Boladunia

DJ sampai Presiden, Profesi Unik Mantan Pemain Chelsea Pasca Pensiun

Alih-alih menjadi pelatih, mantan pelatih Chelsea berikut ini memiliki profesi menarik di luar sepak bola

Irwan Febri Rialdi

Presiden Liberia George Weah (Dok. bbc.co.uk/Galih)
Presiden Liberia George Weah (Dok. bbc.co.uk/Galih)

Bolatimes.com - Ada beberapa mantan pemain Chelsea yang merambah dunia pelatih setelah pensiun sebagai pemain profesional. Ambil contoh Frank Lampard dan John Terry.

Lampard bahkan sempat menjabat pelatih The Blues sebelum dipecat pada Januari 2021. Intinya, seorang pemain biasanya tidak akan jauh-jauh dari dunia sepak bola setelah gantung sepatu.

Namun, nyatanya tidak semua pemain Chelsea merambah dunia yang sama seperti saat mereka masih aktif sebagai pemain. Berikut ini deretan profesi unik pemain Chelsea pasca pensiun.

1.Gavin Peacock

Gavin tercatat menjadi pemain Chelsea pada periode 1993 hingga 1996. Dia tampil 103 kali ini Premier League dengan mencetak 17 gol. Dia kemudian pensiun pada 2001.

Setelah pensiun dia sempat menjadi pundit di beberapa acara dan jadi pembawa acara. Namun, kini dia tercatat sebagai seorang pastur di Gereja Calvary Grace di Calgary, Kanada.

2.  Frank Leboeuf

Namanya bahkan mungkin lebih dikenal sebagai seorang aktor dan bintang film daripada mantan pemain. Faktanya, Leboeuf merupakan mantan pemain Chelsea di era 1996 hingga 2001. Sosok yang berposisi sebagai bek saat masih aktif itu bermain 144 kali di Chelsea dengan 17 gol.

Karier sebagai pemain film bahkan sudah dimulai Leboeuf saat masih berseragam Chelsea. Ia membuat debut filmnya dalam film bergenre drama bertema pasca-perang  pada tahun 2001. Dia bahkan pernah tampil dalam film peraih Oscar, The Theory of Everything pada 2014.

3. Pat Nevin

Dikenal sebagai pemain Chelsea selama lima musim (1983-1988), Pat Navin terjun ke dunia musik, khususnya menjadi seorang DJ setelah pensiun pada tahun 2000.

Pat Nevin sendiri memang kental dengan dunia seni karena mendapat gelar seni di Universitas Glasgow, Skotlandia. Dia akhirnya memilih karier sebagai musisi setelah pensiun.

4. George Weah

Bisa dibilang bahwa George Weah menjadi mantan pemain Chelsea yang punya karier paling berbeda setelah pensiun. Setelah pensiun dari sepak bola pada 2003, kini Weah tercatat sebagai Presiden Liberia.

Dia dilantik pada 2018 lalu. Weah sendiri sudah sejak tahun 2005 terjun ke dunia politik. Adapun, kariernya di Chelsea terbilang cukup sebentar. Dia dipinjamkan oleh AC Milan ke Chelsea pada Januari 2000. Dia tampil 11 kali dengan mencetak 3 gol.

5. Alexei Smertin

Tak cuma Weah sebagai mantan pemain Chelsea yang terjun ke dunia politik setelah pensiun. Ada pula Alexei Smertin yang pernah membela Chelsea dari 2003-2006.

Setelah pensiun pada 2008, Smertin mencalonkan diri sebagai anggota parlemen untuk wilayah Altai dan terpilih pada Maret 2009.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini