5 Calon Pelatih yang Layak Jadi Pengganti Ronald Koeman di Barcelona

Posisi Koeman terancam seiring hasil negatif yang didapat Barcelona.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 21 September 2021 | 14:30 WIB
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. (JOSEP LAGO / AFP)

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. (JOSEP LAGO / AFP)

Bolatimes.com - Posisi Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona mulai terancam. Rentetan hasil buruk yang diraih Blaugrana membuat Koeman diterpa isu tak sedap.

Yang terbaru, Ronald Koeman dan Barcelona gagal meraih kemenangan ketika menjamu Granada pada laga lanjutan Liga Spanyol 2021-2022.

Dalam duel yang digelar di Camp Nou, Selasa (21/9/2021) dini hari WIB itu, Barcelona ditahan imbang tim tamu dengan skor 1-1.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Manny Pacquiao, Kuli Jadi Juara Dunia dan Capres Filipina

Sebelumnya, anak asuh Ronald Koeman juga sempat menelan kekalahan yang memalukan saat menjamu Bayern Munchen pada pentas Liga Champions.

Dalam duel itu, Barcelona yang berstatus sebagai tuan rumah justru dihajar tiga gol tanpa balas oleh tim tamu.

Dengan kondisi semacam ini, masa depan Koeman di kursi kepelatihan Barcelona semakin menjadi tanda tanya.

Baca Juga: Profil Milomir Seslija, Pelatih Asing yang Berani Kritik Shin Tae-yong

Bukan tidak mungkin, pihak klub sudah kehabisan kesabaran dan merasa gerah dengan rentetan hasil buruk yang diterima Barcelona.

Kalaupun Koeman didepak dari kursi pelatih, lalu siapa yang akan menggantikan posisi pelatih asal Belanda itu?
Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pelatih yang bisa menjadi calon pengganti Ronald Koeman sebagai juru taktik Barcelona.

1. Erik Ten Hag

Baca Juga: Pemain Berdarah Afrika yang Cetak Gol Terbanyak di Premier League

Sejak ditunjuk sebagai nakhoda klub Liga Belanda, Ajax Amsterdam, pada tahun 2017 silam, Erik Ten Hag mulai menunjukkan kapasitasnya dalam urusan meracik strategi.

Setidaknya, sederet prestasi sukses dipersembahkan Erik Ten Hag selama duduk di kursi kepelatihan Ajax Amsterdam.

Salah satu kiprah terbaik Ten Hag, selain meraih gelar juara di kompetisi domestik, ialah di kancah Liga Champions.

Baca Juga: 5 Potret Jinkee Pacquiao, Istri Legenda Tinju yang Maju Capres Filipina

Sebab, ia sukses mengantarkan klub raksasa Belanda ini melaju hingga fase semifinal Liga Champions setelah menumbangkan sejumlah klub besar seperti Real Madrid dan Juventus.

Tentu, kemampuan ini sangat penting untuk Blaugrana agar mampu mengembalikan kejayaannya di Eropa.

2. Henrik Larsson

Statusnya sebagai mantan pemain Barcelona juga membuat Henrik Larsson menjadi salah satu kandidat yang muncul ke permukaan.

Selain itu, Henrik saat ini juga berstatus sebagai salah satu asisten pelatih yang membantu Ronald Koeman di Barcelona.

Dia menjadi salah satu staf pelatih yang ditunjuk untuk membantu Koeman. Sebelumnya, kariernya kepelatihan eks-pemain Manchester United ini dihabiskan di negara asalnya, Swedia.

3. Jordi Cruyff

Statusnya sebagai putra legenda Barcelona, Johan Cruyff, juga membuat nama Jordi menjadi salah satu kandidat yang mencuat.

Saat ini, Jordi berstatus sebagai pelatih klub Israel, Maccabi Tel Aviv. Sebelum Jordi datang, klub ini sempat mengalami keterpurukan.

Namun, setelah diasuh oleh Jordi, Maccabi Tel Aviv secara perlahan mampu menjadi kekuatan baru di kompetisi sepak bola Israel.

2. Xavi Hernandez

Salah satu pemain legendaris Barcelona ini memang sudah memulai kiprah kepelatihannya sejak memutuskan gantung sepatu.

Saat ini, Xavi berstatus sebagai pelatih bersama klub asal Qatar, Al-Sadd. Sebetulnya, ia sudah lama dikabarkan kembali ke Barca untuk menduduki kursi pelatih.

Namun demikian, Xavi memang masih terhitung muda dan minim pengalaman untuk menjadi pelatih klub sebesar Barcelona.

Meskipun demikian, tetap saja Xavi menjadi salah satu kandidat yang selalu muncul dalam setiap suksesi pergantian pelatih Blaugrana.

1. Antonio Conte

Saat ini, Antonio Conte menjadi salah satu pelatih papan atas dunia yang berstatus tanpa pekerjaan, alias nganggur.

Dengan sederet prestasinya, Conte tentu menjadi salah satu alternatif yang paling masuk akal untuk menggantikan posisi Koeman di Barcelona.

Sebab, sejumlah yang pernah merasakan tangan dinginnya sukses dibawa menjadi juara. Klub terakhir yang merasakan gelar juara bersama pelatih asal Italia itu ialah Inter Milan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak