Boladunia

Kisah Obi Mikel, PHP Manchester United dan Pilih Gabung Chelsea

Obi Mikel bahkan sempat memamerkan dirinya mengenakan kostum Manchester United

Irwan Febri Rialdi

Obi Mikel. (Sumber: Dok. Sportkeeda).
Obi Mikel. (Sumber: Dok. Sportkeeda).

Bolatimes.com - Gelandang asal Nigeria, John Obi Mikel, memiliki kisah menarik saat hendak bergabung dengan Manchester United.

Momen itu terjadi pada tahun 2006 silam. Ketika itu, Obi Mikel menjadi komoditas panas di bursa transfer yang diperebutkan oleh Manchester United dan Chelsea.

Perseteruan antara MU dengan Chelsea untuk merekrut Mikel tak terlepas dari performa impresifnya ketika bermain bersama Lyn Oslo.

Dua tim tersebut lantas melancarkan operasi transfernya masing-masing untuk mengangkut Obi Mikel dari klub asal Novergia tersebut.

Bahkan, baik The Blues maupun The Red Devils sama-sama bersedia mengajukan penawaran tinggi untuk Mikel.

Yang menarik dari perebutan ini ialah Mikel sudah sempat berfoto menggunakan kostum Manchester United.

Namun, pada akhirnya, pemain timnas Nigeria ini justru diumumkan secara resmi sebagai rekrutan anyar Chelsea.

Saat itu, Mikel menghadapi pilihan yang sulit ketika dua tim besar Liga Inggris ini berupaya keras untuk merayunya.

Bahkan, manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson, secara langsung menghubungi Mikel agar bersedia untuk diangkut ke Old Trafford.

Di kubu lain, pemilik Chelsea, Roman Abramovich, juga tak ingin ketinggalan untuk menggoda Mikel agar bersedia bermain di Stamford Bridge.

“Semua orang seperti berebut untuk mendapatkan saya. Agen, manajer, hingga orang-orang yang membawa kontrak sibuk dengan transfer ini,” ujarnya dikutip dari Mirror.

“Alex Ferguson menghubungi saya. Demikian pula dengan Roman Abramovich. Sebagai pemain muda, tentu saja saya sangat kebingungan,” lanjutnya.

“Hongga akhirnya, seseorang dari FIFA menelepon dan meminta saya membuat keputusan sendiri. Mereka tak bisa membantu saya,” ia menambahkan.

Setelah memutuskan dengan kepala dingin, Mikel akhirnya memilih untuk berkostum Chelsea, ketimbang Manchester United.

Pasalnya, tim asal London Utara itu juga mau merekrut tiga pemain lain yang juga berasal dari Nigeria. Ini menjadi nilai lebih bagi Mikel untuk membuat keputusan.

Pasalnya, andai Mikel memutuskan untuk bergabung dengan MU, maka Chelsea tidak akan merekrut tiga pemain asal Nigeria tersebut.

Oleh karena itu, Mikel berupaya melepas egonya demi nasib ketiga pemain lain. Akhirnya, keputusannya bulat untuk menerima pinangan dari Roman Abramovich.

“Tiga orang itu nasibnya tergantung saya. Jika saya ke MU, maka Chelsea juga tidak jadi merekrut mereka,” ujarnya.

“Itulah sebabnya saya akhirnya memilih Chelsea dan empat orang mengubah hidupnya sejak saat itu,” lanjutnya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini