Deretan Pemain Top Dunia yang Pernah Berkarier di Liga Yunani

Meski tak populer, nyatanya Liga Yunani jadi tujuan sejumlah pesepak bola top untuk melanjutkan karier.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 07 September 2021 | 19:07 WIB
Yaya Toure saat bermain untuk Olympiakos pada 8 November 2018 (Aris Messinis/AFP)

Yaya Toure saat bermain untuk Olympiakos pada 8 November 2018 (Aris Messinis/AFP)

Bolatimes.com - Liga Yunani menjadi salah satu liga yang kurang populer di Eropa. Meski demikian, kompetisi tertinggi di negeri para dewa ini tetap mampu menjadi magnet bagi pemain-pemain bernama besar.

Menyebut nama Liga Yunani atau Greek Super League, pecinta sepak bola akan tertuju pada rivalitas antara dua tim papan atasnya, yakni Olympiakos dan Panathinaikos.

Panasnya rivalitas antara kedua raksasa sepak bola Yunani ini tercermin dalam namanya yakni Derby of the Eternal Enemies atau derbi musuh abadi.

Baca Juga: Karier Anjlok, Eks Pemain Liverpool Jadi Pekerja Pabrik

Bahkan, duel keduanya terkadang disebut sebagai Mother of Battles. Dari nama atau penyebutannya saja, duel keduanya pun pasti selalu berlangsung panas.

Terlepas dari rivalitas itu, Liga Yunani kini terlupakan. Keberhasilan menjuarai Euro 2004 tak serta merta mendongkrak status Greek Super League di pentas Eropa.

Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir saja hampir tak ada tim Yunani yang bisa menembus Liga Champions. Bisa dikatakan, Liga Yunani mulai kehilangan peminat.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Larang Ibunda Nonton di Old Trafford karena Takut Pingsan

Meski demikian, banyak pesepak bola bernama besar pernah mencicipi persaingan Liga Yunani dan tak peduli dengan minimnya atensi yang diberikan pecinta sepak bola terhadap Greek Super League.

Lalu, siapa saja pemain dengan nama besar yang pernah merumput di Liga Yunani? Berikut daftarnya.

1. Michael Essien

Baca Juga: Profil Syaiful Indra Cahya, Bek AHHA PS Pati yang Tendang Pemain Persiraja

Siapa yang tak kenal Michael Essien? Pemain yang juga pernah merumput di Indonesia ini ternyata pernah mencicipi Liga Yunani.

Essien merumput di Liga Yunani bersama Panathinaikos pada musim 2015-2016 dan tampil sebanyak 15 kali dengan torehan 1 gol saja.

2. Dimitar Berbatov

Baca Juga: Sering Dibanding-bandingkan, Legenda Brasil Sanjung Kylian Mbappe

Penyerang asal Bulgaria yang dikenal karena sentuhan emasnya ini juga pernah merasakan merumput di Liga Yunani pada musim 2015/16.

Saat itu, Dimitar Berbatov membela PAOK Thessaloniki. Sayangnya, ketajamannya tak berlanjut dengan hanya mencetak 5 gol saja dari 25 laga.

3. Rivaldo

Mantan peraih Ballon d’Or ini terbilang kerap bergonta-ganti klub. Saking seringnya, Rivaldo bahkan pernah membela 2 tim Yunani.

Adalah Olympiakos dan AEK Athens tim yang pernah dibelanya di Yunani. Total 4 musim Rivaldo bermain di Yunani sejak 2004 hingga 2007 dengan torehan 44 gol dalam 99 laga dan 5 gelar yang didapatkan bersama Olympiakos.

4. Alvaro Recoba

Mantan penyerang flamboyan milik Inter Milan ini juga sempat mencicipi Liga Yunani selama 1,5 musim bersama Panionios.

Dalam kurun waktu tersebut, Alvaro Recoba tercatat tampil sebanyak 22 kali dan hanya mampu mengoleksi 5 gol saja.

5. Gilberto Silva

Selain Rivaldo, ada pula Gilberto Silva sebagai bintang papan atas Brasil yang pernah merumput di Liga Yunani.

Pasca membela Arsenal selama 6 musim, Gilberto Silva hijrah ke Yunani dan bermain untuk Panathinaikos sejak 2008 hingga 2011 dengan mencatatkan 119 penampilan dan meraih 2 gelar.

6. Esteban Cambiasso

Selain Alvaro Recoba, ada Esteban Cambiasso yang berstatus eks Inter Milan dan mencicipi panasnya persaingan di Liga Yunani.

Cambiasso bermain untuk Olympiakos sejak 2015 hingga 2017 sebelum menutup karier indahnya di benua biru.

7. Yaya Toure

Berbeda dengan enam pemain sebelumnya yang bermain di Liga Yunani saat usia senja, Yaya Toure malah memulai kariernya di negeri para dewa.

Toure membela Olympiakos pada musim 2005/06. Sejak saat itu, namanya naik dan membuatnya mendapat atensi tim papan atas seperti Barcelona sebelum dirinya hijrah ke Manchester City.

8. Eidur Gudjohnsen

Mantan penyerang Chelsea ini juga pernah merasakan atmosfer Liga Yunani yang panas dan kaya akan rivalitas.

Saat itu, Eidur Gudjohnsen membela AEK Athens pada musim 2012/13 dengan total penampilan 14 kali dan catatan 1 gol saja.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak