Boladunia

Pesan Solskjaer ke Bailly dan Amad yang ke Olimpiade Tokyo: Emas Harga Mati

Bailly dan Amad akan membela Pantai Gading di Olimpiade Tokyo.

Rauhanda Riyantama

Paul Pogba dan Amad Diallo kibarkan bendera Palestina. (Laurence Griffiths / POOL / AFP)
Paul Pogba dan Amad Diallo kibarkan bendera Palestina. (Laurence Griffiths / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Manchester United harus rela melepas dua pemainnya, yakni Eric Bailly dan Amad Diallo ke Olimpiade Tokyo. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer pun telah memberi izin, namun memberikan syarat yakni wajib meraih medali emas.

Kepergian Bailly (27) dan Amad (19) ke Olimpiade Tokyo membuat mereka absen di awal musim Liga Inggris 2021/2022. Mereka dipastikan masuk skua Timnas Pantai Gading U-23.

Bailly dipanggil sebagai salah satu dari tiga pemain yang berusia di atas 23 tahun. Sedangkan Amad sejak awal memang masuk skuad The Elephants sejak awal.

Bek tengah Manchester United, Eric Bailly. [Adam Warzawa / POOL / AFP]
Bek tengah Manchester United, Eric Bailly. [Adam Warzawa / POOL / AFP]

Kedua pemain tersebut juga kemungkinan akan meninggalkan skuad Manchester United pada Januari 2022 nanti, untuk memperkuat Timnas Senior Pantai Gading di Piala Afrika.

Untuk Olimpiade Tokyo, Solskjaer pun membeberkan alasannya melepas kepergian Bailly dan Amad ke Jepang.

"Saya kira semua orang, ketika mereka tumbuh dewasa, menyaksikan event akbar macam Olimpiade dan bisa menyaksikan sosok-sosok macam Usain Bolt atau Ryan Giggs. Ya, saya menyaksikan Ryan tampil di Olimpiade 2012 (di London untuk tim Britania Raya)," ucap Solskjaer seperti dilansir Tribal Football, Kamis (15/7/2021).

"Ketiga negara Anda memanggil Anda, saya pikir saya tidak bisa menghalanginya. Dalam kasus ini ada Eric dan Amad, yang mencoba mewujudkan mimpi masa kecil mereka," sambung pelatih berusia 48 tahun asal Norwegia itu.

"Tentu, Eric sudah di atas batas usia (untuk cabang olahraga sepakbola Olimpiade), tapi saya pikir mereka (Timnas Pantai Gading) bisa melihat kualitas yang akan dibawanya ke tim. Dia akan jadi jaminan mutu untuk lini belakang, dan karena itu mereka membawanya," tutur Solskjaer.

"Sementara Amad masih sangat muda, talenta yang sangat menjanjikan. Akan menyenangkan melihat mereka bermain di sepakbola Olimpiade."

Winger Manchester United, Amad Diallo. [Oli SCARFF / AFP]
Winger Manchester United, Amad Diallo. [Oli SCARFF / AFP]

"Dalam kasus ini, ini akan selayaknya jadi pramusim untuk mereka karena Eric dan Amad pastinya akan absen menjalani pramusim bersama kami (skuad Manchester United) dan juga absen untuk beberapa waktu saat musim (2021/2022) sudah berjalan."

"Yang pasti, mereka harus kembali dengan medali. Medali emas akan sangat bagus tentunya," gurau Solskjaer.

Cabang olahraga sepakbola putra Olimpiade Tokyo akan bergulir pada 22 Juli sampai 8 Agustus 2021.

Fase Grup Cabang Olahraga Sepakbola Putra Olimpiade Tokyo:

Grup A: Jepang, Afrika Selatan, Meksiko, Prancis

Grup B: Selandia Baru, Korea Selatan, Honduras, Rumania

Grup C: Mesir, Spanyol, Argentina, Australia

Grup D: Brasil, Jerman, Pantai Gading, Arab Saudi

(Rully Fauzi)

Berita Terkait

Berita Terkini