Boladunia

5 Fakta Menarik FK Senica, Klub Satu Abad yang Belum Pernah Juara Liga

FK Senica merupakan klub baru Egy Maulana Vikri

Irwan Febri Rialdi

Egy Maulana Fikri bergabung ke FK Senica. (Instagram/fk_senica)
Egy Maulana Fikri bergabung ke FK Senica. (Instagram/fk_senica)

Bolatimes.com - Klub Liga Slovakia yang diperkuat Egy Maulana Vikri, FK Senica, ternyata memiliki sejumlah catatan yang menarik.

FK Senica merupakan salah satu klub tertua di Liga Slovakia. Namun, perjalanan mereka sepanjang sejarah tak bergelimang prestasi.

Saat ini, FK Senica berada di bawah arahan pelatih Pavel Sustr. Juru taktik asal Ceko ini diharapkan mampu memperbaiki prestasi FK Senica di Liga Slovakia.

Sebab, pada musim lalu, FK Senica nyaris saja tersingkir dari kasta tertinggi Liga Slovakia, atau Fortuna Liga.

Kini, Egy Maulana Vikri bakal menjalani petualangan baru bersama FK Senica di musim 2021-2022 yang telah berjalan enam pekan.

Selain itu pula, klub yang telah banyak berganti nama ini memiliki sejumlah fakta-fakta menarik.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima fakta menarik soal FK Senica, klub Liga Slovakia yang diperkuat Egy Maulana Vikri:

1. Nyaris degradasi musim lalu

Penampilan SK Senica pada musim lalu, yakni Liga Slovakia 2020/2021, tak bisa dikatakan baik. Sebab, mereka duduk peringkat sebelas klasemen musim reguler.

Posisi ini terhitung buruk. Sebab, kontestan Liga Slovakia hanya berjumlah 12 tim. Beruntungnya, mereka sukses lolos dari babak play-off.

Sehingga mampu lolos dari jerat degradasi dan bertahan di kompetisi kasta tertinggi pada musim ini.

2. Tak pernah juara

Sepanjang sejarah berdirinya FK Senica, sampai saat ini mereka tercatat belum pernah naik ke podium juara.

Prestasi tertingginya hanyalah mampu meraih gelar runner-up atau posisi kedua di klasemen akhir Liga Slovakia.

Momen itu terjadi tepatnya pada musim 2010/2011 dan 2012/2013. Mereka selalu kalah bersaing dengan Slovan Bratislava untuk merebut trofi juara.

3. Berusia satu abad

FK Senica menjadi salah satu klub tertua yang kini berkompetisi di kasta tertinggi Liga Slovakia, atau Fortuna Liga.

Sebab, klub ini telah berdiri sejak tahun 1921. Dengan demikian, pada tahun ini FK Senica genap berusia 100 tahun atau satu abad.

4. Delapan kali berganti nama

Sejak didirikan pada tahun 1921, FK Senica sebetulnya merupakan nama terbaru yang digunakan. Sebab, sepanjang sejarah klub ini, tercatat ada perubahan nama yang terjadi sebanyak delapan kali.

Senica awalnya bernama Zelezna Unia Senica. Nama ini digunakan pada tahun 1921-1923. Kemudian, mereka sempat berganti nama menjadi Sportovy Klub Senica hingga 1928.

Perubahan nama kembali terjadi saat pihak klub menggantinya menjadi AC Senica pada 1928-1934. Lalu, mereka berganti nama menjadi FC Senica (1934-1939).

Kemudian, sempat berubah menjadi SK Senica (1940-1946) dan Sokol Chemicke Zavody (1946-1969).

Sebelum resmi memakai nama FK Senica pada 2016, mereka sempat menggunakan nama menjadi TJ/FK SH Senica setelah merger dengan FK 96 Ress Castkov.

5. Posisi FK Senica di klasemen sementara

FK Senica telah menjalani enam pertandingan di liga. Dua di antaranya berhasil menang. Sedangkan tiga laga berakhir dengan imbang, serta satu lainnya dengan kekalahan.

Hasil itu membuat FK Senica mengumpulkan sembilan poin dari total enam laga dan untuk sementara menduduki peringkat kelima klasemen.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini