Boladunia

Gegara Gambar Burung, Jersey Ajax yang Terinspirasi Bob Marley Dicekal UEFA

Ada gambar tiga burung warna warni di jersey ketiga Ajax yang terinsporasi Bob Marley.

Rauhanda Riyantama

Potret jersey ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari Bob Marley. (AFP)
Potret jersey ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari Bob Marley. (AFP)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Eropa (EUFA) mengeluarkan aturan cukup aneh dengan melarang Ajax Amsterdam mengenakan jersey Bob Marley saat tampil di Liga Champions.

UEFA memiliki alasan tersendiri melarang jersey Bob Marley milik Ajax Amsterdam dilarang dipakai ketika berlaga di ajang Liga Champions.

Logo di belakang jersey berupa gambar tiga burung yang menjadi alasan UEFA melarang jersey Bob Marley Ajax Amsterdam dicekal untuk Liga Champions.

Gambar tiga burung berwarna merah, kuning dan hijau di bagian belakang kerah jersey ini memang terinspirasi dari salah satu lagu terkenal mendiang Bob Marley.

Berjudul Three Little Birds, sementara lagu tersebut sudah akrab dinyanyikan para fan Ajax sejak 2008 silam.

Potret jersey ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari Bob Marley. (Twitter/@FootyAccums)
Potret jersey ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari Bob Marley. (Twitter/@FootyAccums)

Menurut laporan Goal International, logo tersebut sudah tak lagi terlihat sejak Ajax bertanding melawan PEC Zwolle, Sabtu (11/9/2021) dan menang 2-0.

Dalam laporan yang sama juga disebutkan jika UEFA memandang logo tersebut sebagai ekspresi yang berbeda dari beberapa elemen.

Seperti logo sponsor, logo bahu hingga logo klub itu sendiri, sehingga dilarang untuk ditampilkan sesuai dengan penjelasan Ajax.

"UEFA melihat logo itu sebagai ekspresi yang berbeda dari logo klub, sponsor atau bahu. Dan hal itu tidak diizinkan," bunyi pernyataan Ajax.

Jersey Bob Marley yang juga alternatif ketiga Ajax untuk musim ini dirilis pada Agustus 2021 dengan mengusung tema legenda musim asal Jamaika.

Bermula dari laga ujicoba melawan Cardiff City, suporter Ajax di markas Cardiff diminta untuk tetap berada di stadion setelah laga bubar.

Kemudian diputarlah lagu Three Little Birds yang ternyata disambut meriah oleh para suporter, sejak saat itu lagu ini wajib diputar setiap Ajax berlaga.

Cedella Marley selaku anak Bob Marley mengaku sangat tersentuh setelah lagu mendiang ayahnya dijadikan sebagai anthem Ajax Amsterdam.

Diakui oleh Cedella jika sepak bola menjadi salah satu hal yang penting bagi ayahnya, bentuk kebebesan yang diusung Bob Marley ketika masih aktif bermusik.

"Saya sangat tersentuh Ajax menjadikan Three Little Birds sebagai lagu mereka, kisah-kisah ini menyentuh hati saya," ucap Cedella.

"Dan menunjukkan betapa kuatnya lagu-lagu seperti Three Little Birds. Sepak bola adalah hal penting bagi ayah saya dan dia pernah berkata.

"Bahwa 'Sepak bola adalah kebebasan'." imbuhnya.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini