Boladunia

Cari Tantangan, Timnas India Ajukan Ikut Piala AFF

Timnas India mengajukan diri ikut Piala AFF.

Rauhanda Riyantama

Potret skuat Timnas India. (DIBYANGSHU SARKAR / AFP)
Potret skuat Timnas India. (DIBYANGSHU SARKAR / AFP)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola India (AIFF) melakukan gebrakan. Terbaru, Timnas India mengajukan diri untuk ikut mentas di Piala AFF.

Kabar ini disampaikan kali pertama oleh Sekjen AIFF, Kushal Das. Dari keterangan resminya, pihaknya telah melayangkan surat ke Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara alias AFF dengan tujuan mengasah jam terbang Timnas India. 

"Kami bertujuan agar Timnas kami mendapatkan tekanan yang terbaik dalam kompetisi. Respons AFF sangat positif, akan tetapi kami terjebak pada situasi pandemi COVID-19," kata Kushal Das dikutip dari lamanTimes of India.

"Jika nantinya AFF menerima permintaan kami, kami akan turut dalam kompetisi mereka dan berjanji akan bersungguh-sungguh,"dia menambahkan.

Kini, lampu hijau ada di AFF. Namun demikian, hingga naskah ini dirilis,  belum diketahui kapan Timnas India akan berpartipasi pada turnamen dua tahunan sepak bola antar Asia Tenggara itu.

Kabar Buruk Buat Timnas Indonesia

Dengan niatan Timnas India berpartisipasi di Piala AFF tentu saja semakin membuat turnamen tersebut menarik. Tapi, kondisi ini juga akan memengaruhi peluang Timnas Indonesia untuk menjadi juara.

Seperti diketahui, tanpa India saja Timnas Indonesia sudah kesulitan untuk menjadi juara di ajang yang dulu bernama Piala Tiger ini. Timnas Merah Putih sejauh ini sudah lima kali menjadi runner-up.

Kehadiran India tentu bakal menjadi tantangan berat buat Timnas Indonesia. Selain harus bersaing dengan Vietnam dan Thailand, India juga bukan tim sembarangan.

Pihak AFF sudah menetapkan jadwal baru undian Piala AFF 2020. Undian akan diselenggarakan di Singapura pada 21 September 2021.

Ketetapan ini menjadi jadwal terbaru dari penyelenggaraan undian Piala AFF 2020. Undian seharusnya digelar pada Agustus 2021, namun ditunda karena pandemi COVID-19.

Piala AFF 2020 diagendakan bergulir pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Turnamen kali ini pun direncanakan bergulir dengan format baru yakni adanya negara tuan rumah.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini