Boladunia

Wow! 9 Pesepak Bola ini Ternyata Tak Pernah Dikartu Merah

Sosok 9 pemain ini sangat sportif ternyata.

Rauhanda Riyantama

Michel Platini (@skysport/Galih)
Michel Platini (@skysport/Galih)

Bolatimes.com - Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang identik dengan fisik. Karena banyaknya kontak fisik, tak ayal banyak pelanggaran yang bisa berujung hukuman dengan tanda berupa kartu kuning atau bahkan kartu merah.

Kartu kuning dan kartu merah menjadi momok menakutkan bagi pemain saat bertanding. Pasalnya, dua kartu ini menandakan seorang pemain telah melakukan pelanggaran atau melanggar aturan sportifitas dalam sepak bola.

Biasanya para pemain bertahan paling sering mendapat hujanan kartu kuning dan kartu merah karena tugasnya yang harus menghentikan serangan.

Sebagai olahraga yang identik dengan kontak fisik, tentu para pemain sepak bola pernah mendapat setidaknya satu kartu kuning ataupun kartu merah sepanjang kariernya.

Namun tidak untuk 9 pemain non kiper di bawah ini. Sepanjang kariernya, mereka tak pernah sekali pun mendapat kartu merah alias bermain sportif. Berikut ulasannya.

1. Philipp Lahm

Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)
Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)

Mantan kapten Bayern Munich dan tim nasional Jerman ini dikenal sebagai salah satu pemain terbersih di sepak bola.

Dalam 652 pertandingan yang telah Lahm jalani, pemain yang dulunya berposisi sebagai bek kanan tersebut hanya mengoleksi 49 kartu kuning tanpa pernah sekalipun mendapat kartu merah.

2. Gary Lineker

Penyerang berkebangsaan Inggris ini juga menjadi pemain yang jauh dari kartu merah sepanjang kariernya.

Selama 18 tahun berkarier di tiga negara dan dua benua, Gary Lineker tak pernah mengantongi kartu merah maupun kartu kuning sama sekali.

3. Michel Platini

Michel Platini (@skysport/Galih)
Michel Platini (@skysport/Galih)

Pesepak bola legendaris lainnya yang tak pernah mendapat kartu merah adalah Michel Platini yang juga merupakan mantan Presiden UEFA.

Pria yang dulunya bermain sebagai gelandang serang ini telah memainkan 261 pertandingan dan hanya mengantongi empat kartu kuning tanpa sekalipun mendapat kartu merah.

4. Raul Gonzalez

Selanjutnya pemain dengan sportifitas tinggi adalah Raul Gonzalez. Pangeran Real Madrid ini telah berkarier selama 23 tahun.

Dalam total 916 pertandingan yang ia lakoni, Raul tak pernah mendapat kartu merah dan hanya mendapat 48 kartu kuning saja.

5. Aaron Hughes

Pria asal Irlandia Utara ini dikenal sebagai bek tangguh di Liga Inggris. Meski demikian, ia jarang melakukan pelanggaran keras berbuntut kartu merah di liga yang mengandalkan kontak fisik tersebut.

Malahan selama kariernya, Aaron Hughes hanya mengantongi 18 kartu kuning saja. Catatan yang sangat bersih untuk ukuran bek tengah di liga bertipe Kick n Rush seperti Liga Inggris.

6. Damien Duff

Tak hanya Lineker dan Raul saja penyerang yang tak pernah mendapat kartu merah. Masih ada sosok Damien Duff yang juga di kariernya tak pernah mendapat kartu merah.

Mantan penggawa Chelsea dan Newcastle United ini selama kariernya hanya kerap mendapat kartu kuning yakni sebanyak 38 kartu kuning.

7. Karim Benzema

Karim Benzema gagal mengeksekusi penalti saat Timnas Prancis memang 3-0 atas Wales di laga uji coba. (FRANCK FIFE / AFP)
Karim Benzema gagal mengeksekusi penalti saat Timnas Prancis memang 3-0 atas Wales di laga uji coba. (FRANCK FIFE / AFP)

Karim Benzema pun bisa saja mengikuti jejak Raul sebagai legenda Real Madrid yang bermain bersih tanpa sekalipun mendapat kartu merah.

Namun, catatan ini bisa saja berubah mengingat dirinya masih aktif bermain di usianya yang telah 33 tahun.

8. Andres Iniesta

Legenda selanjutnya yang tak pernah mendapat kartu merah adalah mantan gelandang Barcelona, Andres Iniesta.

Di usianya yang kini 37 tahun dan masih aktif bermain untuk Vissel Kobe di Jepang, Iniesta tak pernah mendapat kartu merah sekalipun hingga artikel ini dimuat.

9. Ryan Giggs

Meski baru-baru ini Ryan Giggs didakwa atas kekerasan terhadap pasangannya, ternyata pria asal Wales ini tak pernah melakukan pelanggaran keras berbuah kartu merah sepanjang kariernya.

Pria yang menghabiskan kariernya bersama Manchester United ini tak pernah sekalipun mendapat kartu merah dan hanya mengantongi 49 kartu kuning selama bermain sebanyak 932 pertandingan.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini