Boladunia

Deretan Pemain Top Dunia yang Pernah Berkarier di Liga Yunani

Meski tak populer, nyatanya Liga Yunani jadi tujuan sejumlah pesepak bola top untuk melanjutkan karier.

Rauhanda Riyantama

Yaya Toure saat bermain untuk Olympiakos pada 8 November 2018 (Aris Messinis/AFP)
Yaya Toure saat bermain untuk Olympiakos pada 8 November 2018 (Aris Messinis/AFP)

Bolatimes.com - Liga Yunani menjadi salah satu liga yang kurang populer di Eropa. Meski demikian, kompetisi tertinggi di negeri para dewa ini tetap mampu menjadi magnet bagi pemain-pemain bernama besar.

Menyebut nama Liga Yunani atau Greek Super League, pecinta sepak bola akan tertuju pada rivalitas antara dua tim papan atasnya, yakni Olympiakos dan Panathinaikos.

Panasnya rivalitas antara kedua raksasa sepak bola Yunani ini tercermin dalam namanya yakni Derby of the Eternal Enemies atau derbi musuh abadi.

Bahkan, duel keduanya terkadang disebut sebagai Mother of Battles. Dari nama atau penyebutannya saja, duel keduanya pun pasti selalu berlangsung panas.

Terlepas dari rivalitas itu, Liga Yunani kini terlupakan. Keberhasilan menjuarai Euro 2004 tak serta merta mendongkrak status Greek Super League di pentas Eropa.

Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir saja hampir tak ada tim Yunani yang bisa menembus Liga Champions. Bisa dikatakan, Liga Yunani mulai kehilangan peminat.

Meski demikian, banyak pesepak bola bernama besar pernah mencicipi persaingan Liga Yunani dan tak peduli dengan minimnya atensi yang diberikan pecinta sepak bola terhadap Greek Super League.

Lalu, siapa saja pemain dengan nama besar yang pernah merumput di Liga Yunani? Berikut daftarnya.

1. Michael Essien

Siapa yang tak kenal Michael Essien? Pemain yang juga pernah merumput di Indonesia ini ternyata pernah mencicipi Liga Yunani.

Essien merumput di Liga Yunani bersama Panathinaikos pada musim 2015-2016 dan tampil sebanyak 15 kali dengan torehan 1 gol saja.

2. Dimitar Berbatov

Penyerang asal Bulgaria yang dikenal karena sentuhan emasnya ini juga pernah merasakan merumput di Liga Yunani pada musim 2015/16.

Saat itu, Dimitar Berbatov membela PAOK Thessaloniki. Sayangnya, ketajamannya tak berlanjut dengan hanya mencetak 5 gol saja dari 25 laga.

3. Rivaldo

Mantan peraih Ballon d’Or ini terbilang kerap bergonta-ganti klub. Saking seringnya, Rivaldo bahkan pernah membela 2 tim Yunani.

Adalah Olympiakos dan AEK Athens tim yang pernah dibelanya di Yunani. Total 4 musim Rivaldo bermain di Yunani sejak 2004 hingga 2007 dengan torehan 44 gol dalam 99 laga dan 5 gelar yang didapatkan bersama Olympiakos.

4. Alvaro Recoba

Mantan penyerang flamboyan milik Inter Milan ini juga sempat mencicipi Liga Yunani selama 1,5 musim bersama Panionios.

Dalam kurun waktu tersebut, Alvaro Recoba tercatat tampil sebanyak 22 kali dan hanya mampu mengoleksi 5 gol saja.

5. Gilberto Silva

Selain Rivaldo, ada pula Gilberto Silva sebagai bintang papan atas Brasil yang pernah merumput di Liga Yunani.

Pasca membela Arsenal selama 6 musim, Gilberto Silva hijrah ke Yunani dan bermain untuk Panathinaikos sejak 2008 hingga 2011 dengan mencatatkan 119 penampilan dan meraih 2 gelar.

6. Esteban Cambiasso

Selain Alvaro Recoba, ada Esteban Cambiasso yang berstatus eks Inter Milan dan mencicipi panasnya persaingan di Liga Yunani.

Cambiasso bermain untuk Olympiakos sejak 2015 hingga 2017 sebelum menutup karier indahnya di benua biru.

7. Yaya Toure

Berbeda dengan enam pemain sebelumnya yang bermain di Liga Yunani saat usia senja, Yaya Toure malah memulai kariernya di negeri para dewa.

Toure membela Olympiakos pada musim 2005/06. Sejak saat itu, namanya naik dan membuatnya mendapat atensi tim papan atas seperti Barcelona sebelum dirinya hijrah ke Manchester City.

8. Eidur Gudjohnsen

Mantan penyerang Chelsea ini juga pernah merasakan atmosfer Liga Yunani yang panas dan kaya akan rivalitas.

Saat itu, Eidur Gudjohnsen membela AEK Athens pada musim 2012/13 dengan total penampilan 14 kali dan catatan 1 gol saja.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini