Boladunia

Baru Cetak 1 gol, Pemain Ini Jadi Top Skor Sepanjang Masa Timnas San Marino

Nicola Nanni baru mencetak gol saat lawang Polandia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Penyerang Timnas San Marino, Nicola Nanni (kanan) saat beraksi menghadapi pemain Inggris di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ADRIAN DENNIS / POOL / AFP)
Penyerang Timnas San Marino, Nicola Nanni (kanan) saat beraksi menghadapi pemain Inggris di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ADRIAN DENNIS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Butuh banyak gol untuk masuk dalam daftar top skor sepanjang masa suatu tim nasional. Namun hal ini tak berlaku untuk Nicola Nanni yang masuk ke daftar pencetak gol terbanyak sepanjang San Marino kendati baru melesakkan 1 gol.

Nama Nicola Nanni menjadi perbincangan selama jeda internasional beberapa waktu lalu. Bagaimana tidak? Meski baru mencetak 1 gol, ia masuk dalam daftar top skor sepanjang masa untuk tim nasionalnya.

Hal ini terjadi saat San Marino berhadapan dengan Polandia di pekan ke-5 grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Senin (6/9/21) lalu.

Nanni mencetak satu-satunya gol San Marino di menit ke-48 dalam kekalahan 1-7 dari tim tamu Polandia di Stadion San Marino.

Pasca mencetak gol, Nicola Nanni pun berselebrasi dengan perasaan haru bahagia. Kendati San Marino terbantai, dirinya masuk dalam sejarah sepak bola tanah kelahirannya.

Pasalnya, satu gol itu langsung membawa Nanni masuk dalam daftar top skor sepanjang masa tim nasional San Marino di mana ia masuk dalam tiga besar.

Sebagai catatan, pencetak gol terbanyak sepanjang masa San Marino adalah Selva Andy yang mencetak 8 gol dari 73 laga yang kemudian disusul Manuel Marani di tempat kedua dengan 2 gol dari 32 laga.

Nah, Nanni masuk di posisi ketiga bersama 15 pemain lainnya yang mencetak gol untuk San Marino di laga-laga internasional.

Selain Nanni, nyatanya seluruh masyarakat San Marino juga merayakan gol tersebut dengan penuh sukacita meskipun papan skor menunjukkan bahwa tim mereka tengah terbantai.

Perayaan besar-besaran atas gol Nanni sendiri tak lepas dari fakta bahwa selama ini San Marino merupakan lumbung gol bagi tim lain.

Sulit bagi San Marino untuk mencetak gol ke gawang lawannya. Jadi wajar bila Nicola Nanni dan seluruh rakyat negara San Marino bersuka cita atas gol ke gawang Polandia tersebut.

San Marino: Negara Kecil Lumbung Gol Timnas Lainnya

San Marino sejatinya bukanlah negara sepak bola seperti negara-negara Eropa lainnya. Secara peringkat FIFA saja, negara terkecil kelima di dunia ini berada di peringkat 209 dari 210 negara.

San Marino adalah negara kecil di Eropa yang berbatasan dengan Italia. Luas daerahnya pun terbilang minim, yakni 61,2 km persegi atau sedikit lebih luas dari Jakarta Pusat yang berada di kisaran 48,13 km persegi.

Kecilnya luas wilayah San Marino pun berimbas pada jumlah penduduknya. Per Juli 2016 lalu, populasi San Marino hanya sekitar 34 ribu orang saja.

Dengan populasi sekecil itu, sulit untuk mencari pesepak bola dengan keahlian mentereng seperti negara-negara Eropa lainnya. Sehingga wajar jika San Marino menjadi lumbung gol negara lainnya.

Penduduk San Marino pun tak menggeluti sepak bola sebagai pekerjaannya. Malahan, para pemain timnasnya memiliki pekerjaan lain seperti buruh pabrik, pedagang, pengacara dan profesi lainnya.

Dalam 5 tahun terakhir yakni sejak 2017 hingga 2021 saat artikel ini dibuat, San Marino hanya mampu mencetak 4 gol saja dari 38 laga yang dijalani.

Tercatat, sejak 1987 San Marino telah bermain sebanyak 180 kali dan hanya bisa menang 1 kali saja, 7 kali imbang dan menelan kekalahan sebanyak 172 kali dengan kebobolan 759 gol dan hanya bisa mencetak 26 gol saja.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini