Boladunia

Hashtag United, Klub yang Lahir dan Berkembang Berkat Internet

Hashtag United mulanya dibentuk seorang YouTuber asal Inggris bernama Spencer Owen.

Rauhanda Riyantama

Para pemain Hashtag United. (Instagram/hashtagutd)
Para pemain Hashtag United. (Instagram/hashtagutd)

Bolatimes.com - Siapa sangka sebuah klub sepak bola bisa lahir dari internet. Klub tersebut adalah Hashtag United yang saat ini berkompetisi di sepak bola Inggris.

Awalnya, klub sepak bola ini dibentuk oleh seorang YouTuber asal Inggris bernama Spencer Owen untuk membuat konten.

Namun, ternyata konten-konten di platform video itu mendapatkan sambutan hangat dari publik. Bahkan, sejumlah media sosial mereka mulai mendapatkan banyak pengikut.

Lalu, bagaimana sejarah terbentuknya Hashtag United dan sejarah-sejarah yang melingkupinya? Berikut disajikan sejumlah fakta-fakta menarik tentang klub yang lahir dari internet ini.

Para pemain Hashtag United. (Instagram/hashtagutd)
Para pemain Hashtag United. (Instagram/hashtagutd)

Sejarah Hashtag United

Hashtag United FC dibentuk pada Maret 2016 oleh Spencer Owen Carmichael-Brown, seorang pesepak bola yang terkenal di YouTube.

Carmichael-Brown yang terkenal dengan nama Spencer Owen ini mulai aktif mengembangkan kanal YouTube-nya pada 2013.

Saat itu, ia berstatus sebagai mahasiswa di University of Reading. Ketika itu pula, tim Hashtag United banyak diperkuat teman-temannya yang berasal dari sekolah maupun perguruan tinggi.

Awalnya, mereka menggelar pertandingan-pertandingan persahabatan dan direkam untuk diunggah di kanal YouTube.

Ternyata, cuplikan video-video tersebut ditonton oleh banyak orang. Bahkan, sebuah video tantangan penalti pernah ditonton lebih dari satu juta kali.

Dari sinilah, anggota tim Hashtag United mulai serius untuk mengembangkan klub sepak bola yang awalnya dibentuk hanya untuk bersenang-senang ini.

Pada September 2016, akun Instagram tim ini sudah memiliki lebih dari 100 ribu pengikut. Sementara akun Twitter-nya sudah diikuti 41 ribu orang.

Namun, saat ini, akun Instagram Hashtag United, yakni @hashtagutd, telah diikuti sebanyak 482 ribu orang. Sedangkan di platform media sosial Twitter, mereka mmiliki 220 ribu pengikut.

Adapun kanal YouTube Hashtag United sampai saat ini sudah menjaring sebanyak 564 ribu subscriber.

Cesar Azpilicueta 

Dalam jajaran staf kepengurusan klub, ada satu nama mentereng yang muncul, yakni pesepak bola Chelsea sekaligus penggawa timnas Spanyol, Cesar Azpilicueta.

Azpilicueta berstatus sebagai pemilik bersama atau co-owner, bersama Spencer Cermichael-Brown dan Alex Osipczak. Saat itu, Azpilicueta menginvestasikan sejumlah dana untuk klub ini.

Pada musim 2018-2019, Hashtag United bergabung di sistem kompetisi sepak bola Inggris. Awalnya, mereka ditempatkan di Divisi 10 Eastern Counties League Division One South.

Saat itu, Hashtag United sukses promosi untuk naik kasta ke level sembilan, yakni Essex Senior League pada 2019-2020. Sayangnya, kompetisi sepak bola musim itu harus dihentikan akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini