Boladunia

Profil Kamil Glik, Eks Real Madrid yang Cubit Tenggorokan Kyle Walker

Kamil Glik mencuri perhatian dengan mencubit tenggorokan Kyle Walker

Irwan Febri Rialdi

Bek Timnas Polandia, Kamil Glik. (Kirill Kudryavtsev/AFP)
Bek Timnas Polandia, Kamil Glik. (Kirill Kudryavtsev/AFP)

Bolatimes.com - Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Inggris melawan Polandia turut diwarnai aksi kerusuhan yang melibatkan Kamil Glik dan Kyle Walker.

Dalam duel yang berlangsung pada Kamis (9/9/2021) dini hari WIB itu, pemain dari kedua belah pihak nyaris baku hantam.

Momen itu terjadi sebelum babak pertama berakhir. Kamil Glik melakukan aksi kontroversial saat bersitegang dengan pemain Inggris.

Saat Polandia mendapatkan tendangan bebas dan sesaat sebelum eksekusi, Kamil Glik tampak mencubit leher Kyle Walker di depan wasit. Meskipun mendapatkan perlakuan semacam itu, Walker tak bereaksi. 

Selain itu, Kamil Glik juga tak mendapatkan hukuman berarti akibat aksi kontroversialnya tersebut.

Kamil Glik kembali terlibat dalam sebuah friksi setelah momen tersebut. Ia sempat bersitegang dengan bek Inggris, Harry Maguire.

Konflik ini pecah lantaran Kamil Glik melakukan protes terlalu keras dan mengintimidasi wasit yang memimpin pertandingan.

Pemain-pemain Inggris yang tak terima dengan perilaku Kamil Glik pun langsung bersitegang dengannya, terutama Maguire.

Hasilnya, ketegangan antara Kamil Glik dan Harry Maguire memaksa wasit mencabut kartu kuning untuk kedua pemain tersebut.

Pada akhir laga, kedua tim akhirnya harus berbagi poin setelah pertandingan ini berakhir sama kuat dengan skor 1-1.

Sebetulnya, tim asuhan Gareth Southgate sempat unggul terlebih dahulu lewat aksi Harry Kane pada menit ke-72.

Namun, menjelang berakhirnya pertandingan, Polandia sukses menyamakan kedudukan lewat Damian Szymanski pada menit ke-90+2.

Profil Kamil Glik

Kamil Glik merupakan pesepak bola kelahiran Polandia pada 3 Februari 1988. Dia lahir dengan nama lengkap Kamil Jacek Glik.

Pemain berusia 33 tahun ini mengawali kariernya di dunia profesional pada tahun 2005 saat bergabung dengan Silesia Lubomia.

Pada musim selanjutnya, yakni tahun 2006, ia pindah klub bersama UD Horadada. Kamil Glik sempat memperkuat Real Madrid C pada tahun 2007-2008.

Setelah itu, ia sempat dua tahun memperkuat Piast Gliwice, yakni pada tahun 2008-2010. Pemain berpostur 190 cm itu kemudian memutuskan untuk menjajal kompetisi Italia.

Pada 1 Juli 2010, ia diresmikan sebagai pemain US Palermo. Selain itu, beberapa klub Italia lain yang pernah disinggahinya ialah Bari dan Torino.

Kamil Glik sempat menjajal kompetisi Liga Prancis saat bergabung dengan AS Monaco pada tahun 2016. Setidaknya, di sana ia bermain selama empat musim.

Yang terbaru, pemain yang telah tampil bersama timnas Polandia sejak 2009 itu berstatus sebagai pemain Benevento. Ia kembali merumput di Italia sejak 1 September tahun lalu. 

Dari catatan yang dihimpun oleh Transfermarkt, Kamil Glik telah mencatatkan 86 penampilan bersama timnas Polandia dan menyumbang enam gol.

Sebetulnya, ia sudah lama menjadi andalan negaranya di pentas internasional. Pasalnya, Kamil Glik sempat tercatat sebagai punggawa timnas Polandia di kelompok usia U-19 dan U-21.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini