Boladunia

5 Klub Terbaik Asia Sepanjang Masa, Ada Eks Klub Shin Tae-yong

Lima klub ini memiliki prestasi hebat di Asia

Irwan Febri Rialdi

Pemain Kashima Antlers, Leo Silva (kiri) merayakan gol ke gawang Persepolis pada final Liga Champions Asia 2018 (AFP)
Pemain Kashima Antlers, Leo Silva (kiri) merayakan gol ke gawang Persepolis pada final Liga Champions Asia 2018 (AFP)

Bolatimes.com - Sepak bola Asia memang tak semegah Eropa. Kendati demikian, ada sejumlah klub yang menancapkan namanya dengan sejumlah prestasi.

Tak ayal, beberapa pemain Eropa seperti Andres Iniesta, Fernando Torres, hingga Marouane hingga Hulk pernah bermain di Benua Kuning.

Sejatinya, ada 5 klub yang punya catatan bagus dalam keikutsertaan mereka di liga domestik dan kawasan Asia. Berikut rangkumannya:

1. Kashima Antlers (Jepang)

Kashima menjadi salah satu klub tersukses di Liga Jepang. Sejumlah prestasi sudah diraih oleh tim yang berdiri sejak 1947 ini.

Delapan kali juara J-League, enam kali masing-masingnya Piala Super Jepang, dan Piala J-League sudah masuk ke kabin mereka.

Paling anyar tentu saja Liga Champions Asia. Klub yang berbasis di Kashima Soccer Stadium ini meraih trofi pada 2018 lalu.

2. Guangzhou Evergrande (China)

Guangzhou boleh jadi tim yang paling banyak mengoleksi gelar di Liga China. Tercatat mereka sudah menggondol 7 trofi dan heroiknya dilakukan secara berurutan sejak 2011 hingga 2017.

Selain itu, tim yang berdiri pada 1954 ini juga sudah memenangi dua gelar Liga Champions Asia pada 2013 dan 2015.

Adapun, prestasi lainnya adalah mereka menjuarai Piala FA Tiongkok, Piala Super China, dan Liga 1 China sebanyak 2 kali.

3. Al Hilal (Arab Saudi)

Al Hilal adalah klub yang paling mencuri perhatian. Pada 2009 silam, Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola (IFFHS) memberikan penghargaan kepada mereka dengan titel Klub Terbaik Asia Abad 20.

Tak berlebihan lantaran Al-Hilal memang menguasai sepak bola Asia. Di negaranya, mereka sudah meraih 31 trofi sejak kompetisi level tertinggi Liga Arab Saudi digulirkan.

Selain itu, mereka sudah memenangi 15 gelar Piala Raja. Dan yang heroiknya, mereka sudah 6 kali menjadi juara Liga Champions Asia sepanjang keikutsertaan.

4. Seongnam Football Club (Korea Selatan)

Seongnam yang berbasis di Korea Selatan adalah salah satu yang dianggap klub terbaik. Tercatat, klub yang sudah berusia 33 tahun ini sudah memenangi 7 gelar domestik, 3 Piala FA Korea Selatan, dan 2 Liga Champions Asia.

Seongnam juga memantik perhatian IFFHS. Sebab, mereka menduduki peringkat kelima sebagai klub yang paling berpengaruh di abad 20. Sama seperti Al Hilal.

5. Pohang Steelers (Korea Selatan)

Pohang merupakan klub yang paling disegani di Korea Selatan. Tak berlebihan karena mereka sudah memenagi lebih dari 30 trofi.

Mulai dari K League, Piala Liga hingga Liga Champions Asia sudah pernah mereka raih. Salah satu yang paling heroik adalah mereka sukses menempati peringkat ketiga turnamen Piala Dunia Antarklub FIFA pada 2009.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini