Boladunia

Profil Ragnar Oratmangoen, Winger Muslim Eredivisie yang Mau Bela Timnas

Ragnar Oratmangoen merupakan pemain berdarah Maluku

Irwan Febri Rialdi

Ragnar Oratmangoen mau bela Timnas Indonesia, tapi dengan satu syarat. (Instagram/0ratmangoen)
Ragnar Oratmangoen mau bela Timnas Indonesia, tapi dengan satu syarat. (Instagram/0ratmangoen)

Bolatimes.com - Ragnar Oratmangoen, seorang penyerang klub Eredivise Belanda, Go Ahead Eagles, membuat pernyataan mengejutkan tentang ketertarikannya memperkuat timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Ragnar Oratmangoen merupakan pesepak bola berkebangsaan Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia.

Garis keturunan itu diperoleh pemain berusia 23 tahun tersebut dari ayahnya yang berasal dari Maluku.

Suatu ketika, Ragnar Oratmangoen mengungkapkan ketertarikannya berkostum timnas Indonesia saat diwawancarai salah satu media Belanda.

Namun demikian, dia menyebut bahwa skuad Merah Putih harus meningkatkan levelnya terlebih dahulu.

Menurut dia, salah satu wujud dari peningkatan itu ialah semakin banyaknya pesepak bola asal Indonesia yang berkarier di Eropa.

“Saya sudah memikirkannya, tetapi level timnas (Indonesia) harus dinaikkan di sana, dengan pemain yang berkompetisi di Eropa. Jika itu terjadi, tentu saya akan mempertimbangkannya,” katanya dikutip dari De Stentor.

“Membela tim nasional di level internasional merupakan keinginan saya. Namun, bagi saya untuk saat ini, Go Ahead Eagles masih menjadi prioritas,” sambungnya.

Profil Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen merupakan pesepak bola kelahiran Oss, Belanda, pada 21 Januari 1998. Dia mengawali perjalanannya di dunia kulit bundar bersama sejumlah klub.

Tercatat, Oratmangoen pernah berlatih sepak bola bersama Top Soss Youth, sebuah klub yang berbasis di kota kelahirannya.

Pada pertengahan tahun 2008, ia berpindah ke NEC Nicmegen Youth. Saat itu, Oratmangoen baru berusia 23 tahun.

 Di sana, ia menapaki berbagai jenjang usia, mulai dari akademi, U-17, U-19, U-21, hingga akhirnya kembali ke klub lamanya FC Oss pada 2018 dengan status pinjaman.

Setelah sempat kembali lagi ke NEC Nijmegen, Ragnar Oratmangoen akhirnya berpindah dengan status bebas transfer ke klub kasta kedua Liga Belanda, SC Cambuur.

Pemain berpostur 180 cm itu menjalani dua musim masa pengabdian bersama SC Cambuur, yakni mulai tahun 2019 hingga 2021.

Pada Juli tahun ini, ia kembali berstatus bebas transfer dan diangkut klub Eredivisie, atau kasta pertama Liga Belanda, Go Ahead Eagles. Ini menjadi musim pertamanya memperkuat Go Ahead Eagles.

Tentu saja, penyerang berusia 23 tahun itu menjadi salah satu sosok yang menarik untuk dinantikan kiprahnya bersama skuad Merah Putih.
Dengan postur menjulang setinggi 180 cm, pemain yang memiliki kemampuan multiposisi ini bakal menjadi salah satu alternatif bagi pelatih Shin Tae-yong untuk membangun tim mumpuni.

Sebab, dengan tubuh yang ideal itu, Ragnar Oratmangoen bisa diandalkan di sektor lini serang untuk menghadapi duel-duel udara dengan bek lawan.

Apalagi, jika dilihat dari data yang dihimpun Transfermarkt, pesepak bola muslim ini mampu bermain sebagai penyerang tengah, sayap kanan, sayap kiri, hingga gelandang serang.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini