Boladunia

Profil Jesse Lingard, Pemain Manchester United yang Lakukan Blunder Fatal

Jesse Lingard disebut biang kerok kekalahan Manchester United.

Husna Rahmayunita

Penyerang Manchester United, Jesse Lingard (Oli Scarff/AFP)
Penyerang Manchester United, Jesse Lingard (Oli Scarff/AFP)

Bolatimes.com - Jesse Lingard bertanggung jawab atas kekalahan Manchester United di markas Young Boys. Bertemu di matchday pertama Grup F Liga Champions, Selasa (14/9/2021) malam WIB, The Red Devils kalah 1-2.

Man United sebetulnya bisa mengendalikan permainan sepanjang laga, bahkan unggul lebih dulu lewat gol Cristiano Ronaldo di menit ke-13. Namun, Young Boys mampu menyamakan skor di menit ke-66 lewat sontekan Moumi Ngamaleu.

Ketika laga dirasa akan berakhir imbang dengan skor 1-1, sebuah blunder fatal dilakukan Lingard. Back-pass yang dia lakukan di menit 94, disambar oleh Theoson-Jordan Siebatcheu Pefok dan dikonversi jadi gol.

Di akhir laga, Man United pun kalah. Lingard sendiri tidak bermain sejak awal, dia masuk di menit 72 menggantikan Ronaldo. Oleh karena itu dia semakin menjadi kambing hitam kekalahan ini.

Lingard sendiri baru kembali membela Man United musim ini, dia sempat dipinjamkan ke klub lain. 

Jesse Lingard, Cristiano Ronaldo, Paul Pogba merayakan gol usai laga MU vs Newscastle United. (AFP/Oli Scarff)
Jesse Lingard, Cristiano Ronaldo, Paul Pogba merayakan gol usai laga MU vs Newscastle United. (AFP/Oli Scarff)

Profil Jesse Lingard

Sosok dengan nama lengkap Jesse Ellis Lingard ini lahir pada 15 Desember 1992 di Warrington, Cheshire, Inggris. Dia sudah menyukai sepak bola sejak kecil.

Setelah sempat masuk akademi Fletcher Moss Rangers, Lingard bergabung dengan akademi Manchester United saat usianya menginjak 7 tahun.

Bakat Lingard semakin terasah di akademi 'Iblis Merah' dan menjadi bagian tim yang memenangi FA Youth Cup pada musim 2010/11.

Berkat penampilan apiknya di tim junior, Lingard promosi ke tim utama dan menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Man United pada musim panas 2011.

Meski begitu, Lingard tak mendapatkan kesempatan bermain. Dia akhirnya dipinjamkan ke Leicester City pada musim 2012/13 dan justru menjalani debut di kompetisi profesional bersama The Foxes.

Lingard kembali dipinjamkan ke klub lain seperti Brighton & Hove Albion, Birmingham City, dan Derby County. Baru di musim 2015/16, Jesse Lingard mulai mendapat tempat di Manchester United.

Lingard cukup mendapat kesempatan meski Man United cukup sering berganti pelatih. Namun, ketika Ole Gunnar Solskjaer mengambil alih kursi manajer, Lingard mulai kehilangan tempat.

Untuk mendapatkan menit bermain, Lingard pindah ke West Ham United pada Januari 2021 dengan status pinjaman. Penampilannya bersama The Hammers cukup apik dengan koleksi 9 gol dan 5 assist dari 16 laga.

Atas penampilan apiknya itu, Lingard mulai kembali mendapat kepercayaan dari Solskjaer di musim 2021/22. Dia bahkan mencetak gol di laga Premier League teranyar saat Man United mengalahkan Newcastle.

Namun, kesan positif di awal musim itu rusak setelah dia melakukan blunder fatal yang bikin Manchester United dikalahkan Young Boys.

Adapun, tercatat dalam 213 pertandingan Lingard bersama United, dia mampu mencetak 34 gol dan 20 assist.

Di level tim nasional, Lingard debut untuk Timnas Inggris pada November 2015. Jesse Lingard total mencatatkan 31 caps dengan koleksi 6 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini