Boladunia

10 Kartu Merah Tercepat Sepanjang Sejarah, Ada yang Baru Main 2 Detik

Kasian amat, baru dua menit main langsung dikartu merah.

Rauhanda Riyantama

Wasit Inggris, Mike Dean mengeluarkan kartu merah (Adrian Dennis/AFP)
Wasit Inggris, Mike Dean mengeluarkan kartu merah (Adrian Dennis/AFP)

Bolatimes.com - Pada 2015 silam, Steven Gerrard, legenda Liverpool itu, pernah mendapat kartu merah dalam waktu cepat. Uniknya, saat jumpa MU, dirinya baru masuk sebagai pemain pengganti.

Ketika itu, Gerrard baru bermain 38 detik. Saat ingin berebut bola, dirinya kedapatan melakukan pelanggaran keras terhadap Ander Hererra.

Kejadian Gerrad bukan yang pertama dalam sepak bola. Bahkan ada yang lebih cepat dan berikut Bolatimes rangkum.

10. Tim Flowers, Blackburn Rovers vs Leeds United pada 1995 (72 detik)

Mantan penjaga gawang Blackburn, Tim Flowers, melakukan kesalahan fatal saat laga baru berjalan 72 detik. Pelanggaran keras yang dilakukannya terhadap striker Leeds, Brian Deane, membuat wasit harus mengeluarkan kartu merah untuk Flowers.

Hebatnya, meski kehilangan palang pintunya, Blackburn mampu mempertahankan hasil imbang 1-1 kontra Leeds. Mereka kemudian tampil sebagai juara Liga Primer Inggris 1995.

9. Jose Batista, Uruguay vs Skotlandia, 1986 (55 detik)

Batista merupakan salah satu bagian Timnas Ueuguay saat jumpa Skotlandia di Piala Dunia 1986. Sial buat dirinya, namanya sudah tercoreng saat baru bermain laga berusia satu menit.

Pada laga itu, Batista sempat gelap mata dan melakukan tekel brutal kepada Gordon Stratchan. Akibat tindakannya memaksa wasit merogoh kartu merah langsung.

8. Steven Gerrard, Liverpool vs Man United 2015 (38 detik)

Entah apa yang tengah dipikirkan Gerrard saat masuk di babak kedua. Mungkin karena Liverpool saat itu sedang dalam posisi tertinggal dari MU,maka dia melampiaskan kekesalannya itu dengan menginjak kaki Herrera.

Wasit Martin Atkinson yang berada tepat di titik tersebut tak bisa memberikan toleransi meski Gerrard baru 38 detik berada di lapangan. Liverpool pun harus takluk 1-2.

7. Jason Crowe, Arsenal vs Birmingham City 1997 (33 detik)

Jason Crowe baru berusia 20 tahun. Meski demikian, dia sudah mendapat kartu merah meski baru 33 detik berada di lapangan. 

Tekel yang dilepaskannya kepada Martin O'Connor dinilai wasit terlalu tinggi, dan membahayakan sehingga langsung diganjar kartu merah. Padahal dia masuk saat laga sudah hampir rampung.

6. Mark Smith, Crewe Alexandra vs Darlington 1994 (19 detik)

Palang pintu Crewe Alexandra, Mark Smith, mendapat mimpi buruk saat timnya berhadapan dengan Darlington di kompetisi sepak bola level kedua Inggris.

Maksud hati ingin melakukan profesional foul, aksi Smith justru membuatnya diganjar kartu merah dari wasit. Ketika itu laga baru berjalan 19 detik buat dirinya.

5. Kevin Pressman, Sheffield Wednesday vs Wolves 2000 (13 detik)

Selain Smith, ada satu penjaga gawang lain yang harus mendapatkan kartu merah dalam waktu yang sangat singkat. Kali ini giliran kiper Sheffield, Kevin Pressman.

Dirinya diganjar kartu merah hanya dalam waktu 13 detik karena dinilai menyentuh bola dengan tangannya di luar garis penalti. Ketika itu, Sheffield berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers.

4. Keith Gillespie, Sheffield United vs Reading 2007 (12 detik)

Winger Sheffield United, Keith Gillespie, asalah tipe.pemain yang kerap meledak-ledak. Dalam bermain, ia juga kerap bertindak di luar perkiraan.

Pertandingan melawan Reading baru berjalan 12 detik, namun Gillespie sudah kehilangan akal sehatnya, dan menyikut Stephen Hunt saat mereka menunggu lemparan ke dalam.

3. Giuseppe Lorenzo, Bologna vs Parma 1990 (10 detik)

Lorenzo tak pernah dicap sebagai pemain yang brutal ketika membela Bologna pada 1990. Namun, laga melawan Parma menjadi lain. 

Entah karena sebab apa, dia tiba-tiba menghajar wajah salah satu pemain Parma. Wasit pun langsung mengeluarkan kartu merah saat pertandingan baru berjalan 10 detik.

2. David Pratt, Chippenham Town vs Bashley 2009 (3 detik)

David Pratt, adalah seorang striker dari klub Chippenham Town yang berlaga di kasta ketujuh sepak bola Inggris.

Dalam laga kontra Bashley, Pratt langsung melancarkan tekel dua kaki sesaat setelah wasit meniup peluit pertama. Apesnya, tekel tersebut tidak mengenai bola, namun kaki lawannya. 

Wasit tanpa kompromi mengganjarnya dengan kartu merah ketimbang mengambil risiko terjadi hal yang lebih parah.

1. Lee Todd, Cross Park Farm Celtic vs Taunton East Reach Wanderers 2000 (2 detik)

Ini adalah kartu merah paling absurd yang pernah dialami seorang pemain. Lee Todd, seorang pesepak bola amatir yang bermain di klub Cross Park Farm, Celtic, diganjar kartu merah hanya dalam waktu dua detik.

Namun, kartu merah itu didapat Todd bukan karena melakukan pelanggaran kepada pemain lawan, namun mengeluh atas suara peluit wasit. 

Ceritanya, Todd langsung berteriak "F*** me, that was loud" sesaat setelah wasit meniup peluit pertama pertandingan. Tak suka dengan kata-kata Todd, sang wasit langsung mencabut kartu merah dari kantongnya.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini