Boladunia

5 Pesepak Bola dengan Postur Tinggi, Ada Eks Liverpool Peter Crouch

Peter Crouch punya tinggi 2,03 meter.

Rauhanda Riyantama

Penyerang Stoke City, Peter Crouch (Oli Scarff/AFP)
Penyerang Stoke City, Peter Crouch (Oli Scarff/AFP)

Bolatimes.com - Memiliki postur tubuh yang tinggi menjulang jadi keuntungan bagi seorang pesepak bola yang berposisi sebagai penyerang. Meski beberapa pemain tinggi tak segesit, tapi mereka punya keunggulan dalam duel bola-bola atas.

Terdapat beberapa pemain yang diketahui memiliki tinggi hingga 2 meter, namun sebagian mereka kurang terdengar namanya. Adapula yang memiliki kualitas baik dan membela klub besar Eropa.

Berikut ini adalah pesepak bola dengan postur tinggi lebih dari 2 meter yang pernah perkuat klub top Eropa.

1.       Peter Crouch (2,03 meter)

Peter Crouch (sumber: twitter: @stokecity).
Peter Crouch (sumber: twitter: @stokecity).

Pertama, nama striker top Inggris yang bermain di Premier League ini pasti tidak asing lagi. Pemain berusia 40 tahun ini pernah membela klub Premier League, yaitu Liverpool dan Tottenham Hotspur yang termasuk The Big Six. Selain itu, Crouch juga pernah membela Stoke City FC, Burnley FC, dan Norwich City FC.

Saat di Liverpool, Crouch yang memiliki tinggi badan 2,03 meter ini telah mencetak 42 gol di semua kompetisi 3 musim. Sedangkan bersama Tottenham, catatan golnya adalah sebanyak 24 selama 2 musim.

2.       Lacina Traore (2,03 meter)

Lacina Traore. (Press Association)
Lacina Traore. (Press Association)

Lacina Traore merupakan penyerang asal Pantai Gading yang pernah bergabung di klub besar Prancis, AS Monaco. Selama 4 tahun bermain di AS Monaco, Traore lebih banyak dipinjamkan ke klub main. Pemain 31 tahun ini tercatat hanya bermain 35 kali di semua kompetisi dengan 11 gol dan 3 assist.

Traore tidak pernah raih trofi bersama Monaco dan pemain timnas Pantai Gading ini tidak bermain untuk klub besar lainnya selain Monaco. Bersama timnas Pantai Gading, ia meraih gelar Piala Africa 2015.

3.       Costel Pantilimon (2,03 meter)

Costel Pantilimon (Reuters)
Costel Pantilimon (AFP)

Tubuh dengan postur tinggi juga menjadi keuntungan tersendiri bagi seorang penjaga gawang. Costel Pantilimon adalah salah satu kiper yang punya tinggi badan mencapai 2,03 meter. Karir kiper berusia 34 tahun ini memang tak begitu mencolok. Namun Pantilimon sempat menjaga gawang klub Manchester City dari tahun 2012 hingga 2014.

Kiper asal Rumania ini berposisi sebagai kiper pelapis di Man City dengan jumlah penampilan 29 laga di semua kompetisi. Meski demikian, ia juga turut mengangkat beberapa trofi untuk Manchester City yang kala itu sedang berkembang menjadi klub besar. Di antaranya 3 trofi, Premier League, Piala FA, dan Community Shield.

4.       Nikola Zigic (2,02 meter)

Nikola Zigic. (AFP)
Nikola Zigic. (AFP)

Pemain yang berposisi sebagai striker ini memiliki tinggi badan 2,02 meter. Nikola Zigic berasal dari Serbia ini pernah memperkuat salah satu klub besar Spanyol, Valencia. Pemain berusia 40 tahun ini bermain untuk Valencia dari 2007 hingga 2010. Ia hanya memiliki kesempatan minim sehingga di semua kompetisi tampil 52 kali dan mencetak 17 gol.

Zigic sempat meraih satu trofi Copa del Rey bersama Valencia musi 2007/2008. Zigic kemudian melanjutkan karirnya di Birmingham City selama 5 musim dan menyabet trofi Piala Liga 2010/2011. Usai dari Brimingham, Zigic memutuskan untuk pensiun sebagai pemain.

5.       Jan Koller (2,02 meter)

Jan Koller. (AFP)
Jan Koller. (AFP)

Jan Koller, striker legendaris Republik Ceko ini dikenal dengan postur tinggi badan 2,02 meter. Postur tinggi menjadi modal penting baginya sebagai striker sehingga dalam duel bola-bola atas, Koller bisa cetak gol lewat sundulan kepalanya.

Penyerang yang kini berusia 43 tahun itu mulai dikenal luas kala membela Borussia Dortmund selama 5 musim dari 2001 hingga 2006. Tercatat, Koller telah menyumbang 184 penampilan dan 79 gol di semua kompetisi. Ia menjadi top skor Republik Ceko sepanjang masa dengan 55 gol. Koller pensiun usai membela Cannes pada 2011.

Itulah bebrapa nama pemain dengan tinggi lebih dari 2 meter. Meski tinggi badan tbukan segalanya di sepak bola, namun mereka mampu membuktikan prestasi yang membanggakan.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini