tetap gagal gagal dimenangi Augsburg karena berakhir imbang 3-3.

4. Shunsuke Nakamura

Pernah bermain untuk Reggina dan Espanyol, karier Nakamura paling gemilang terjadi saat membela Glasgow Celtic dari periode 2005 hingga 2009.

Di Celtic, dia pun pernah mencetak hattrick di laga Liga Skotlandia saat melawan Dundee United pada musim 2006/07. Lalu, ia melakukannya lagi untuk kedua kali di musim 2008/09, kali ini ke gawang Saint Mirren.

5. Kyogo Furuhashi

Disebut sebagai titisan dan versi modern dari Nakamura, Furuhashi langsung unjuk kebolehan bersama Celtic pada musim perdananya di 2021/22.

Di pekan kedua Liga Skotlandia musim ini, pemain asal Jepang itu mampu mencetak hattrick ke gawang Dundee United.

6. Mehdi Taremi

Tak cuma Korea Selatan dan Jepang, pemain Asia yang bisa main di Eropa juga tersebar hingga Iran. Salah satunya adalah Mehdi Taremi di Liga Portugal.

Saat membela Rio Ave di musim 2019/20, dia mencetak tiga gol ke gawang Desportivo das Aves. Saat ini, karier Taremi sedang menanjak dengan bergabung bersama Porto.

7. Alireza Jahanbakhsh

Jahanbakhsh bisa dibilang sebagai salah satu pemain Iran yang punya karier cemerlang di Eropa. Dia pernah mengalami masa-masa sukses saat membela AZ Alkmaar di Liga Belanda.

Dia mencetak dua kali hattrick di musim 2017/18. Pertama ke gawang Vitesse Arnhem, lalu ke gawang PEC Zwolle. Di akhir musim itu, dia menyabet gelar top skor Liga Belanda dengan 21 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini