Sagi Sapir Berman, Wasit Transgender Pertama yang Pimpin Laga Liga Israel

Sapir Berman jadi wasit transgender pertama dalam sejarah yang pimpin laga di Liga Israel.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 31 Agustus 2021 | 15:30 WIB
Wasit transgender asal Israel, Sagi Sapir Berman. (Instagram/sapir_berman)

Wasit transgender asal Israel, Sagi Sapir Berman. (Instagram/sapir_berman)

Bolatimes.com - Kompetisi sepak bola Israel menuliskan sejarah baru setelah dipimpin oleh seorang wasit transgender, Sagi Sapir Berman.

Sapir Berman memimpin pertandingan sepak bola Liga Israel untuk kali pertama setelah mengumumkan kepada publik sebagai seorang transgender.

Saat itu, Sagi Berman mengumumkan pergantian kelamin menjadi seorang perempuan bernama Sapir. Hal ini membuatnya menjadi wasit transgender pertama dalam sejarah dunia sepak bola Israel.

Baca Juga: Tragis! Kisah Kiper Jerman Robert Enke yang Bunuh Diri karena Depresi

Wasit berusia 27 tahun itu sebelumnya telah berkecimpung sebagai pengadil di lapangan selama sepuluh tahun. Kemudian, Berman mendapatkan kesempatan promosi dari Asosiasi Wasit Israel pada Juli 2020.

Keputusannya menjadi transgender ini juga mendapat sambutan hangat dari banyak pihak, mulai dari Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA), Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA), hingga FIFA.

Saat itu, IFA menyebut bahwa keputusan yang diambil oleh Berman bakal mendapatkan dukungan penuh dari pihak federasi.

Baca Juga: Juara Euro 2020 Hadapi Kualifikasi Piala Dunia: yang Penting Lolos

Wasit transgender asal Israel, Sagi Sapir Berman. (Instagram/sapir_berman)
Wasit transgender asal Israel, Sagi Sapir Berman. (Instagram/sapir_berman)

“Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan yang panjang dan indah. Sapir, kami bangga melakukannya dengan Anda,” bunyi pernyataan IFA, Selasa (4/5/2021), dikutip dari Reuters.

Pada saat mengumumkan keputusan ini dalam sebuah konferensi pers, Berman juga menjelaskan secara terbuka mengenai alasan peralihan jenis kelamin ini.

Dia mengatakan, ia selalu merasa terpenjara dalam tubuh laki-lakinya tersebut. Sebab, Berman selalu melihat dirinya sebagai seorang perempuan, bahkan sejak masih berusia muda. 

Baca Juga: Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia Koleksi Tiga Medali

“Saya merasa terjebak. Saya ingin memakai pakaian wanita dan tidak tahu bagaimana membaginya dengan pasangan saya. Jelas, dia tak menanggapinya dengan baik,” kata Berman dilansir dari Jerusalem Post.

Wasit transgender asal Israel, Sagi Sapir Berman. (Instagram/sapir_berman)
Wasit transgender asal Israel, Sagi Sapir Berman. (Instagram/sapir_berman)

Berman pun mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan oleh IFA terkait dengan keputusannya tersebut.

Pasalnya, ini menjadi keputusan yang besar dalam hidupnya. Butuh proses selama tiga tahun untuk menjalani transisi penuh bagi Berman.

Baca Juga: Ada Braif Fatari, Berikut 5 Pemain Muda Potensial di Liga 2021

Saat ini, Berman juga telah memiliki ruang ganti yang terpisah dari ofisial maupun perangkat pertandingan lainnya. Tentu saja, ini menjadi bentuk penghargaan tersendiri yang diberikan oleh IFA.

“Mereka benar-benar merasa ingin mengambil bagian dalam proses ini dah bahkan berbicara dengan pria jika tidak pantas dan berbicara kepada saya sebagai wanita. Terima kasih,” kata Berman.

Sebetulnya, Sagi Sapir Berman bukanlah wasit transgender pertama yang ada di dunia sepak bola dunia. Sebab, pada tahun 2018, seorang wasit asal Inggris, Lucy Clark, juga pernah mengumumkan status perubahan gendernya kepada publik.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak