Boladunia

5 Penghargaan 'Man of the Match' Paling Nyeleneh, Sandal hingga Ayam Hidup

Ada-ada saja. Para pemain sepak bola berikut ini mendapatkan penghargaan yang nyeleneh. Mulai dari sandal hingga ayam hidup. Simak selengkapnya

Irwan Febri Rialdi

Pemain mendapat hadiah sandal dhingga ayam sebagai hadiah MOTM. (Twitter @MOTMAwards)
Pemain mendapat hadiah sandal dhingga ayam sebagai hadiah MOTM. (Twitter @MOTMAwards)

Bolatimes.com - Biasanya, penghargaan pemain terbaik suatu pertandingan atau Man of the Match, diberi piala kecil. Hal tersebut umum terjadi di dunia sepak bola dewasa ini.

Gelar Man of the Match (MOTM) diberikan biasanya diberikan kepada pemain yang tampil maksimal di suatu pertandingan tertentu.

Umumnya, gelar MOTM diberikan kepada para penyerang atau para gelandang. Namun, tak jarang pula gelar ini diberikan kepada pemain bertahan atau bahkan penjaga gawang.

Penghargaan yang diberikan pun berupa piala atau trofi berbentuk kecil seperti di sepak bola Inggris. Sebagai contoh penghargaan MOTM di Piala FA ataupun Piala Liga Inggris.

Di Euro 2020 lalu, penghargaan MOTM dengan tajuk Star of the Match malah diberi piala dengan ukuran lebih besar dari piala pemain terbaik pertandingan pada umumnya.

Tak ada aturan khusus tentang ukuran atau apa yang diberikan untuk penghargaan pemain terbaik di suatu pertandingan. Sehingga, di negara lainnya, penghargaan MOTM tak musti berupa piala.

Di belahan dunia lainnya, penghargaan pemain terbaik suatu pertandingan memiliki keunikan tersendiri, seperti paket data dan bahkan ayam yang masih hidup.

Berikut daftar penghargaan pemain terbaik suatu pertandingan yang unik nan menggelitik.

1. Sepeda

Di Skotlandia sana yang terkenal akan kompetisi SPFL (Scotland Professional Football League), pernah memberikan sepeda untuk pemain terbaik di final Piala Liga.

Hal tersebut terjadi pada tahun 1995 kala Stephen Glass mencetak dua gol untuk kemenangan Aberdeen atas Dundee United yang membawa timnya menjadi juara.

Tak disangka, di akhir laga, Glass mendapat sepeda yang diberikan komedian, Sandi Toksvig.

Pemberian sepeda ini ternyata merupakan tradisi tahunan di era 90 an untuk pemain terbaik di final Piala Liga.

2. 24 Botol Bir

Lain halnya dengan Skotlandia, di Zimbabwe pada kompetisi teratasnya pernah memberikan bir kepada pemain terbaik di suatu pertandingan. Tak tanggung-tanggung, bir yang diberikan sejumlah 24 botol!

Pemberitan 24 botol bir ini sendiri karena kompetisi tersebut bekerja sama dengan perusahaan bir terkemuka di Afrika Selatan.

3. Sandal

Bergeser sedikit ke Ghana. Di ajang Liga Primer Ghana, seorang pemain mendapatkan hadiah sandal karena keluar sebagai pemain terbaik di pertandingan.

Pemain yang diketahui bermain untuk Dream FC ini bermain baik sepanjang laga. Sayangnya, permainan apik yang ia tunjukkan ‘hanya’ dihargai sepasang sandal.

4. Ayam Hidup

Masih dari negara Afrika, pernah dalam satu kesempatan pemain terbaik di suatu laga diberikan ayam hidup sebagai penghargaan.

Hal tersebut terjadi pada 2019 lalu di Malawi Super League. Kajoke yang bermain untuk Malawi Nyasa Big Bullets FC berhasil mencetak dua gol untuk kemenangan 5-0 timnya.

Di akhir laga, Kajoke mendapat hadiah ayam yang masih hidup sebagai penghargaan pemain terbaik.

5. Paket Data

Afrika Selatan pun tak mau ketinggalan. Setelah hadiah 24 botol bir, ayam hidup, dan sandal dari negara-negara tetangganya, di wilayah tuan rumah Piala Dunia 2010 ini pernah diberikan hadiah berupa paket data 5GB untuk pemain terbaik suatu pertandingan.

Hal tersebut terjadi di turnamen The Telkom Knockout yang diadakan perusahaan telekomunikasi terbesar di daerah tersebut. Turnamen ini dimeriahkan banyak tim besar seperti Kaizer Chiefs dan Orlando Pirates.

Meski banyak tim besar, hadiah Man of the Match yang diberikan adalah paket data sebesar 5GB saja yang kemudian menjadi bahan candaan pecinta sepak bola seluruh dunia.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini