Boladunia

5 Fakta Ragnar Oratmangoen, Pemain Keturunan yang Mau Bela Timnas Indonesia

Ragnar Oratmangoen punya darah Indonesia. Dia yang seorang muslim ini bermain di kasta tertinggi Liga Belanda

Irwan Febri Rialdi

Ragnar Oratmangoen mau bela Timnas Indonesia, tapi dengan satu syarat. (Instagram/0ratmangoen)
Ragnar Oratmangoen mau bela Timnas Indonesia, tapi dengan satu syarat. (Instagram/0ratmangoen)

Bolatimes.com - Satu lagi nama pemain keturunan Indonesia mengungkapkan keinginan untuk membela Timnas Indonesia, yaitu Ragnar Oratmangoen. Dia blak-blakan ingin membela skuat 'Merah Putih'.

Namun,  Ragnar Oratmangoen mengajukan syarat khusus untuk bisa membela Indonesia. Dia mengungkapkan akan membela Skuat Garuda jika para pemain lain tidak bermain di liga domestik.

Sederhananya, Ragnar Oratmangoen akan membela Indonesia jika banyak pemain Tanah Air yang berkarier di luar negeri. Hal ini disebut Ragnar untuk meningkatkan kualitas.

"Saya sudah memikirkannya, tetapi level timnas [Indonesia] harus dinaikkan di sana, dengan pemain yang bermain di kompetisi Eropa. Jika itu terjadi, saya akan memikirkannya,” kata Oratmangoen, dikutip De Stentor.

Pernyataan Ragnar ini menuai berbagai macam komentar. Lantas, fakta apa saja menyoal pemain ini?

Fakta-fakta Ragnar Oratmangoen

1. Keturunan Indonesia

Ragnar Oratmangoen, merupakan satu dari sekian pemain di Eropa yang punya garis keturunan Indonesia. Ia memiliki darah Indonesia melalui ayahnya yang berasal dari Maluku.

Akan tetapi, Oratmangoen menyatakan ayahnya lahir di Belanda. Nenek moyangnya datang ke negeri Kincir Angin, bersama sejumlah orang Maluku pada 1950-an.

2. Pemain Muslim

Fakta menarik lagi yang menyelimuti sosok Ragnar Oratmangoen, yakni tentang agamanya. Ragnar sepertinya merupakan penyerang keturunan Indonesia yang memeluk agama Islam.

Hal ini trlihat dari akun Instagram pribadinya , @0ratmangoen.

Pada bagian bio akunnya, Ragnar Oratmangoen menuliskan kata Alhamdulillah. Tulisan yang sekaligus menjelaskan status Ragnar Oratmangoen sebagai pemain Muslim.

3. Memulai Karier dari Kasta Kedua Liga Belanda

Ragnar Oratmangoen mengawali karier bersama tim Belanda, Top Oss Youth. Kemudian pada 2008, Ragnar Oratmangoen gabung tim profesional Belanda, NEC Nijmegen.

Ragnar ditempa di akademi NEC Nijmegen hingga akhirnya bisa menembus skuat utama. Sempat dipinjamkan ke klub lain, TOP Oss, pada 2018, karier Ragnar Oratmangoen di NEC Nijmegen akhirnya usai setahun setelahnya. Ragnar Oratmangoen dilepas secara gratis ke klub kasta kedua Liga Belanda, SC Cambuur.

4. Baru Gabung Tim Eredivisie

Memasuki musim 2021/22, karier Ragnar semakin menanjak. Dia dikontrak oleh klub promosi Liga Belanda, Go Ahead Eagles.

Dia cukup mendapat kesempatan karena selalu dimainkan dalam 4 pertandingan awal. Namun, Go Ahead Eagles berada di posisi ke-16 klasemen dengan koleksi 3 poin.

5. Pemain Serba Bisa

Ragnar Oratmangoen sepertinya punya kualitas sebagai pemain versatile atau pemain serba bisa. Menurut catatan Transfermarkt, Ragnar pernah dimainkan sebagai penyerang, winger, hingga gelandang serang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini