Boladunia

Profil Demba Ba, Striker Penggagal Liverpool Juara yang Resmi Pensiun

Jika bukan karena Demba Ba, Liverpool, sudah menjadi juara Liga Inggris musim 2013/2014

Irwan Febri Rialdi

Demba Ba dan Steven Gerrard. (ANDREW YATES / AFP)
Demba Ba dan Steven Gerrard. (ANDREW YATES / AFP)

Bolatimes.com - Eks-penyerang Chelsea dan Newcastle, Demba Ba, akhirnya resmi mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola.

Pernyataan itu disampaikan Demba Ba secara resmi pada Senin (13/9/2021) melalui keterangan di media sosial.

“Dengan hati yang penuh dengan rasa syukur, saya mengumumkan akhir dari karier saya sebagai pesepak bola,” tulisnya di Twitter.

“Terlepas dari seluruh peluh dan air mata yang mengalir, sepak bola telah memberi saya begitu banyak emosi yang indah,” ia menambahkan.

Sebelumnya, Demba Ba sempat mampir ke kompetisi Liga Super Swiss untuk bermain bersama Lugano dengan status bebas transfer.

Akan tetapi, pemain berusia 36 tahun itu hanya mencatatkan waktu bermain selama 47 menit sebelum akhirnya angkat kaki dari klub barunya tersebut.

Sebulan setelah perpisahannya dengan Lugano, mantan pemain timnas Senegal itu akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu.

Profil Demba Ba

Demba Ba merupakan pesepak bola kelahiran Sevres, Prancis, pada 25 Mei 1985. Meskipun demikian, ia memiliki status sebagai warga negara Senegal.

Itulah sebabnya, pemain yang mengawali karier juniornya di Prancis itu menjadi bagian dari timnas Senegal saat masih aktif bermain.

Di level internasional, Demba Ba menjadi andalan Senegal mulai tahun 2007 hingga 2015 dengan catatan 22 penampilan dan menyumbang empat gol.

Karier juniornya berawal dari Port Autonome pada tahun 1999. Kemudian, ia juga pernah menimba ilmu bersama Frileuse dan Montrouge.

Kontrak profesional pertama kali yang didapatkan Demba Ba datang dari FC Rouen. Selama semusim di sana, ia sukses mencetak lebih dari 20 gol untuk klub tersebut.

Sementara itu, karier terlama pemain muslim ini tercatat bersama 1899 Hoffenheim. Selama rentang tahun 2007 hingga 2011, ia sukses menyumbangkan 37 gol dalam total 97 laga di Bundesliga.

Pada musim 2011, pemain berpostur 189 cm ini memutuskan menerima tawaran West Ham United. Bersama The Hammers, ia sukses menjadi top skor klub dengan 12 penampilan pada paruh kedua musim 2010/2011.

Kariernya bersama The Hammers tak berlangsung lama. Ba kemudian direkrut Newcastle United pada Juni 2011. 

Setelah dua tahun bersama Newcastle, mantan pemain andalan timnas Senegal ini merapat ke Stamford Bridge untuk berkostum Chelsea.

Demba Ba menjadi salah satu pemain yang sering berpindah-pindah klub sepanjang karier profesionalnya.

Selain tim-tim yang disebutkan di atas, ia juga pernah mencicipi kompetisi di Belgia, Jerman, Turki, China, hingga Swiss.

Sepanjang kariernya yang membentang lama itu, ia sudah pernah menjuarai Liga Eropa musim 2012/2013 (Chelsea), dua kali menjuarai Liga Super Turki (Besiktas pada 2016/2017 dan Istanbul Basaksehir pada 2019/2020).

Salah satu gol Demba Ba yang paling dikenang ialah ketika dia bermain bersama Chelsea melawan Liverpool di Anfield.

Demba Ba mencetak gol ke gawang Liverpool seusai Steven Gerrard terpeleset. Gol ini yang turut menggagalkan upaya The Reds menjuarai Liga Inggris musim 2013/2014.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini